Happy Mid-Autumn Festival (中秋節快樂) 2020

Happy Mid-Autumn Festival 2020

Sekilas mengenai Festival Kue Bulan.

Bulan 8 tanggal 15 Imlek merupakan hari Festival Kue Bulan atau Festival Pertengahan Musim Gugur (Mid-Autumn Festival) yang tidak akan terlewatkan oleh semua masyarakat Tionghoa. Tepat pada tanggal ini, bentuk bulan dalam keadaan penuh. Perayaan ini umumnya jatuh pada pertengahan musim panas, berdekatan dengan titik ekuinox utara yaitu titik di mana rentang waktu antara siang dan malam adalah sejajar. Ini adalah sekali dalam kurun waktu satu tahun bulan menampakkan diri sangat dekat dengan planet bumi, berdampingan dengan batas langit dan bersinar kemerahan yang mana melambangkan bersatunya pria (matahari) dan perempuan (bulan), seperti Yin dan Yang dalam tradisi Tiongkok. Perayaan ini intinya adalah puji syukur akan datangnya musim bertanam, awal dari kerja keras dan harapan berhasil dengan panen yang bagus. Pada malam ini bulan purnama akan sangat terang dan indah. Biasanya anggota keluarga berkumpul sambil menikmati kue bulan. Kue bulan tradisional berbentuk bulat, seperti bulatnya purnama yang melambangkan kebulatan dan keutuhan. Zaman sekarang banyak sekali variasi bentuk dan rasa dalam kemasan yang sangat indah.

Sekarang masyarakat Tionghoa merayakan festival ini dengan tari – tarian dan doa sambil menikmati keindahan sang bulan, tentunya sambil menyantap kue bulan. Meskipun ada banyak macam kue pada tradisi Tionghoa, kue bulan hanya dihidangkan pada perayaan kue bulan saja. Salah satu jenis kue bulan tradisional berisi pasta biji teratai. Dengan besar seukuran telapak tangan, kue bulan yang padat berisi biasa dipotong menjadi empat lalu dihidangkan. Ada yang berisi kuning telur asin ditengah, melambangkan bulan purnama.

V.A Lian Yuan, V.A Lian Pu, V.A Lian Zui, Pandita Lokapalasraya Herlina, Pandita Lokapalasraya Denny, Ketua dan segenap Pengurus Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengucapkan
Happy Mid-Autumn Festival (中秋節快樂)
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva serta Dharmapala dan Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment