Liputan dan Dokumentasi VVBS Partisipasi Kirab Sriwijaya 18 – 20 Desember 2015 di Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi VVBS Partisipasi Kirab Sriwijaya 18-20 Desember 2015 di Palembang :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka partisipasi kegiatan Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja yang diadakan pada tanggal 18 s/d 20 Desember 2015 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengutus 2 orang muda – mudi untuk membawa pratima yaitu Yao Chi Jin Mu (Maha Dewi Yao Chi), dan Macho (Dewi Matsu). Tahun ini Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menjadi tuan rumah, maka seluruh pratima diletakkan di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Upacara kali ini telah mendapatkan restu dari Mahaguru Lian Sheng.

Pada tanggal 18 Desember 2015, satu per satu pratima dari tempat asalnya, dibawa ke Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Muda mudi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menerima satu per satu pratima yang dibawa dengan diiringi zhong-gu. Tanggal 19 Desember 2015, pukul 08.00 WIB pembukaan kirab dilangsungkan di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya, setelah seluruh pratima yang berpartisipasi di bawa ke tempat – tempat yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Hari Minggu tanggal 20 Desember 2015, Upacara Api Homa Maha Dewi Yao Chi dimulai, sebelum upacara di mulai, satu per satu umat hadir. Selain umat, rombongan dari luar kota yang berpartisipasi Kirab ikut hadir untuk berpartisipasi Upacara Api Homa. Walaupun kali ini dilaksanakan pada pagi hari, tidak menghalangi umat untuk ikut berpartisipasi. Terlihat di altar, berbagai jenis pratima yang ikut dalam Kirab telah ada di altar. Upacara kali ini berbeda dengan biasanya, upacara kali ini seperti Upacara yang Mahaguru pimpin dimana seluruh persembahan satu jenisnya dalam jumlah yang banyak, tungku homa dibuat ukuran yang besar, dikelilingi batu bata. Kemudian terlihat yang spesial juga yaitu altar Ksitigarbha yang digelar untuk upacara ini, terdapat kapal yang berukuran besar. Di atas kapal tersebut terdapat ling-phai yang telah ditulis nama – nama orang yang meninggal, arwah penagih hutang, dll. Temen – temen bisa lihat di gambar yang terlampir.

Pukul 09.00 WIB, barisan Muda – mudi menjemput rombongan Vajra Acarya diiringi Mantra Mahaguru. Upacara akan segera dimulai. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual upacara api homa seperti biasa, yaitu dari mantra Pembersihan hingga mantra Mahaguru untuk memohon adhistana silsilah. Setelah itu memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra Maha Dewi Yao Chi, kemudian bervisualisasi : 大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有白色種子字「 」吽字,放大白光。月輪中「 」吽字旋轉,化為無極瑤池金母,戴鳳冠持拂塵及如意,面帶微笑,法相莊嚴,慈眼視眾生。 觀想金母的手中拂塵及如意放白光上昇,成一弧形從密宗行者的頂竅灌入,行者透體成白色水晶透明,業障全消除。(或觀想金母天心部位放出一道白光,直照自己天心。金母喉部放出一道紅光,直照自己喉部。金母心輪放出一道藍光,直照自己心輪,白、紅、藍三光溶入自己身心。)
Diatas samudera, langit cerah tanpa awan, cakracandra muncul dari permukaan laut, ditengah cakracandra terdapat bijaksara HUM berwarna putih, memancarkan cahaya putih. Bijaksara HUM berputar searah jarum jam, berubah menjadi Yaochijinmu, memakai mahkota feniks, tangan kanan membawa Vjayana, tangan kiri membawa Ruyi. Berupa agung, tersenyum dan menatap para makhluk dengan penuh kasih . Bervisualisasi vyajana dan ruyi memancarkan cahaya putih melesat keatas, membusur memasuki ubun ubun sadhaka, menyebar ke seluruh tubuh, karma buruk berubauh menjadi asap hitam keluar melalui pori pori tubuh, sekujur tubuh menjadi sebening kristal.
(Atau bervisualisasi cakra dahi Yaochijinmu memancarkan cahaya putih menyinari dahi kita. Leher Yaochijinmu memancarkan seutas sinar merah menyinari leher kita, dan cakra hati Yaochijinmu memancarkan sinar biru menyinari cakra hati kita.)

Lalu melafalkan mantra Maha Dewi Yao Chi : 「嗡。金母悉地。吽。」om. jin mu xi di. hum. Setelah itu puja api homa dimulai, barisan muda mudi berbaris untuk mengoper barang persembahan homa dari V.A Lian Yuan ke Tungku Homa yang dilakukan oleh V.A Lian Pu. Puja api homa ini diiringi mantra Maha Dewi Yao Chi. Selesai puja api homa, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Maha Dewi Yao Chi.

Setelah upacara api homa, Pembukaan Kirab Darat akan segera dilaksanakan. Pembukaan ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata, perwakilan dari Gubernur Sumatera Selatan dan Raja Batak. Acara pembukaan ini dimula pukul 15.00 WIB, berlokasi di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Acara pembukaan ini diisi dengan Tarian, Nyanyian, dan juga kata sambutan. Setelah usai acara pembukaan ini, dilanjutkan dengan seluruh petinggi – petinggi tersebut memegang bendera dan mengangkat bendera tersebut sebagai tanda dimulainya kirab darat. Masing – masing peserta kirab telah siap di samping tandu. Bendera di kibarkan, semua peserta langsung mengangkat masing – masing tandu.

Tandu – tandu tersebut di arak dari Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya, menuju jalan dempo, lalu singgah di Kelenteng Veteran, untuk di doakan sebentar. Pukul 18.00 WIB mulai di angkat kembali melewati jalan Veteran, lalu mampir di kediaman dinas Panglima Kodam, dilanjutkan menuju ke Vihara Dharmakirti dan berakhir di kelenteng marga Yap.

Seluruh Rangkaian kegiatan dalam rangka Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya berpartisipasi acara Kirab Sriwijaya telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Yao chi jin mu – Ma shang you qian silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-yao-chi-jin-mu-ma-shang-you-qian/

* Untuk download Mantra Maha Dewi Yao Chi beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-yao-chi/

* Untuk download Sutra Maha Dewi Yao Chi beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-maha-dewi-yao-chi/

* Untuk download Penyalinan Sutra Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Mudra Maha Dewi Yao Chi, Bodhisattva Di Mu, Sakradevanam Indra, dan Dewi Matsu silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download Artikel Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/yao-chi-jin-mu/

* Untuk download Screen Saver Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-golden-mother/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment