Artikel San Guan Da Di

Download: Artikel San Guan Da Di(PDF)

Artikel San Guan Da Di

San Guan Da Di atau secara umum dipanggil San Jie Gong terdiri dari tiga orang. Pemujaan terhadap San Jie Gong ini adalah pengaruh dari Taoisme yaitu, pemujaan terhadap ketiga penguasa alam, alam langit, alam bumi, alam air, mereka itu adalah:

  • 1. Tian Guan atau Dewa penguasa langit, menguasai peredaran matahari, bulan, bintang, hawa udara dan lain-lain benda semesta. Tian Guan ini turun kedunia untuk membagi berkah kepada kita, pada tanggal 15 bulan 1 imlek (Tjia Gwee Tjap Go) sebab itu beliau disebut juga Shang Yuan (Siang Guan – Hokkian). Gelar lengkapnya adalah Shang Yuan Ci Fu Tian Guan Yi Ping Zi Wei Da Di. Yang berarti sebagai berikut: Zi Wei Da Di adalah gelar Tian Guan, penguasa langit pertama (Tian Guan Yi Ping atau Thian Koan It Pin – Hokkian), pada waktu Shang Yuan turun membagi berkah (Ci Fu). Tanggal 15 bulan 1 imlek dianggap sebagai hari she jietnya Tian Guan.

  • 2. Di Guan (Tee Koan – Hokkian) atau Dewa penguasa Bumi yang berkuasa atas terciptanya semua yang ada di dunia, termasuk manusia, binatang, dan tumbuhan. Di Guan turun ke dunia untuk mengatur kelahiran dan kematian, mengatur hasil panen, mengatur tempat-tempat yang sunyi untuk roh-roh manusia ke akhirat dan mengurus pengampunan dosa setiap tanggal 15 bulan 7 imlek (thjit gwee cap go), sebab itu disebut Zhong Yuan (Tiong Goan – Hokkian). Gelar lengkapnya adalah Zhong Yuan She Zui Di Guan Er Ping Qing Xu Da Di, yang artinya sebagai berikut: Qing Xu Da Di, gelar kehormatan, penguasa bumi tingkat menengah (Di Guan Er Ping), pada tanggal 15 bulan 7 imlek atau Zhong Yuan datang kedunia untuk mengampuni dosa-dosa manusia (she zui). Tanggal 15 bulan 7 imlek dianggap she-jietnya dari Di Guan.

  • 3. Shui Guan (Cui Koan – hokkian) adalah Dewa yang menguasai peredaran air, hujan, sumber di gunung, sungai, lautan dan mengatur angin yang membawa hujan, banjir dan segala sesuatu yang berhubungan dengan air. Shui Guan turun ke dunia untuk mengatur peredaran air dan membebaskan manusia dari berbagai musibah yang ada hubungannya dengan air pada tanggal 15 bulan 10 imlek atau Xia Yuan (Hee Gwan – hokkian). Beliau secara lengkap bergelar Xia Yuan E Shi Guan San Ping Dong Xu Da Di yang artinya adalah Dong Xu Da Di penguasa air tingkat bawah (Shui Guan San Ping), pada waktu Xia Yuan datang ke dunia menolong manusia menghindarkan bencana.

Di sini kita lihat bahwa sebutan untuk San Guan Da Di ini ada bermacam-macam, untuk itu mari kita telaah satu persatu……….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment