Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan Mahakaruna 15 Juli 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Pertobatan Mahakaruna :

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan selengkapnya:
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 15 Juli 2014
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_15juli2014.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut

Selasa, 15 Juli 2014 (甲午年6月19日) pukul 19.30 WIB, dalam rangka Hari Suci Avalokitesvara Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Pertobatan Mahakaruna (大悲寶懺大法會/ Da Bei Bao Chan Da Fa Hui). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan (釋蓮元金剛上師主壇), di dampingi oleh V.A Lian Pu dan Bhikkhu Lhama Lian Zui

Pada hari suci Avalokitesvara, semua umat Buddha pasti berbodong – bodong mengunjungi Vihara maupun kelenteng untuk mempersembahkan dupa atau persembahan kepada Avalokitesvara. Bodhisattva Avalokitesvara terkenal dengan welas asihnya yang begitu besar terhadap umat manusia. Sehingga para hari suci Avalokitesvara tersebut, umat Buddha tidak akan melewatkannya untuk memohon berkah kepada Avalokitesvara, semoga Beliau berkenan untuk memberkati.

Setiap vihara aliran mana saja pasti akan menyelenggarakan puja bakti untuk memperingati Hari Suci Avalokitesvara. Termasuk Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya yang menyelenggarakan Upacara Pertobatan Avalokitesvara. Satu persatu umat hadir dan memadati ruangan vihara. Ada yang sedang menulis formulir untuk mendaftarkan keluarga dan leluhurnya. Ada juga yang sedang berdoa, ada yang sedang mempersembahkan persembahan di altar, dll. Vajra Acarya Lian Yuan pernah mengatakan bahwa, jika vihara menyelenggarakan sebuah upacara, baik upacara Api Homa maupun upacara pertobatan ataupun upacara pemberkahan lainnya, sebaiknya kita mendaftarkan keluarga kita (untuk yang masih hidup) dengan cara mengisi formulir pemberkahan atau mendaftarkan leluhur kita dan arwah penagih hutang atau lainnya (jika upacara tersebut ada penyeberangan) dengan cara mengisi formulir penyeberangan. Formulir – formulir tersebut merupakan salah satu media penyampaian dari kita kepada Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva serta Makhluk suci lainnya. Dengan mengisi formulir tersebut, secara tidak langsung kita memohon kepada para Buddha dan Bodhisattva agar memberkati keluarga kita dan leluhur kita.

Upacara dimulai pukul 19.30 WIB yang diawali dengan penjemputan rombongan Vajra Acarya. Setelah Vajra Acarya sampai di Bhaktisala, Vajra Acarya mempersembahkan dupa kepada Buddha, Bodhisattva, serta Dharmapala pelindung dan Makhluk suci lainnya diiringi lagu pendupaan. Dilanjutkan dengan mempersilahkan para Vajra Acarya dan Bhikkhu Lhama untuk duduk. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual Upacara Pertobatan. Dimulai dari Mantra pembersihan hingga pelafalan mantra Mahaguru untuk memohon abhiseka silsilah pemberkatan dari Mahaguru. Setelah itu, memasuki ritual pertobatan.

Upacara Pertobatan Selesai. Kemudian V.A. Lian Yuan menyampaikan dharmadesana bisa temen – temen dengarkan di atas.

Setelah selesai membabarkan ceramah, Vajra Acarya mewakili Mahaguru memberikan Abhiseka sarana dan Abhiseka pemberkahan Avalokitesvara kepada umat.

Upacara berjalan dengan sukses dan sempurna, Terima kasih kepada temen – temen sedharma yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Semoga Maha Guru selalu memutar roda dharma.

Bagi teman teman yang ingin membaca artikel tentang Avalokitesvara Bodhisattva, dapat membacanya di Majalah DharmaTalk edisi Oktober 2008 di https://www.shenlun.org/dharma-talk/2008/oktober/

Informasi terkait :

Untuk download Tata Ritual Avalokitesvara, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-avalokitesvara-bodhisattva/

Untuk download Sutra Saddharma Pundarika beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/sutra/sutra-saddharma-pundarika/

Untuk download Sutra Hrdaya Prajna Paramitha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/sutra/sutra-hrdaya-prajna-paramita/

Untuk download Mantra Avalokitesvara beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/mantra/mantra-avalokitesvara/

Untuk download Mudra dan video mudra Avalokitesvara, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download penyalinan sutra Saddharma Pundarika, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download penyalinan sutra Hrdaya Prajna Paramitha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Informasi menarik lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment