Artikel Dewa Pelindung Imigran

Download: Artikel Dewa Pelindung Imigran(PDF)

Artikel Dewa Pelindung Imigran

a) Qing Shui Zu Shi (Jing Cui Co Su –Hokkian) adalah dewa pelindung para imigran yang berasal dari Quan-zhou (coan-ciu-hokkian). Selain itu terdapat juga berbagai sebutan kehormatan untuknya seperti Qing Shui Yan Zhu Shi, yang berarti leluhur dari cadas air jenih Xian Ying Zu Shi (leluhur yang selalu mengabulkan permohonan) San Dai Zu Shi (leluhur dari tiga keturunan), Luo Bi Zu Shi, (dewa yang hidungnya terlepas), He Mian Zu Shi Gong (Co Su Kong-hokkian).

Zu Shi Gong adalah seorang Rahib Buddha yang bernama Chen Zhao Ying (Tan Ciao Ing-hokkian). Ia bergelar Pu Zu (Po Ciok-Hokkian). Beliau dilahirkan pada jaman dinasti song pada masa pemerintahan Kaisar Ren Zhong tahun keempat, bulan 1 tanggal 16 imlek. Chen Zhao Ying berasal dari pegunungan Feng Cai Shan, kabupaten Qing Xi, propinsi Fu jian. Ia mahir dalam pengobatan dan mendatangkan hujan bagi penduduk disekitar Anxi dan Xiamen. Tak jarang ia membantu penduduk yang miskin dan menolong orang-orang membangun jembatan. Karena beliau sering bertapa disebuah gua yang bernama Qing Shui Yan (cadas air bersih) maka ia dapat sebutan Qing Shui Zu Shi yang berarti “Leluhur dari Cadas Air Bersih”.

Pada masa pemerintahan Kaisar Wei Zhong dari Dinasti Song tahun kesembilan atau tahun 1143 M, tanggal 6 bulan 6 imlek beliau menutup usia pada saat bersemedi…………Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment