Artikel Dewa Pelindung Masyarakat Nan An

Download: Artikel Dewa Pelindung Masyarakat Nan An(PDF)

Artikel Dewa Pelindung Masyarakat Nan An

guang ze zun wang guo fen yang gong

Guang Ze Zun Wang disebut juga Bao An Zun Wang. Secara umum Guang Zi Zun Wang disebut sebagai Guo Sheng Wang, karena berasal dari keluarga Guo (Kwee). Guo Sheng Wang berasal dari kota Quanzhou, kabupaten Nan An, propinsi Fujian. Ia hidup pada zaman Dinasti Song dan nama aslinya Guo Hong Fu.

Menurut cerita yang banyak beredar, Guo Hong Fu pada waktu kecil bekerja sebagai gembala pada seorang tuan tanah yang sangat kikir. Ia hidup bersama ibunya yang sudah tua. Berkat bimbingan sang Ibu ini, Hong Fu menjadi seorang anak yang rajin bekerja dan berbudi luhur. Pagi-pagi ia sudah bangun, dengan riang gembira pergi mengembala ternak yang dipercayakan kepdanya. Pada suatu hari sang hartawan mengundang seorang ahli Fengshui untuk memperbaiki kuburan leluhurnya. Selama tinggal dirumah hartawan ia berkenalan dengan Guo Hong Fu. Ia sangat tertarik pada pribadi anak gembala itu. Mereka menjadi sahabat baik meskipun usia mereka berbeda jauh. Karena kekikiran sang hartawan seringkali tukang fengshui ini hanya diberi makanan nasi dan lauk seadanya.

Hong Fu sangat iba pada ornag tua ini, maka ia rela menyisihkan jatah nasinya untuk sahabatnya itu. Si tukang fengshui sangat berterima kasih atas kebaikan Hong Fu. Untuk membalas budi anak ini, ia memberikan petunjuk agar memindahkan makam ayahnya ke suatu tempat yng menurut perhitungan feng shuinya bagus, agar kelak hidupnya bahagia. Ia mengikuti petunjuk sang ahli fengshui atas persetujuan ibunya. Guo Hong Fu menggali kuburan ayahnya, mencuci tulangnya sampai bersih membungkusnya dengan kain, dimasukkan ke dalam periuk tanah liat dan dikubur lagi disuatu tempat. “Mulai sekarang kau harus menggembalakan ternakmu di sekitar tempat ini, sampai ada seorang lelaki bertudung besi menuntun kerbau dengan seorang anak lelaki yang berjalan di bawah perut kerbau lewat disitu……….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment