Pengamalan Nyata

Download: Pengamalan Nyata(PDF)

Pengamalan Nyata

Pengamalan disini adalah pengamalan ilmu batin, yaitu berlatih dengan sungguh-sungguh sadhana Tantra Satyabuddha. Dalam Tantra Satyabuddha, bila apa yang telah saya ungkapkan dalam “Prosedur lengkap sadhana dalam Tantrayana” sudah dilatih sampai mencapai yoga (kontak), masih ada tahap selanjutnya, Tantra dalam, Tantra rahasia. Tantra terdiri dari beberapa tingkatan. Abhiseka pertama adalah Dewatayoga (Pen Cun Fa). Abhiseka kedua adalah latihan batin. Abhiseka ketiga Anuttarayoga. Abhiseka keempat Mahaatiyoga (Dzogchen, mahasempurna). Keempat abhiseka ini penting sekali. Anda harus berlatih sesuai dengan cara berlatih dalam Tantrayana, yaitu dengan pengamalan ilmu batin.

Bagaimana dengan cara latihan Mahayana? Saya pun mengetahui cara latihan dalam Mahayana. Mereka menekuni Nian Fo (berzikir terhadap Buddha terutama Buddha Amitabha), satu ucapan nama Buddha berarti satu pikiran murni. Pada saat anda sedang Nian Fo, mengucapkan “Namo Amitabhabuddhaya, sepotong kalimat ini, pikiran anda membersitkan pikiran yang murni. Bagaimana dengan Retret tujuh hari Zen (Chan Chi)? Di dalam retret tujuh hari Zen ini anda memasuki kemurnian dengan pikiran “kosong”, suatu dhyana yang suci murni. Inilah cakupan dari pengamalan yang dipraktekkan dalam kalangan Mahayana.

Dalam Tantrayana kita, lakukan dulu apa yang telah saya beberkan yaitu Catur prayoga, Guruyoga, Dewatayoga. Ini masih berada dalam lingkup abhiseka pertama. Abhiseka kedua meliputi pernapasan botol (Bhadrakumbha), penembusan nadi tengah, pembukaan Pancacakra. Sampai di abhiseka ketiga, adalah Anuttarayoga, berlatih samadhi Sukha-Sunya. Terkahir abhiseka keempat adalah Mahaatiyoga, mahasempurna (Dzogchen), larut dalam kesunyataan. Inilah pengamalan nyatanya. Aliran kita adalah aliran yang mengutamakan pengamalan nyata, mengajari anda bagaimana berlatih. Di Mahayana sederhana sekali, satu ucapan nama Buddha adalah satu pikiran murni; atau duduk bermeditasi memasuki kekosongan, inilah yang dilakukan aliran Zen…….Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment