Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Dewi Pengait Rezeki 29 November 2015 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan penyeberangan Dewi Pengait Rezeki 29 November 2015 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_29nov2015.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Minggu, 29 November 2015 jam 2 siang, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Dewi Pengait Rezeki. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh V.A Lian Pu, dan para Bhikkhu Lhama.

Seperti biasa, sebelum upacara dimulai umat yang hadir sedang sibuk menulis kayu homa dan formulir, ada juga yang membeli barang persembahan. Sekilas mengenai Dewi Pengait Rezeki yang ada di TBSN :

【 Pengenalan Singkat Pratima Manohara Vasudhara Mahadevi 】:
Tubuh Manohara Vasudhara berwarna merah, tampil dalam wujud gadis berusia enam belas tahun, mengenakan jubah surgawi dihiasi berbagai untaian mutu manikam, postur tubuhnya berisi ( kemakmuran ) , memancarkan cahaya terang, tangan kanan memegang Vajrankusa ( Kaitan Vajra ) dan tangan kiri menggendong seekor Nakula ( Tikus Harta ) , kaki kanan terjulur dan kaki kiri ditekuk dalam postur meditasi.

【 Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng Asal Muasal dan Siddhi Mahadevi Manohara Vasudhara 】 :

Manohara Devi adalah Bhagavati Vasudhara dalam Tantrayana, makna dari kata Bunda adalah wanita, merepresentasikan wanita, oleh karena itu disebut juga Devimatrka ( Dewi Ibu ) atau Devi.

Manohara Vasudara adalah yang menyertai Amitabha Buddha mengarungi milyaran Tanah Suci Buddha yang tak terhingga banyaknya , demi mendirikan Sukhavatiloka di Barat ; Sedangkan Manohara Vasudhara sendiri bermanifestasi dari sinar hati Amitabha Buddha yang berputar dan menjelma, kemudian dengan menggunakan Vajrankusa mengait intisari semua Buddhaloka, seperti emas, saptaratna, mutiara Deva Indra nan terang dan lain sebagainya, sehingga terciptalah Sukhavatiloka.

Oleh karena itu Sukhavatiloka menjadi Negeri Buddha yang paling makmur dan paling sempurna. Asalkan dapat beryukta dengan Manohara Vasudhara, berarti telah beryukta dengan Amitabha Buddha, dapat memperoleh Prajna Tathagata, disinilah letak keagungannya.

Manohara Vasudhara merupakan Devi Rejeki Agung dari Sukhavatiloka, juga merupakan pimpinan semua Jambhala, oleh karena itu asalkan sadhaka beryukta dengan Manohara Vasudhara, maka akan beryukta pula dengan…………… baca selengkapnya artikel ini di sini

Upacara dimulai sesuai dengan tata ritual Api homa. Untuk Visualisasi Dewi Pengait Rezeki : langit cerah tak berawan, cakra candra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra candra ada aksara [CHU Li] berwarna merah yang memancarkan cahaya merah. Bijaksara tersebut berputar dan muncul Dewi Vasudhara berwujud dewi dengan tubuh berwarna merah, tubuh Vasudhara mengenakan jubah surgawi dan dihiasi ratna permata.tampak berwibawa dan memancarkan cahaya. Tangan kanan Dewi Vasudhara membawa kait vajra, tangan kiri memegang tikus pusaka. Posisi duduk setengah bersila. Bervisualisasi kait vajra bergerak dan mudra sadhaka pun ikut bergerak Dari Kening Dewi Vasudhara memancarkan seberkas sinar putih, langsung menyinari kening kita; tenggorokan memancarkan seberkas sinar merah, langsung menyinari tenggorokan kita; cakra hati memancarkan seberkas sinar biru, langsung menyinari cakra hati kita. Ketiga sinar dari putih, merah, biru melebur di dalam jiwa dan raga kita.

Mantra Dewi Pengait Rezeki : 「嗡。嘛若哈日啊。哈日啊。嗡。引庫薩。引庫薩。些些些。吽吽吽。呸。梭哈」Om. ma re ha ri a. ha ri a. om. yin ku sa. yin ku sa. xie xie xie. hum hum hum. Pei. Suo ha.

Kemudian Vajra Acarya memutar Japamala memberkati dan dilanjutkan dengan memberkati sarana puja dan kayu homa serta melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan diberkati oleh Vajra Acarya, kemudian dimasukkan ke tungku homa. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala dan pemberkahan serta penyeberangan.

Selesai puja api homa, dilanjutkan dengan melafalkan Gatha Usai Samadhi :
往昔無量之善行。 証得財壽及威德 (Wang xi wu liang zhi shan xing。 Zheng de cai shou ji wei de。)母向行者施財寶。 增財佛母我敬禮。(Mu xiang xing zhe shi cai bao. Zeng cai fo mu wo jing li.)

Diteruskan dengan mantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Dewi Pengait Rezeki

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Dewi Pengait Rezeki beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-pengait-rezeki/

Untuk download Mudra Dewi Pengait Rezeki, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment