Mimpi

Majalah dharma talk edisi Mei 2012 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2012/mei/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Mimpi dari Majalah dharma talk edisi Mei 2012

Ini adalah kedatangan yang pertama kali, terima kasih semuanya.

Akhir-akhir ini saya banyak menerima surat dari para siswa. Isi surat tersebut bertanya tentang mimpi yang dialami oleh siswa dan mohon saya menjelaskan arti mimpi tersebut.

Didalam 6 sadhana Naropa terdapat salah satu sadhana yaitu sadhana mimpi. Setiap orang pasti memiliki alam mimpi, dimana bisa merasakan gembira juga bisa merasakan ketakutan.

Apabila bermimpi menyangkut pengikisan karma berarti mimpi yang baik dan bila bermimpi menghadapi suatu masalah berarti mimpi yang tidak baik. Mimpi pengikisan karma yang paling umum biasanya adalah keluarnya serangga dari pori-pori tubuh, ada juga mimpi dari kerangka kepala terbuka dan keluar ular, mimpi mulut memuntahkan air yang berwarna hitam. Ini adalah jenis mimpi yang berkaitan dengan pengikisan karma. Ada juga sebagian orang pernah bermimpi melihat diri sendiri mandi di sebuah danau dan di dalam danau tersebut banyak sekali ulat, ini juga merupakan mimpi yang bagus.

Di dalam karya tulis saya pernah mengatakan bahwa ada juga yang pernah bermimpi menyisir rambut dan tiba-tiba keluar banyak ulat dan dia menanyakan hal ini kepada saya untuk menjelaskan artinya. Dan ternyata orang ini mempunyai suatu penyakit kepala dan setelah mengalami mimpi ini dia pun sembuh dari sakit kepalanya.

Mimpi, sesungguhnya ada mimpi yang baik dan mimpi yang tidak baik. Sekarang ini banyak siswa yang tidak tahu bagaimana menghadapi mimpi yang dialaminya. Sesungguhnya siswa tersebut hendaknya tidak memperdulikan mimpi yang dialaminya. Apabila mimpi tersebut baik juga jangan langsung gembira dan sebaliknya mimpi yang tidak baik jangan bersedih.

Saya beritahukan kepada Anda semua, jika Anda bermimpi sesuatu yang baik hendaknya Anda di depan altar mandala melakukan mahanamaskara mengucapkan syukur kepada para Buddha Bodhisattva dan lebih rajin lagi bersadhana. Apabila mimpi yang tidak baik, kita juga melakukan hal yang sama yaitu di depan altar mandala kita merenungkan perbuatan apa yang telah kita perbuat, lalu mohon pertobatan, dan meningkatkan kuantitas sadhana kita.

Jadi ingatlah jika bermimpi yang baik jangan langsung gembira sebaliknya mimpi yang tidak baik jangan bersedih dan putus asa.

Om Ma Ni Padme Hum.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * Mimpi – Sesungguhnya ada mimpi yang baik dan mimpi yang tidak baik. Sekarang ini banyak siswa yang tidak tahu bagaimana menghadapi mimpi yang dialaminya. Sesungguhnya siswa tersebut hendaknya tidak memperdulikan mimpi yang dialaminya. Apabila mimpi tersebut baik juga jangan langsung gembira dan sebaliknya mimpi yang tidak baik jangan bersedih.
    • * Asal Usul Ritual Dhummapuja dan Catur Lokesvara – Yidam Utama Dhummapuja Catur Lokesvara Di daerah Tibet, siapa yang tidak mengenal Catur Lokesvara dan mantra dari Catur Lokesvara. Boleh dikatakan Catur Lokesvara merupakan Dewa Pelindung bangsa Tibet. Bahkan Rinpoche yang tertinggi pun merupakan Dharmakaya dari Catur Lokesvara. Seluruh orang Tibet menjapa mantra “Om Ma Ni Pad Me Hum” dan rata – rata gundukan batu Mani tertulis aksara Sansekerta “Om Ma Ni Pad Me Hum”. Orang bangsa Han menyebarkan Buddha Dharma dengan menjapa “Namo A Mi Tuo Fo”, orang bangsa Tibet menyebarkan Buddha Dharma dengan menjapa “Om Ma Ni Pad Me Hum”.
    • * Perbedaan Pertobatan Eksoterik dan Esoterik – Dalam hal namaskara dan persembahan, dalam eksoterik mementingkan pembacaan sutra dan esoterik membaca mantra diikuti visualisasi. dalam eksoterik memohon kehadiran para Buddha Bodhisattva memberkati tetapi di dalam esoterik bukan hanya memohon para Buddha Bodhisattva memberkati tetapi, juga harus bervisualisasi diri sendiri berubah menjadi wujud yidam.
    • * Welas Asih dan Sarana Tunggal
    • * Vegetarian dan Non-Vegetarian – Semua terserah kepada diri Anda, terserah niat Anda, tidak perlu memaksakan diri. Jika Anda senang bervegeratian ya silahkan dan sebaliknya. Dengan alamiah saja kita lakukan maka pelatihan diri akan menjadi lebih baik.
    • * Bodhipatha-Pradipa dan Yang Mulia Atisa
    • * Sadhana Vajrakilaya Mudah Kontak Yoga, Menaklukkan Semua Makhluk Halus dan Rintangan Kerisauan –Asalkan Anda menjadikannya sebagai Dharmapala, semua setan akan takut pada Anda; asalkan Anda kontak yoga dengan Vajrakilaya.
    • * Sadhana Persembahan Diri – Sadhana Persembahan Diri hanya di peruntukkan bagi orang yang bertekad mengembangkan pikiran yang maha luas, hanya diperuntukkan bagi orang yang bersungguh-sungguh dalam mengembangkan bodhicitta.
    • * Mencapai Kontak Yoga – Ada sebagian orang pada waktu mulai bersadhana banyak mengalami kontak yoga seperti melihat kehadiran para makhluk suci (Buddha Bodhisattva), ada juga yang mendapatkan kekuatan gaib seperti mendengar hal-hal yang terjadi ditempat yang jauh, bisa mengetahui isi hati orang lain, dan lain sebagainya.
    • * Jangan Sekali-kali Membuat Ikrar Kosong
    • * 蓮生活佛講心經 -“【無苦集滅道】--道(四)”

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment