Artikel Dewa Pelindung Dari Penyakit Wang Ye & Li Wang

Download: Artikel Dewa Pelindung Dari Penyakit Wang Ye & Li Wang(PDF)

Artikel Dewa Pelindung Dari Penyakit Wang Ye & Li Wang

a). Wang Ye disebut juga Dai Tian Xun Shou yang berarti mewakili langit dalam mengadakan perondaan. Mereka merupakan sebutan sekelompok malaikat yang melindungi rakyat dari wabah penyakit. Mereka menurut kepercayaan terdiri dari 360 orang. Namanya tidak jelas hanya disebut menurut keluarganya saja yang sering terlihat hanyalah lima Wang Ye yang bernama keluarga Li, Chi, Wu, Zhu dan Fan. Yang lain antara lain mempunyai nama keluarga Kang, Xing, Wen, Shu, Yu, Hong, Ye, Xue, Ma, Ji, Tian, Ding, Shi, Liang dan Lei.

Taiwan dan provinsi Fujian terdapat beberapa kelenteng yang disebut Wang Ye Miao. Wang Ye yang terdapat di kelenteng-kelenteng ini umumnya menyandang satu nama keluarga, kalau dia dari keluarga Li maka disebut Li Fu Wang Ye. Dan disebut Wang Fu Wang Ye kalau dari keluarga Wang umumnya dianggap bahwa dari 360 Wang Ye yang ada, terdiri dari 132 nama keluarga. Bila Wang Ye dari tiga keluarga dipuja bersama, maka disebut San Fu Wang Ye, dan Wu Fu Wang Ye kalau lima Wang Ye dipuja bersama-sama. Kelenteng Wang Ye disebut juga Dai Tian Fu yang berarti Gedung Wakil Langit.

Wang Ye biasanya diwujudkan sebagai seorang panglima yang gagah dan berwibawa, tetapi hampir semuanya bercorak dinasti Ming. Seperti yang terdapat pada kelenteng Nan Kun Shen Miao, sebuah kelenteng Wang Ye Miao yang sangat bersejarah, disitu di puja Wang Ye dari keluarga Zhu, Wu, Li, Chi dan Fan bersama seorang panglima.
……..Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment