Artikel Dewa Matahari dan Dewi Rembulan

Download: Artikel Dewa Matahari dan Dewi Rembulan(PDF)

Artikel Dewa Matahari dan Dewi Rembulan

Ri Shen yaitu Dewa Matahari secara umum disebut Tai Yang Gong (Thay Yang Kong – hokkian) atau paduka Surya dan Yue Shen (Gwat Sin – hokkian) seringkali disebut Tai Yin Niang (Thay Im Nio – hokkian).

Pemujaan terhadap bulan, matahari sudah ada sejak zaman purba dan bukan hanya monopoli bangsa Tiongkok saja. Pemujaan ini termasuk pemujaan kenegaraan dimana para pegawai kerajaan bersujud dan menyediakan sesaji di depan papan roh Dewa Matahari. Sedangkan pemujaan terhadap Dewi Rembulan diadakan bertepatan dengan pesta panen disaat bulan purnamanya, tanggal 15 bulan 8 imlek. Pada saat ini biasanya orang-orang bersama keluarganya menyalakan Hio dan bersujud kepada Dewi Rembulan di halaman rumah mereka.

Ri Shen atau Dewa Matahari dikenal juga dengan nama Tai Yang Di Jun, Yue Shen atau Dewi Rembulan disebut juga Tai Yin Huang Jun atau Yue Fu Chang E (Chang E dari istana rembulan). Tai Yang Di Jun yang terkenal dengan nama Hou Yi adalah seorang pemanah ulung. Dikisahkan pada masa itu adalah tahun XII pemerintah kaisar Yao (2346SM). Bencana besar sedang menimpa negerinya, kekeringan menghancurkan seluruh lahan pertanian sehingga kelaparan terjadi dimana-mana. Malapetaka itu disebabkan karena ada sepuluh matahari yang bersama-sama muncul di angkasa………Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment