Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Upacara Menyambut hari Trisuci Waisak 2561 BE Mei 2017 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan Menyambut hari Trisuci Waisak 2561 BE Mei 2017 :

Liputannya adalah sebagai berikut :
Upacara Api Homa

Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu :

  • * Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini
  • * Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodhgaya) pada usia 35 tahun
  • * Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”.

Pada tahun 2017,Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (VVBS) menyelenggarakan beberapa Upacara untuk menyambut hari Trisuci Waisak 2561 BE. Antara lain Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sakyamuni Buddha, prosesi mandi Rupang, dan pemasangan pelita suci.

Kamis, 4 Mei 2017 Upacara Api Homa Sakyamuni Buddha. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Pu. Berikut sekilas mengenai Sakyamuni Buddha di TBSN : 【Mengenal Pratima Shakyamuni Buddha】

Shakyamuni Buddha ( Shijiamounifo ) berwarna emas, tangan kanan membentuk Mudra Bhumisparsha, tangan kiri membentuk Mudra Dhyana, di atas Mudra Dhyana menopang sebuah patra yang berisi penuh amrta, tubuh mengenakan jubah trini-civarani, parasnya agung dan sempurna, memancarkan cahaya terang benderang, tubuh bagaikan vaidurya, duduk di atas padmasana putih, memasuki samadhi di tengah sinar manggala.

【 Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 】
Shakyamuni Buddha adalah sasanapati Agama Buddha, Shakya adalah nama suku, sedangkan ‘Muni’ berarti yang berkebajikan agung, Seorang Suciwan yang mampu menjalankan kebajikan di surga, bumi, dan alam semesta. Maknanya adalah ‘Suciwan yang terlahir di suku Shakya’

Buddhisme eksoterik maupun esoterik, semua sangat menjunjung tinggi ‘Namo Guru Mula Sakyamuni Buddha.’

Shakyamuni Buddha ada dalam kedua mandala Tantra, dalam Garbhadhatu Mandala, Shakyamuni Buddha menjadi Adhinatha utama, sedangkan dalam Vajradhatu Mandala Ia sejajar dengan Amoghasiddhi Buddha. Dalam Mahavairocana Sutra tertulis : “Shakyamuni Buddha, sekujur tubuh berwarna emas, memancarkan sinar gemilang dari tiga puluh dua atribut keagungan, mengenakan kasaya berwarna yugamhdhara, bersila di atas padmasana putih, nirmanakaya membabarkan Dharma.”

Upacara Api Homa

Shakyamuni Buddha memiliki nama awam Siddhartha Gautama, terlahir pada penanggalan lunar tanggal delapan bulan empat di bawah Pohon Asoka di Taman Lumbini. Ia mencapai Kebuddhaan pada usia tiga puluh lima tahun, terlebih dahulu menuntun Lima Pertapa Kaundinya, kemudian menuntun Tiga Bersaudara Kasyapa, serta banyak siswa lainnya, dan bahkan para raja. Beliau sering membabarkan Dharma di Negeri Magadha, Kosala dan Vaisali. Pada saat berusia sekitar delapan puluhan, Ia mencapai Parinirvana di bawah Pohon Sala Kembar di tepi Sungai Hiranyavati………………..baca selengkapnya disini

Upacara dimulai pukul 7.30 malam, Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu pendupaan. Kemudian memasuki tata ritual upacara api homa seperti biasanya. Untuk Visualisasi Sakyamuni Buddha adalah : Bervisualisasi di atas samudera, langit cerah tanpa awan, Cakra Chandra muncul dari permukaan Samudera, ditengah Cakra Chandra terdapat bijaksara Bhah (Phu) berwarna putih, memancarkan Maha Cahaya Putih yang terang benderang. Bijaksara Bhah yangberada ditengah Cakra Chandra berputar searah jarum jam, berubah menjadi Sakyamuni Buddha dengan wujud yang Sempurna. Bervisualisasi Cakra Kening Sakyamuni Buddha memancarkan cahaya putih menyinari dahi kita. Cakra Tenggorokan Sakyamuni Buddha memancarkan seutas sinar merah menyinari tenggorokan kita, dan Cakra Hati Sakyamuni Buddha memancarkan sinar biru menyinari cakra hati kita, demikianlah Tri Cahaya melebur di dalam Lahir Batin kita. Untuk mantra dari Sakyamuni Buddha 嗡。牟尼。牟尼。摩訶牟尼。釋迦牟尼。梭哈。 (Om. mou ni. Mou ni。mo he mou ni. shi jia mou ni. suo ha). Download di sini. Mantra tersebut mengiringi V.A Lian Pu untuk melakukan puja api homa.

Selesai upacara, V.A Lian Pu mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Sakyamuni Buddha.

Upacara Api Homa

Minggu, 7 Mei 2017, prosesi Mandi Rupang dan pemasangan pelita. Jam 2 siang dimulai. Sebelum dimulai, telah disiapkan meja dan baskom yang telah didekor dengan bunga segar dan air didalamnya juga telah ditaburi beragam jenis bunga, di tengah baskom tersebut terdapat pratima Sakyamuni kecil. Di samping meja tersebut terdapat sabun, shampoo, dll. Maksud mempersembahkan sabun adalah membersihkan semua karma buruk di tubuh kita.

Prosesi dimulai pukul 2 siang, mendengar adanya mandi rupang, wah setiap tahun selalu ramai. Karena umat tidak mau ketinggalan moment yang hanya diadakan satu tahun satu kali ini, apabila terlewat sungguh disayangkan, harus menunggu tahun depan. Prosesi diawali dengan puja bakti terlebih dahulu, dimana yidamnya adalah Sakyamuni Buddha. Dipertengahan, setelah melafalkan Mantra Sakyamuni, dilanjutkan dengan melafalkan sutra pahala mandi rupang (yu Fo gong de jing).

Setelah itu, Prosesi Mandi Rupang dimulai, diawali dengan Vajra Acarya, Bhikkhu Lhama, pengurus vihara untuk melakukan pertama kali proses mandi rupang, setelah itu disusul satu per satu umat hingga semua telah melakukannya. Setelah selesai semua, Vajra Acarya Lian Yuan memberikan abhiseka pemberkahan Sakyamuni Buddha kepada semua umat yang hadir.

Upacara Api Homa

Seluruh kegiatan waisak telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan waisak ini.

Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Sakyamuni Buddha beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

Untuk download Screen Saver Sakyamuni Buddha beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-sakyamuni-buddha/

Untuk download Mudra Sakyamuni Buddha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment