Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Avalokitesvara 19 Maret 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Avalokitesvara 19 Maret 2014 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Pada hari suci Avalokitesvara, semua umat Buddha pasti berbodong – bodong mengunjungi Vihara maupun kelenteng untuk mempersembahkan dupa atau persembahan kepada Avalokitesvara. Bodhisattva Avalokitesvara terkenal dengan welas asihnya yang begitu besar terhadap umat manusia. Sehingga para hari suci Avalokitesvara tersebut, umat Buddha tidak akan melewatkannya untuk memperingati, mempersembahkan persembahan kepada Avalokitesvara dan juga memohon berkah kepada Avalokitesvara, semoga Beliau berkenan untuk memberkati.

Setiap vihara aliran mana saja pasti akan menyelenggarakan puja bakti untuk memperingati Hari Suci Avalokitesvara. Termasuk Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya yang menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Avalokitesvara pada hari Rabu 19 Maret 2014. Satu persatu umat hadir dan memadati ruangan vihara. Ada yang sedang menulis formulir untuk mendaftarkan keluarga dan leluhurnya. Ada juga yang sedang berdoa, ada yang sedang mempersembahkan persembahan di altar, dll. Vajra Acarya Lian Yuan pernah mengatakan bahwa, jika vihara menyelenggarakan sebuah upacara, baik upacara Api Homa maupun upacara pertobatan ataupun upacara pemberkahan lainnya, sebaiknya kita mendaftarkan keluarga kita (untuk yang masih hidup) dengan cara mengisi formulir pemberkahan atau mendaftarkan leluhur kita dan arwah penagih hutang atau lainnya (jika upacara tersebut ada penyeberangan) dengan cara mengisi formulir penyeberangan. Formulir – formulir tersebut merupakan salah satu media penyampaian dari kita kepada Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva serta Makhluk suci lainnya. Dengan mengisi formulir tersebut, secara tidak langsung kita memohon kepada para Buddha dan Bodhisattva agar memberkati keluarga kita dan leluhur kita.

Pukul 18.00 WIB, lokasi upacara telah dihadiri oleh umat. Pukul 19.30 WIB, upacara dimulai. Barisan muda – mudi VVBS yang membawa 8 benda keberuntungan telah siap, diiringi mantra Mahaguru menjemput rombongan Acarya. Setiba di Bhaktisala, Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu pendupaan. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual.

Untuk Visualisasi Avalokitesvara : 大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有白色種子字些字,放大白光。月輪中些字旋轉,「自性觀音」,自性觀音身白色,天衣寶飾瓔珞, 觀世音菩薩端坐蓮台, 莊嚴慈祥,有無量白淨光照射。可觀想大明六字咒,圍繞著菩薩放光明。(依自己供奉的觀音形相想念, 依法器灌頂)觀音若手持明珠—明珠化一條白光, 成一弧度, 照灌行者。觀音若手持經卷—經卷化一條白光, 成一弧度, 照灌行者。觀音若手持蓮花—蓮花化一條白光, 成一弧度, 照灌行者。觀音若手持淨瓶—淨瓶甘露化一條白光, 成一弧度, 照灌行者。Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara XIE berwarna putih, memancarkan cahaya putih yang terang benderang. Bijaksara XIE yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Avalokitesvara Bodhisattva, Avalokitesvara Bodhisattva berbadan putih yang penuh dengan welas asih mengenakan jubah dan berbagai ratna, duduk bersila di atas padmasana, memancarkan cahaya putih yang terang tiada taranya. Boleh juga bervisualisasi Mantra Maha Sadaksara yang mengitari Bodhisattva memancarkan cahaya yang terang benderang.(Bervisualisasi Avalokitesvara sesuai wujud pratima yang disembah puja lalu mengabhiseka sadhaka dari alat yang dipegang-Nya)Bila Avalokitesvara memegang mutiara—mutiara berubah menjadi seberkas sinar putih, membusur, menyinari dan mengabhiseka sadhaka. Bila Avalokitesvara memegang kitab suci—kitab suci berubah menjadi seberkas sinar putih, membusur, menyinari dan mengabhiseka sadhaka. Bila Avalokitesvara memegang padma—padma berubah menjadi seberkas sinar putih, membusur, menyinari dan mengabhiseka sadhaka. Bila Avalokitesvara memegang botol suci—amerta di botol suci menjadi seberkas sinar putih, membusur, menyinari dan mengabhiseka sadhaka.

Mantra Avalokitesvara : 「嗡。嗎呢。唄咪。吽。」Om. ma ni. pad me. hum.

Kemudian Vajra Acarya memberkati sarana puja dan kayu homa, memutar Japamala memberkati, dan melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan diberkati oleh Vajra Acarya, kemudian di giring menuju tungku homa diiringi mantra Avalokitesvara. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala,pemberkahan dan penyeberangan.

Selesai puja api homa, dilanjutkan dengan mantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Avalokitesvara

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata Ritual Avalokitesvara, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-avalokitesvara-bodhisattva/

Untuk download Sutra Saddharma Pundarika beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-saddharma-pundarika/

Untuk download Sutra Hrdaya Prajna Paramitha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-hrdaya-prajna-paramita/

Untuk download Mantra Avalokitesvara beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-avalokitesvara/

Untuk download Mudra Avalokitesvara, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download penyalinan sutra Saddharma Pundarika, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download penyalinan sutra Hrdaya Prajna Paramitha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment