Liputan Upacara Pertobatan Satya Buddha Memperingati Maha Guru Mengambil Sila Kebhikkhuan


Om Mani Padme Hum!

Pada tanggal 25 Maret 2010 (penanggalan imlek tanggal 10 bulan 2), umat Zhen Fo Zong di vihara vajra bhumi sriwijaya merayakan hari dimana Maha Guru mengambil sila kebhikkhuan dengan menyelenggarakan Upacara Pertobatan Satya Buddha. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, di dampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya. Lebih dari 150 orang umat yang hadir untuk mengikuti upacara ini.

Sebelum upacara dimulai, seperti biasa banyak umat yang sibuk menulis formulir pendaftaran pemberkahan dan penyeberangan untuk mendaftarkan keluarga mereka baik yang masih hidup atau yang telah meninggal.
Upacara di mulai pada pukul 7.30 malam. Semua umat yang hadir terlihat sangat khidmat dalam melakukan pertobatan.
Selesai upacara pertobatan, kita bersama – sama menyanyikan lagu “ Qing Fo Zhu Shi Qi Yuan Wen” dan setulus hati memohon agar Maha Guru menetap di dunia dan memutar roda dharma.

Setelah menyanyikan lagu tersebut, Bhikkhu Lhama Lian Pu menyampaikan beberapa info kepada para umat bahwa tanggal 3 April 2010, kita akan mengadakan pertobatan untuk memperingati hari suci Avalokitesvara Bodhisattva. Tanggal 4 April 2010 akan diadakan upacara Api Homa Pemberkahan Hayagriva Vidyaraja. Tanggal 18-25 April 2010 akan diadakan Upacara Pertobatan 3000 Buddha.
Setelah menyampaikan berberapa info upacara, Vajra Acarya menyampaikan Dharmadesana. Inti dari Dharmadesana yang disampaikan oleh Vajra Acarya adalah sebagai berikut.

Tujuan kita mengadakan upacara pertobatan adalah untuk memperingati Maha Guru mengambil sila kebhikkhuan. Mungkin ada berberapa vihara yang tidak mengetahui bahwa hari ini adalah peringatan hari Maha Guru mengambil sila Kebhikkhuan. Di Seattle (Amerika) untuk memperingati hari Maha Guru mengambil kebhikkhuan, selalu mengadakan upacara pertobatan Satya Buddha.
Upacara pertobatan hari ini kita lakukan untuk memohon agar Maha Guru dapat menetap di dunia untuk memutar roda dharma.
Maha Guru selalu menekankan kepada kita agar melatih diri satu hari itu minimal satu kali agar kita dapat mengurangi karma buruk kita sedikit demi sedikit.

Melakukan upacara pertobatan ini juga termasuk untuk mengurangi karma buruk kita. Asalkan kita melakukannya dengan setulus hati.
Maka dari itu, untuk mengikis karma buruk, kita harus setiap hari melatih diri. Vajra Acarya juga menceritakan pengalaman beliau membabarkan Dharma di kota Singkawang. Setelah selesai membabarkan Dharma, V.A Lian Yuan beserta kita semua menyanyikan kembali lagu Qing Fo Zhu Shi dan dilanjutkan dengan memotong kue tart yang telah disiapkan oleh pengurus.

Terima kasih kepada Maha Guru dan Para Buddha Boddhisattva sehingga Upacara Pertobatan ini selesai dengan sukses dan sempurna.

Om Mani Padme Hum!

Comments (1)

Pengumuman- archive | 真佛宗 印尼 巨港 聖輪雷藏寺 | Vihara Vajra Bhumi SriwijayaMay 30th, 2010 at 1:05 am

[…] 10Apr10 – Liputan upacara pertobatan satya budha 25mar2010 […]

Leave a comment

Your comment