Mahanamaskara Satyabuddha

Download: Mahanamaskara Satyabuddha(PDF)

Mahanamaskara Satyabuddha

MahanamaskaraCatur prayoga (Empat Latihan Dasar) dalam Tantrayana adalah Mahanamaskara, Catur Sarana, Persembahan Mandala (Mandala-Puja) dan sadhana Bodhisattva Vajrasattva. Keempatnya merupakan Latihan Dasar dalam Tantrayana, merupakan dasar (fondasi) dari semua sadhana, ibarat fondasi dari sebuah bangunan.

Di Tibet, setiap orang yang baru masuk Tantrayana, semuanya harus berlatih Catur Prayoga ini, bahkan harus melakukannya masing-masing 100.000 kali. Setelah selesai melakukan Catur Prayoga, barulah boleh mempelajari sadhana Tantra lainnya, kalau tidak, dikhawatirkan akan menghadapi banyak gangguan dan mudah tersesat.

Banyak orang mempelajari Tantrayana, namun mereka tidak sudi mempelajari Catur Prayoga, mereka menganggapnya sebagai latihan yang sepele; mereka tidak tahu bahwa ini dasar dari segala latihan Tantra yang lebih tinggi, amat bermanfaat untuk menghapus karmawarana, menambah kebajikan dan kebijaksanaan, oleh karena itu jangan meremehkannya.

Banyak orang bertanya, Catur Prayoga dilakukan sekaligus atau dilatih dua saja, atau dilatih satu saja. Jawaban saya adalah semuanya bergantung pada waktu yang tersedia, tidak usah terlalu kaku; bagi yang memiliki banyak waktu, dilakukan sekaligus (keempat-empatnya), bagi yang tidak memiliki banyak waktu, lakukanlah satu saja……Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment