Tanya jawab seputar pendaftaran Sarana di VVBS

Om Mani Padme Hum!

Berikut ini Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Sarana di VVBS :
1. Bagaimana cara menjadikan Mahaguru Lian Sheng sebagai guru Spiritual kita (bersarana kepada Mahaguru Lu Sheng Yen) ?
Jawab :

Ada berbagai metode yang bisa dilakukan yaitu :

  • a. Dapat langsung berkunjung ke Maha Vihara atau Vihara atau Cetya Satya Buddha (Zhenfo Zong) terdekat di kota anda. (untuk lihat informasi alamat vihara Zhenfo Zong silahkan klik di sini)

  • b. Pada tanggal 1 (che it) atau tanggal 15 (cap go) Lunar/ imlek Pukul 07.00 pagi bersujud dalam sikap anjali dan menghadap kearah matahari terbit menjapa (membaca) Mantra Catur Sarana sebagai berikut:“NAMO GURUPHE. NAMO BUDDHAYA. NAMO DHARMAYA. NAMO SANGHAYA” (mantra tersebut di ulang sebanyak 3x).Kemudian memohon Maha Arya Acarya Lian Sheng berkenan menuntun bersarana pada Satya Buddha. Setelah itu, menulis surat permohonan Abhiseka dengan format nama, tempat/tanggal lahir,alamat sekarang, umur. Surat tersebut dikirimkan ke :
    Zhen Fo Mi Yuan (Mandalasala Satya Buddha),
    Master Sheng-Yen Lu,
    17102 NE 40th Ct.Redmond,
    WA 98052 U.S.A.

    atau bisa juga download formulir sarana di sini, lalu kirim formulir tersebut melalui email/fax/pos ke Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Surat permohonan anda akan dikirim oleh Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya ke seattle.
    Setelah itu anda akan mendapatkan sertifikat bersarana atau catatan penting mengenai cara untuk bersadhana / melatih diri.

  • c. Mengikuti upacara yang dipimpin oleh Mahaguru Lian Sheng atau Vajra Acarya, dan menginformasikan kepada pengurus atau panitia setempat untuk bersarana.

2. Setelah bersarana, apa yang harus saya lakukan?
Jawab :

Setelah melakukan prosesi bersarana, hendaknya mengunjungi vihara Zhen Fo Zong (Tantrayana Satya Buddha) setempat atau terdekat dan mengikuti puja bakti atau Upacara yang diselenggarakan oleh vihara setempat.

3. Sadhana apa saja yang bisa dilakukan di rumah?
Jawab :

Selain berkunjung dan mengikuti puja bakti di vihara, kita juga bisa melakukan sadhana sendiri di rumah. Sebaiknya sadhana yang dilaksanakan adalah sadhana Catur prayoga (Vajrasattva puja). Karena menurut Mahaguru sadhana ini merupakan fondasi atau dasar dari sadhana lainnya yang ada di Zhen Fo Zong.
Untuk tata ritual sadhana Catur prayoga, bisa download di http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-vajrasattva/

4. Apakah saya boleh bersadhana salah satu dari 8 Yidam atau sadhana lainnya selain Vajrasattva puja (Catur Prayoga)?
Jawab :

Menurut Mahaguru Lian Sheng, sadhana Vajrasattva merupakan sadhana tahap awal yang dilakukan oleh kita untuk menciptakan suatu fondasi yang kuat bagi diri kita dalam melatih diri. Setelah mencapai kontak yoga, baru bisa melaksanakan sadhana lainnya seperti sadhana Guruyoga, sadhana Yidam, dll. Selain itu juga, jika ingin bersadhana yang lain, itu memerlukan abhiseka izin bersadhana dari Mahaguru, baik abhiseka secara langsung atau abhiseka jarak jauh.

5. Apakah perlu dilampirkan foto dalam pengiriman surat permohonan bersarana?
Jawab :

Tidak perlu dilampirkan.

6. Bagaimana cara mengirimkan dana paramitha?
Jawab :

Untuk mengirim surat ke Seattle (Amerika), dana paramitha dapat diselipkan di dalam surat tersebut dengan catatan uang tersebut dilapis dengan kertas karbon. Jika melalui Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya, maka dana paramitha dapat di transfer ke rekening yang akan diberitahukan oleh Admin VVBS.

7. Apakah Dana paramitha bisa di transfer lewat rekening lain?
Jawab :

Mohon maaf, dana paramitha hanya dapat di transfer ke rekening yang diberikan oleh Admin VVBS, selain itu tidak ada. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

8. Selain menerima sertifikat bersarana, apakah kita juga menerima buku sadhana atau lainnya?
Jawab :

Selain sertifikat bersarana, akan dikirimkan juga foto Mahaguru. Untuk buku sadhana atau tata ritual, bisa download di website VVBS (di sini. Semua informasi baik seputar sutra, artikel, mantra, tata ritual, majalah atau lainnya bisa check di website VVBS Palembang.

9. Bolehkah mengisi formulir tersebut dengan tulisan tangan?
Jawab :

Disarankan menggunakan komputer. Dikarenakan nama – nama yang tercantum di formulir tersebut akan ditulis ulang di sertifikat bersarana. Apabila menggunakan tulisan tangan yang tidak terbaca, maka admin akan kesulitan untuk menuliskan kembali dan nanti tidak sesuai dengan nama anda.

Untuk tulisan mandarin, apabila tidak bisa diketik, itu bisa di tulis tangan, tetapi disarankan harap mencantumkan pelafalan dari huruf tersebut (huruf tersebut dibaca apa) untuk mempermudah admin agar tidak salah.
Mohon pengertian dan kerjasama dari anda semua.

9. Kapan kita mengirimkan formulir sarana kepada VVBS, setelah kita melakukan proses sarana jarak jauh atau sebelumnya? Apakah ada aturan tertentu
Jawab : Tidak ada aturan tertentu. Anda mengirimkan formulir untuk bersarana kepada VVBS sesudah melakukan proses sarana jarak jauh atau sebelum melakukan proses sarana jarak jauh itu terserah pribadi, yang penting harus melakukan proses sarana jarak jauh

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Informasi lebih lanjut bisa hubungi admin VVBS di contactus@shenlun.org.

Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

Leave a comment

Your comment