Artikel 18 Arahat – 十八羅漢

Download: Artikel 18 Arahat – 十八羅漢(PDF)

Artikel 18 Arahat – 十八羅漢

Orang Tionghoa menamakan murid Sakyamuni Buddha yang setingkat lebih rendah dari Bodhisattva, Luo Han yang berarti “arahat” atau “arahan” yaitu “pemusnah nafsu” dan “ yang patut dihormati”, atau Zun Zhe.

Menurut kepercayaan Tionghoa, para Luo Han itu diberi kekuasaan diberbagai tempat dunia ini. Di tiap tempat Luo Han yang berkuasa dibantu oleh sekelompok Luo Han bawahan yang terdiri dari 500 sampai 1.600 orang.

Mereka umumnya berasal dari orang-orang yang pernah berbuat kesalahan dan kemudian sadar setelah menghayati ajaran-ajaran Buddha. Kemudian mereka itu menjadi penyebar dharma yang tangguh. Menurut sejarah, catatan tentang para Luo Han diperkenalkan di Tiongkok bersamaan dengan menyebarkan agama Buddha disana. Umumnya catatan-catatan itu diterjemahkan dan dibawa ke Tiongkok oleh pengembara Tiongkok seperti Fa Xian dan Xuan Zhang. Fa Xian seorang pertapa yang pergi ke India dan Ceylon pada tahun 399M, sedangkan Xuan Zhang pergi ke India pada zaman dinasti Tang pada tahun 629.,……..Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment