Artikel Metode Dadakan dan Metode Tahapan

Download: Artikel Metode Dadakan dan Metode Tahapan(PDF)

Artikel Metode Dadakan dan Metode Tahapan

Mahamudra dalam Tantrayana terbagi atas beberapa macam. Salah satunya adalah Mahamudra Gangga. Umumnya dikatakan bahwa Mahamudra Gangga mirip dengan Zen, merupakan metode dadakan, yakni dapat segera mencapai Abhisambodhi dalam hidup ini juga. Metode yang digunakan Zen merupakan metode yang digunakan Mahamudra Gangga. Mahamudra yang lain adalah Mahamudra realistis.Mahamudra realistis adalah metode yang digunakan aliran Karma Kagyu(kagyupa), yang diajarkan Mahaguru Saraha kepada Tilopa, Tilopa kepada Naropa, dari Naropa akhirnya sampai ke Mahaguru Marpa. Ini adalah silsilah Kagyupa. Yang diajarkan dalam mahamudra realistis adalah empat jenis yoga, catur yoga. Catur yoga secara umum boleh dikatakan mengharuskan anda berlatih dengan metode bertahap, metode untuk memperoleh pencapaian secara bertahap, catur yoga dan enam latihan naropa merupakan metode yang sering dipakai dalam Kagyupa.

Hanya orang berbakat besar saja yang dapat orang berbakat besar saja yang dapat berlatih mahamudra gangga. Untuk zaman sekarang, mahamudra gangga tampaknya sulit dipraktekkan. Orang zaman sekarang tidak memiliki bakat untuk melatih diri dalam mahamudra gangga. Oleh karena itu, umumnya yang dilatih adalah Catur Yoga dan Enam Latihan Naropa. Dalam Tantrayana saat ini, yang berhasil dalam Catur Yoga dan Enam Latihan Naropa pun tidak banyak. Sampai sekarang pun tidak banyak jumlahnya. Meskipun demikian metode dadakan dan metode tahapan sama-sama mampu menghantarkan anda menuju pencapaian.

Tidak peduli dengan cara apa, entah dengan Mahamudra Gangga, entah dengan Mahamudra Realistis, sama-sama akan bermuara pada pencapaian. Seperti yang telah dibicarakan kemarin, mencapai yoga dalam samadhi adalah berputarnya dharmacakra. Cahaya anda, yaitu cahaya anak, setelah dipancarkan, melebur ke dalam cahaya induk, cahaya semesta alam. Ini disebut sebagai mencapai “Yoga”………Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment