Liputan Singkat dan Dokumentasi Maha Guru di Kota Palembang 1 Maret 2011

Temen – temen,
berikut ini adalah dokumentasi Maha Guru di Kota Palembang Tanggal 1 Maret 2011

Liputannya adalah sebagai berikut

Hari ini adalah hari kedua Maha Guru di Palembang. Hujan turun sangat lebat dari semalam hingga pukul 05.30 pagi masih rintik membasahi kota Palembang. Pada pukul tersebut, sudah banyak umat yang hadir dari Luar kota maupun dalam kota untuk mengambil tempat duduk yang strategis. Panita telah bersiap – siap pada tempatnya. Makin lama makin banyak umat yang hadir memenuhi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Pukul 09.00 WIB Walikota Palembang yaitu Bapak Eddy Santana Putra beserta rombongan tiba di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Dengan sangat rendah hati, bapak Walikota menyalami semua panitia yang berbaris menyambut kedatangan Beliau. Selain Beliau menyalami, semua umat yang hadir memberikan tepuk tangan yang meriah untuk menyambut kedatangan Beliau.

Tidak lama kemudian, Tiba rombongan Maha Guru dan tamu kehormatan lainnya di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Maha Guru tiba, langsung menuju ke ruangan khusus untuk menulis Gatha, kemudian memberkati altar homa, altar marici, altar ksitigarbha, dll. Upacara Inisiasi dimulai, barisan penjemputan Maha Guru yang dipimpin oleh Bhikkhu Lhama dan didampingi oleh para Bhikkhu Lhama lainnya yang membawa panji – panji serta muda mudi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya yang membawa barisan 8 persembahan menjemput Maha Guru dan Vajra Acarya Lainnya. Sesampai di altar lantai 1 vihara Vajra Bhumi Sriwijaya, Maha Guru memberikan inisiasi altar tersebut. Kemudian menuju ke Lantai 2 yaitu altar mandala yang berada di dalam Bhaktisala.

Di dalam acara Inisiasi, Maha Guru memberikan cinderamata kepada Walikota Palembang dan pejabat pemerintahan lainnya. Maha Guru juga mempersembahkan 8 persembahan dan memberkati 6 pasang calon pengantin. Proses inisiasi selesai, Maha Guru memberikan Ceramah Dharma seputar Maha Mayuri. Inti dari ceramah Beliau adalah Beliau akan memberikan abhiseka Maha Mayuri yaitu abhiseka melukis. Abhiseka ini memerlukan visualisasinya.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Maha Guru memberikan abhiseka Padmakumara (傳承灌頂), Yao Chi Jin Mu Qi Da Fa (Maha Sapta Sadhana Yao Chi Jin Mu/瑤池金母七大法), Maha Mayuri (孔雀明王). Maha Guru meninggalkan bhaktisala, semua umat bersukaria mengantar Maha Guru.

Setelah makan siang, Maha Guru berkunjung ke Light Lotus Gallery dan Sekolah Bhumi Sriwijaya. Kemudian langsung ke tempat tanda tangan buku. Ratusan umat sudah memenuhi ruangan untuk tanda tangan buku tersebut.

Pukul 19.00 WIB, Maha Guru menuju ke tempat Makan Malam Bersama (感恩宴). Maha Guru memasuki ruangan, ribuan orang menyambut Maha Guru dengan sukacita. Lalu makan malam bersama dimulai diawali dengan Tarian Penyambutan Gending Sriwijaya (Tarian Khas daerah Palembang) yang dibawakan oleh Muda Mudi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Setelah itu beberapa persembahan yang ditampilkan yaitu nyanyian dari anak – anak Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (berjudul Ehipassiko), Tarian nanas dari Vihara Vajra Bumi Serasan Sekundang (Prabumulih), Persembahan nyanyian dari Vihara Vajra Bumi Silampari (berjudul Bunga Musi Rawas), Tarian Kelindan dan nyanyian dari Muda Mudi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya serta Nyanyian lagu “Gan En De Xin” yang dibawakan oleh beberapa umat yang dinyanyikan bersamaan. Terakhir sebagai penutup, Maha Guru memperlihatkan Yoga Vajra.

Setelah semua persembahan selesai, Maha Guru meninggalkan tempat dengan diiringi Mantra Padmakumara. Semua umat yang hadir mengantar Maha Guru meninggalkan tempat. Kegiatan untuk hari Selasa tanggal 1 maret 2011 telah berlangsung dengan sukses dan sempurna.

Rabu, 2 Maret 2011, Maha Guru beserta rombongan meninggalkan kota Palembang. Semua kegiatan telah selesai dengan sukses dan sempurna. Berkat dukungan dari semua panitia dan umat yang telah meluangkan waktu untuk menyukseskan acara ini. Semoga Maha Guru selalu sehat, senantiasa memutar roda dharma dan dapat kembali lagi berkunjung ke Indonesia khususnya kota Palembang.
Om Mani Padme Hum

Leave a comment

Your comment