Artikel Dewa Pelindung Kota Sungai – 二郎神

Download: Artikel Dewa Pelindung Kota Sungai(PDF)

Artikel Dewa Pelindung Kota Sungai
er lang shen

Menurut sejarah, Er Lang Shen adalah putra seorang gubernur dari propinsi Sichuan yang hidup pada jaman dinasti Qin dengan nama Li Bing. Pada waktu itu sungai Min (Min Jiang salah satu cabang sungai Yang –Zi yang bermata air di wilayah Sichuan) seringkali mengakibatkan banjir diwilayah Guan Kou dekat Chengdu. Sebagai gubernur yang peka akan penderitaan rakyat Li Bing segera mengajak putranya, Er Lang meninjau daerah bencana dan memikirkan penanggulannya.

Rakyat Guan kou yang sudah putus asa menghadapi bencana banjir yang tiap kali menghancurkan rumah dan sawah ladangnya tampak pasrah dan mengandalkan para dukun untuk menghindarkan bencana. Para dukun menggunakan kesempatan ini untuk memeras dan menakut-nakuti rakyat. Dikatakan bencana banjir itu diakibatkan karena Raja Naga ingin mencari istri. Maka penduduk diharuskan setiap tahun mengirimkan seorang gadis untuk dijadikan pengantin Raja Naga di sungai Min itu. Maka setiap tahun diadakan Upacara penceburan gadis disungai yang dipimpin oleh dukun dan diiringi oleh ratap tangis orang tua sang gadis.

Li Bing bertekad mengakhiri semua ini, dan berusaha menginsafkan rakyat bahwa bencana dapat dihindarkan asal mereka mau bergotong royong memperbaiki aliran sungai. Usaha ini tentu saja ditentang para dukun yang melihat bahwa ia akan rugi apabila rakyat tidak percaya lagi kepada mereka. Untuk menghadapi mereka …….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment