Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Raja Naga

Temen – temen,
berikut ini adalah dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Raja Naga

Berikut Liputannya

Pada hari Minggu, tanggal 26 September 2010, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Raja Naga. Upacara ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan, didampingi oleh para Bhikkhu Lhama, dan Pandita Lokapalasraya.
Upacara api homa pemberkahan Raja Naga ini diselenggarakan sekaligus meresmikan dan memberi pemberkahan kepada semua umat yang telah mendaftarkan namanya di altar Raja Naga.

Upacara berlangsung pada pukul 16.00 sore. Di hadiri oleh kurang lebih ada 240 umat. Semua umat Tantrayana pasti mengenal Raja Naga (Long Wang). Raja Naga sangat berhubungan erat dengan rezeki, karena Beliau terkenal paling kaya dan makmur di lautan. Karena itu jika ingin memohon rezeki, jangan sampai terlewatkan untuk mengikuti Upacara Api homa Raja Naga atau Upacara Ratnakalasa Raja Naga.

Dalam sebuah artikel pernah di ceritakan bahwa Raja Naga memberitahu Maha Guru, “Memang benar bahwa Dewa Rejeki Jambala kuning adalah Dewa terkaya di langit. Karena aliran Satyabuddha memilih jambala Kuning sebagai satu dari ke 8 Yidam Utama, Jambala telah menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Banyak Tantrika sekarang mulai bersadhana Jambala Yoga karena berpendapat bahwa mereka ingin melepaskan diri dari masalah keuangan terlebih dahulu sebelum mulai berkonsentrasi penuh pada upaya mencapai Pencerahan. Itu tidak apa – apa. Orang perlu mengatasi masalah keuangan-nya sehingga ia dapat berkonsentrasi dan duduk bermeditasi. Sewaktu akhirnya ia mencapai keberhasilan meditasi, maka kebijaksanaan akan muncul. Kebijaksanaan harus muncul untuk bisa mencapai pencerahan. Karena begitu banyak siswa zen fo zong berlatih Jambala Yoga, bahkan sampai menjapa mantra Jambhala sambil berjalan dan sambil tidur, Jambala menjadi luar biasa sibuk!” Raja Naga melanjutkan lagi, “Bagaimana kami boleh membiarkan Jambala bekerja terlalu sibuk? Di langit, Jambala memang merupakan Dewa Terkaya, tapi di lautan, Raja Naga lah Dewa Terkaya! Jambhala terlalu repot, tapi saya menganggur sekali!”

Maka dari itu, untuk memohon rezeki, selain pada Jambala Kuning, kita juga bisa memohon kepada Raja Naga.

Jika ingin berlatih sadhana Rartnakalasa Raja naga, cara Visualisasinya adalah “Ratnakalasa yang berada di atas altar berubah menjadi naga,mulut kalasa adalah kepala naga,leher kalasa adalah leher naga,badan kalasa adalah badan naga,alas kalasa adalah ekor naga. Kemudian mendoakan Sang Naga menjadi Buddha, dan bervisualisasi Raja naga berubah menjadi Panca Buddha berada di tengah angkasa.”
Mantranya Raja Naga yaitu “南摩三滿多母陀南哇日拉密” (na mo san man duo mu tuo nan wa ri la mi)

Untuk berlatih sadhana ini, kita harus mendapatkan abhiseka izin bersadhana terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya cara visualisasi atau sadhana tersebut, dapat konsultasi ke Varja Acarya atau Para Bhikkhu Lhama atau yang lainnya.

Setelah upacara selesai, Acarya menyampaikan dharmadesana. Inti dari ceramah beliau adalah, Beliau mengatakan Maha Guru pernah mengatakan bahwa raja naga adalah raja terkaya di lautan. Pada Upacara api homa ini selain kita memohon rezeki yang berlimpah, kita juga memohon agar raja naga segera menjadi Buddha. Vajra Acarya pada kesempatan homa Raja Naga ini memohon kepada Raja Naga agar semua umat yang mengikuti upacara cita – citanya dapat terkabulkan.

Aksara raja naga yakni “Mik” dalam bahasa sansekerta yang berarti Naga, memiliki sadhana botol harta raja naga, Sewaktu anda mempersembahkan botol ini kepada Raja Naga berdasarkan metode yang Mahaguru jelaskan, Raja Naga akan dapat menerimanya. Sewaktu ia menerima hadiah anda, ia sudah tentu akan membalas budi kepada anda. Hadiah anda kepadanya belum tentu bernilai besar. Tapi, ia akan membalasnya dengan nilai yang jauh lebih besar. Sewaktu kita mengajukan permohonan kepada seorang dewa lewat sadhana Tantrayana, kita harus memberikan dewa itu sebuah hadiah. Sewaktu anda memberikannya persembahan, ia sudah pasti balas persembahan tersebut kepada anda.

Selesai menyampaikan ceramah-Nya, Vajra Acarya Lian Yuan mewakili Maha Guru untuk memberikan Abhiseka Pemberkahan Raja Naga.

Upacara Api Homa Pemberkahan Raja Naga berjalan dengan sukses dan sempurna berkat pancaran Cahaya Adhistana dari Maha Guru dan Para Buddha Bodhisattva.

Terima kasih kepada seluruh umat yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam upacara ini.

Semoga Maha Guru selalu sehat dan memutar roda dharma.

Om Mani Padme Hum

Leave a comment

Your comment