Artikel Dewa Ketentaraan

Download: Artikel Dewa Ketentaraan(PDF)

Artikel Dewa Ketentaraan

  • a). Yue Fei (Gak Hui – Hokkian), Ma Wang Ye (Be Ong Ya – hokkian) dan Ni Zhong Guan (Ni Cong Koan- hokkian) adalah para malaikat pelindung para prajurit.

    Yue Fei mendapat gelar Wu Mu Wang yang berarti Raja Muda Keramahan Prajurit dan juga disebu Zhong Wu Wang atau Raja Muda Peperangan yang setia. Seringkali juga sering dipanggil secara umum Yue Di (Gak Te- hokkian). Yue Fei adalah seorang jenderal yang sangat setia kepada negerinya. Ia hidup pada jaman dinasti Song (960-1279) dan meninggal kerena dibunuh oleh komplotan penghianat yang dipimpin oleh Qin Kuai (Cin Kwee-hokkian).

    Yue Fei lahir pada sebuah keluarga petani desa di Yonghe kebupaten Tang Yin, propinsi Henan, pada tahun 1130 tanggal 13 bulan 2 imlek. Ayahnya bernama Yue He. Pada saat bayi ini lahir di atas rumah kelihatan seekor burung besar berterbangan dan berteriak-teriak. Sebab itu Yue He menamakan puteranya “Fei” (Hui-hokkian) yang berarti “terbang”.

    Masa kecil Yue Fei dilukisan penuh dengan penderitaan. Belum genap sebulan umurnya sungai huang he meluap dan membanjiri desanya. Ibunya menggendong yue fei kecil dan duduk di dalam sebuah gentong besar bersama dengan ayahnya dan terapung-apung hingga akhirnya tiba di suatu tempat yang aman. Karena sawah ladang tempat menggantungkan hidupnya sehari-hari rusak binasa, kehidupan yue fei dan ayahnya sengsara sekali. Sejak yue fei mulai berjalan, ia sudah membantu ayahnya mencari kayu bakar dan mencabit rumput untuk di jual, sisanya untuk memasak nasi dan makan ternak. Tiap malam dibawah penerangan lampu minyak, yue he mengajar yue fei membaca dan menulis, serta menceritakan kisah-kisah kepahlawanan jaman dulu sebagai pengantar tidurnya. Cerita-cerita itu sangat berkesan di hati yue fei kecil.

…………….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment