Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Avalokitesvara Bodhisattva

Temen – temen,
berikut ini adalah dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Avalokitesvara Bodhisattva

Berikut Liputannya

Selasa, 26 Oktober 2010 (九月十九日) dalam rangka memperingati hari suci Avalokitesvara Bodhisattva, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Avalokitesvara Bodhisattva. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, di dampingi oleh Bhikkhu Lhama Lian Pu, Bhikkhu Lhama Lian Xia, dan Pandita Lokapalasraya. Pukul 19.00 WIB, umar satu persatu datang berbondong – bondong mengisi kayu homa untuk menuliskan nama keluarga mereka untuk didaftarkan di Upacara Api Homa Pemberkahan Avalokitesvara Bodhisattva, agar Bodhisattva berkenan untuk memberikan pemberkahan kepada kita semua. Pukul 19.30 WIB, upacara di mulai, Vajra Acarya mempersembahkan dupa dan kemudian bernamaskara kepada Maha Guru, para Buddha Bodhisattva, Dharmapala dan sepuluh penjuru serta para Arya Sangha. Tata ritual homa Avalokitesvara Bodhisattva kurang lebih sama seperti tata ritual sadhana Avalokitesvara (untuk download tata ritual sadhana Avalokitesvara Bodhisattva ke http://www.shenlun.org/lainnya/download/tata-ritual/). Baik dari segi visualisasi maupun lainnya. Perbedaannya hanya pada vandana, dan setelah pembacaan mantra yidam Avalokitesvara kita mempersilahkan Vajra Acarya untuk menempati kursi homa, memberkati kayu homa dan persembahan, memutar japamala untuk memberi pemberkahan, melakukan simabhandana terhadap tungku homa, kemudian puja homa dimulai dengan menyalakan api, memasukkan persembahan ke dalam tungku homa satu per satu dan memperagakan mudra tolak bala dan pemberkahan. Visualisasi saat homa ini adalah, kita bervisualisasi sarana Puja berubah menjadi banyak seperti gunung dan samudra tak terhingga, semuanya dipersembahkan kepada Mulacharya, Guru Silsilah, Adinata, para Buddha Bodhisattva, semua Dewa Naga, Vajra Dharmapala, semua dipersembahkan secara sempurna. Lalu Visualisasi ditengah tungku, api yang berpijar membakar diri sendiri, sehingga semua karma buruk terbakar menjadi hawa hitam, keluar melalui pori – pori, diri sendiri menjadi bersih. Karma buruk pun lenyap. Serta visualisasi bijaksara Xie (bijaksara sesuai dengan yidam) berubah menjadi Avalokitesvara (Yidam) dan masuk ke cakra hati kita, kita dan Avalokitesvara (yidam) menjadi satu dan masuk ke dalam tungku homa sehingga tubuh kita menjadi bersih. Avalokitesvara (yidam), kita dan api menjadi satu.
Puja api homa selesai dan Vajra Acarya kembali menempati kursi Dharma kemudian kita bersama – sama melantunkan pujian yaitu “Bodhisattva jelmaan Sadharma Tathagata, Maha Maitri Avalokitesvara yang memperoleh kebebasan; Menerangi dunia dengan Maha Sadaksara, Menuntun.segenap makhluk mencapai Buddhaloka.(正法明如來化身菩薩,得成自在大慈觀世音;普世皆放六字大光明,佛光導引眾生至佛土)

Upacara Api Homa Pemberkahan ditutup dengan pembacaan Mantra Paripurna, kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma-Nya. Tetapi sebelum menyampaikan ceramah dharma, kita menyanyikan lagu pertobatan dimana lagu ini pernah dinyanyikan bersama dengan Maha Guru di Australia Oktober 2010 sewaktu Maha Guru berkunjung ke salah satu vihara yang ada di Australia. Syair lagu pertobatan ini sangatlah bagus sekali. Jika kita menghayati lagu dan syair dari Pertobatan ini bisa membuat kita terharu. Selesai menyanyikan bersama, Beliau menyampaikan ceramahnya mengenai kekuatan dari sutra raja agung avalokietsvara. Kekuatan Mantra dan Sutra sangatlah besar tetapi juga harus ada silsilah, akrena silsilah juga sangat penting. Jika kita membaca mantra dan sutra harus bervisualisasi dengan benar, jangan asal – asalan saja dan tidak bervisualisasi. Jika ada waktu luang, bacalah sutra Raja Agung Avalokitesvara Bodhisattva karena sutra ini sangat bagus sekali. Di dalam sutra tersebut banyak disebutkan nama dari para Buddha dan Bodhisattva kemudian kekuatan sutra Raja Agung Avalokitesvara Bodhisattva juga dapat mengikis karma buruk kita. Banyak orang yang sering konsultasi dengan Vajra Acarya, Beliau selalu menganjurkan untuk membaca Sutra Raja Agung Avalokitesvara sebanyak 1000 kali atau sebanyak – banyaknya serta tidak lupa harus membaca Mantra Maha Guru sebanyak – banyaknya agar Maha Guru dapat memberikan abhiseka pemberkahan kepada kita.

Jadi mulai dari sekarang, sediakan waktu luang setiap hari untuk melatih diri, membaca sutra Raja Agung Avalokitesvara dan membaca mantra Maha Guru serta berusaha belajar untuk bervisualisasi para Buddha, Bodhisattva dan Dharmapala dengan benar.
Upacara Api Homa Pemberkahan Avalokitesvara Bodhisattva selesai dengan sempurna diakhiri dengan Vajra Acarya mewakili Maha Guru untuk memberikan abhiseka Pemberkahan Avalokitesvara Bodhisattva.

Bagi temen temen yang ingin mendownload:

  • Sutra Raja Agung Avalokitesvara Bodhisattva beserta bulatan penjapaannya, dapat klik disini
  • Sutra Hati dapat di peroleh disini
  • Tata-Cara sadhana Avalokitesvara dapat di peroleh di sini
  • Mantra avalokitesvara beserta bulatan untuk penjapaan dapat di peroleh disini

Upacara sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Maha Guru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada saudara saudari sedharma yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara Api Homma Pemberkahan Avalokitesvara ini.

Semoga Maha Guru selalu sehat dan memutar roda dharma.

Om Mani Padme Hum.

Comments (1)

Vihara Vajra Bhumi SriwijayaNovember 21st, 2010 at 6:27 pm

@ all : _/_ terima kasih sudah like link ini. _/_

Leave a comment

Your comment