Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Api Homa Buddha Amitayus 29 Mei – 4 Juni 2017 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Api Homa Buddha Amitayus :

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan dan Lian Pu Selengkapnya :
* Dharmadesana V.A Lian Yuan 29 Mei 2017
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_29mei2017.mp3

* Dharmadesana V.A Lian Yuan 31 Mei 2017
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_31mei2017.mp3

* Dharmadesana V.A Lian Pu 1 Juni 2017
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_1juni2017.mp3

* Dharmadesana V.A Lian Yuan 1 Juni 2017
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_1juni2017.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :
Pertobatan

Dalam rangka HUT Mahaguru ke 73, VVBS Palembang menyelenggarakan upacara yaitu Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Buddha Amitayus. Kedua upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, didampingi oleh V.A Lian Pu, dan para Bhikkhu Lhama.

Upacara Pertobatan 3000 Buddha berlangsung dari tanggal 29 Mei – 4 Juni 2017. Tanggal 29 Mei 2017 Upacara dimulai. Sebelum upacara dimulai, shixiong shijie yang hadir sibuk menulis formulir pemberkahan untuk mendaftarkan keluarga mereka yang masih hidup, serta formulir penyeberangan untuk mendaftarkan keluarga mereka yang telah meninggal. Pukul 19.00 WIB, upacara dimulai. Lantunan mantra Mahaguru mengiringi Barisan muda mudi untuk menjemput rombongan Vajra Acarya ke ruang Bhaktisala, kemudian lagu Pendupaan mengiringi V.A Lian Yuan mepersembahkan dupa. Dilanjutkan dengan mempersilahkan Pemimpin Upacara dan pendamping upacara untuk duduk, umat dipersilahkan untuk duduk. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual pertobatan dari mantra Pembersihan hingga mantra Mahaguru untuk memohon cahaya pemberkahan. Kemudian memasuki Ritual Pertobatan 3000 Buddha yang dipimpin oleh V.A Lian Pu. Wah, hari pertama upacara saja, umat yang hadir lumayan banyak. Rupanya mereka semua antusias untuk berpartisipasi dalam upacara pertobatan ini. ,/p>

Tanggal 3 Juni 2017 Upacara Pertobatan 3000 Buddha telah selesai, tanggal 4 Juni 2017
Upacara Api Homa Buddha Amitayus diselenggarakan. Upacara ini merupakan penutup dari upacara pertobatan 3000 Buddha dan juga kita memohon kepada Buddha Amitayus agar Mahaguru senantiasa sehat dan panjang umur. Jam 2 siang upacara ini dimulai. Di altar Mandala Buddha Amitayus terdapat botol kecil2 bertuliskan wu gen shui (無根水). Sewaktu festival bakcang (duan wu), turun hujan di kota Palembang tepat pada pukul 12.00 – 13.00 WIB. Air yang turun dari langit (air tanpa akar) tersebut di tampung oleh Vajra Acarya dan dikemas dalam botol – botol kecil untuk dibagikan kepada umat.
Berikut penjelasan “air tanpa akar” dari Mahaguru :

《 Kutipan Dharmadesana Mahaguru Lian-sheng 》:Pertanyaan Siswa : Mohon Mahaguru mengulas pengertian tepat perihal Air Tengah Hari dan Air Tanpa Akar.

Jawaban Mahaguru : Hari raya Duanwu merupakan hari pertemuan ‘Yin’ dan ‘Yang’ dalam setahun, yaitu satu hari dalam satu tahun, merupakan saat di mana terdapat energi ‘Yang’ paling melimpah.

Air sumber atau air sumur ( pada hari raya Duanwu ) pada pagi hari jam 11 hingga siang hari jam 1 disebut sebagai Air Tengah Hari. Namun air ledeng tidak termasuk sebagai ‘Air Tengah Hari’.

Di siang Hari Raya Duanwu, apabila Anda mengambil air untuk dijemur di bawah sinar matahari, ini juga tidak dapat disebut sebagai Air Tengah Hari, Air Tengah Hari tidak ada hubungannya dengan sinar matahari…………….

selengkapnya baca di sini

Sekilas mengenai Buddha Amitayus yang ada di TBSN :
【 Mengenal Pratima Buddha Amitayus 】
Pratima Buddha Amitayus ( Chang-shou Fo ) berkepala satu berlengan dua, tubuh berwarna merah, rambut bergelung ke atas, mengenakan mahkota Pancadhyani, tubuh bagian atas mengenakan jubah surgawi, tubuh bagian bawah mengenakan gaun sutra, berhiaskan untaian ratna manikam, memiliki semua keagungan Sambhogakaya Buddha, kedua tangan membentuk mudra dhyana di atas paha, di atas tangan menopang ratnakalasa panjang usia, kedua kaki dalam postur bersila penuh, duduk di atas cakracandra padmasana.

【 Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 】
Tathagata Amitayus disebut juga Tathagata Usia Tak Terhingga dari Sukhavatiloka, merupakan manifestasi Buddha Amitbha, Beliau mempunyai ratnakalasa panjang usia sebagai ciri khasnya ; Bila dapat meminum amrta panjang usia dari ratnakalasa tersebut, maka pasti memperoleh panjang usia dan kesehatan.

Buddha Amitayus dikelilingi oleh Dakini Catur Karman yaitu : Santika, paustika, vasikarana dan abhicaruka, yang mampu menyerap semua intisari tanah – air – api – angin dan akasha, serta semua usia panjang, berkah dan prajna.

Tathagata Amitayus mampu meredakan semua malapetaka, menuntun para arwah terlahir di Negeri Buddha yang suci.

Cahaya Tathagata Amitayus memancar sampai jauh, merupakan sinar terang berwarna merah, dapat menumbuhkan prajna para insan, meningkatkan berkah karunia, mengikis karma penyakit, meningkatkan keharmonisan, mengharmoniskan dan memberi ketenteraman pada keluarga, semua malapetaka dan musuh akan mundur.

Dalam Sutra Buddha dikatakan, menjapa Mantra Buddha Amitayus, dapat memperpanjang usia, meningkatkan berkah dan Prajna, menghindarkan sadhaka dari kematian sebelum waktunya, bencana, maupun segala kecelakaan, mengikis karmavarana, merealisasi Siddhi Tiada Kematian, atau terlahir di Sukhavatiloka….. selengkapnya bisa baca di TBSN

Untuk visualisasi Buddha Amitayus :
Bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara xie berwarna merah, memancarkan cahaya merah. Kemudian bijaksara tersebut berubah menjadi Buddha Amitayus. Buddha Amitayus mempunyai badan yang berwarna merah, satu kepala dan sepasang tangan serta membentuk mudra dhyana. Di atas mudra tersebut terdapat sebuah patra yang di dalamnya terdapat amrta.

Bervisualisasi amrta tersebut memancarkan tri cahaya memberkati sadhaka. Segala karma buruk sadhaka terkikis, mendapatkan umur yang panjang.

Bervisualisasi di dalam patra terdapat bijaksara xie berwarna putih memancarkan cahaya putih, memohon kehadiran dari para Buddha Bodhisattva dan Dharmapala untuk masuk ke dalam patra tersebut, setelah itu semua berubah menjadi amrta.
Kemudian Buddha Amitayus memberkati sadhaka dengan menuangkan amrta berwarna bening ke kepala sadhaka hingga amrta tersebut memenuhi seluruh tubuh. Tubuh sadhaka menjadi bersih.

Amitayus

Untuk Mantra Amitayus yaitu :嗡。阿媽惹尼。祖溫底耶。梭哈。Om. a ma re ni. zhu wen di ye. shuo ha . Mantra ini mengiringi V.A Lian Yuan melakukan puja api homa.

Selesai puja api homa, V.A Lian Yuan memberkati altar Yan Sheng Wei dan Wang Sheng Wei yang di gelar untuk upacara ini. Dilanjutkan dengan Mantra 8 yidam hingga Mantra paripurna. Upacara selesai dengan sempurna.

Selasa, 6 Juni 2017 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengadakan Makan malam besama untuk memperingati hari ulang tahun Mahaguru yang Internasional, jam 6 sore, diselenggarakan perayaan Ulang tahun Mahaguru di sebuah restoran. Seluruh V.A dan Bhikkhu Lhama beserta umat merayakan Hari Ulang Tahun Mahaguru. Sungguh perayaan kali ini benar – benar spesial. Terdapat persembahan tarian dan nyanyian. Temen – temen bisa lihat di channel youtube VVBS : j1ngen

Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Upacara Api Homa Budddha Amitayus untuk memperingati HUT Mahaguru telah selesai dengan sukses dan sempurna. Terima kasih kepada seluruh donatur dan umat yang telah partisipasi dalam upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Informasi terkait :

*Sutra Satya Buddha : http://www.shenlun.org/sutra/sutra-satya-buddha/
*Tata Ritual Sadhana Padmakumara : http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-padmakumara/
*Tata Ritual Buddha Amitayus : http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-amitayus-buddha/
* Mantra Hati Padmakumara : http://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmakumara/
* Mantra Hati Buddha Amitayus : http://www.shenlun.org/mantra/mantra-amitayus/
* Penyalinan Sutra Satya Buddha : http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/
* Gambar Mudra Padmakumara dan Buddha Amitayus : http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/
* Screen Saver Grand Master : http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-grand-master/

*Temukan informasi menarik lainnya di http://www.shenlun.org dan http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment