Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Vajrasattva 3 Juli 2016 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Vajrasattva 3 Juli 2016 :

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_3juli2016.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_3juli2016.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Minggu, 3 Juli 2016 jam 2 siang, VVBS menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Vajrasattva. Upacara Api Homa ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan.

Sekilas mengenai Vajrasattva yang ada di dalam majalah Dharma Talk edisi Agustus 2008 :
Vajrasattva adalah satu dari yidam terpenting dalam Tantrayana. Beliau adalah patriak kedua dalam tradisi Tantrayana. Banyak kitab suci menceritakan legenda Stupa Besi yang dibuka Nagarjuna dengan memberikan delapan biji bunga putih ke gerbangnya. Beliau masuk dan di sana beliau bertemu dengan Vajrasattva, darimana beliau menerima pewarisan Dharma.

Vajrasattva merupakan perwujudan dari kesucian Buddha dan melambangkan penyatuan dari kelima Panca Tathagata. Percaya pada-Nya dan melatih sadhana-Nya, kita semakin lama semakin membuka sifat ke-Buddha-an kita. Hal terpenting dalam Sadhana Tantra adalah visualisasi Sang Adinata. Sebelum kita melakukan ini, adalah sangat membantu bila kita mendapatkan gambaran mengenai Sang Adinata, demikian juga mengenai makna dari penampilan-Nya.

Visualisasi dimulai dengan sebuah teratai putih mekar di atas cakra sahasrara. Setiap aspek dari Dharma adakalanya merupakan perwujudan dari semuanya. Hal yang sama juga terjadi pada perwujudan Vajrasattva.Teratai putih melambangkan pembukaan sifat ke-Buddha-an kita, yang pada hakekatnya murni. Di atas teratai ini, sadhaka bervisualisasi cakra chandra yang bulat putih sempurna. Karenanya, sifat asli kita pada dasarnya murni dan terang, lengkap dan sempurna. Ini adalah suatu kualitas yang menakjubkan dalam melatih visualisasi, bagaikan seluruh Dharma, setiap aspeknya kaya akan makna.

Di dalam cakra chandra terdapat aksara Hum yang berubah menjadi Guru Mula, seorang yang merupakan perwujudan dari maitri dan prajna yang tidak habishabisnya dari para Buddha dari ketiga masa. Beliau muncul sebagai Vajrasattva. Vajrasattva berwarna putih, seputih salju yang baru turun, memancarkan cahaya dari ribuan mentari. Ini melambangkan kesucian dan kecemerlangan pikiran Buddha. Beliau mempunyai satu wajah dan dua tangan. Di tangan kanannya, beliau memegang vajra dorje lima sisi di depan dada. Ini adalah vajra kesadaran dan…………..sini

Hal Unik seputar Vajrasattva yang ada di Majalah Dharma Talk yaitu :

  • * Tubuh Vajrasattva adalah kosong, Transparan, tidak terdiri dari benda padat, bagaikan bayangan bulan di air. Transparan, tidak terdiri dari daging dan darah, tapi semurni pikiran. Bagaikan pelangi yang muncul di angkasa, atau kota ajaib di tengah – tengah awan. Tapi di berkati dengan prajna sejati. Vajrasattva identik dengan guru akar maîtri kita, dan pikiran-Nya memancarkan maha karuna kepada semua makhluk hidup.
    (Dharma Talk edisi Agustus 2008, hal 6).

  • * Sadhana Vajrasattva Satya Buddha adalah kunci rahasia untuk menghapus semua pelanggaran dan karma buruk sejak kelahiran lampau. Kunci dari Sadhana Vajrasattva Satya Buddha adalah visualisasi masuknya pancaran cahaya putih ke dalam diri kita dan keluarnya asap hitam. Hal terpenting adalah keberhasilan tak tertandingi dari pemanunggalan Vajrasattva dengan diri kita. (Dharma Talk edisi September 2008, hal 9).

  • * Sadhana Ksamayati Mantra Sataksara dari Vajrasattva adalah yang terbesar di antara semua sadhana pertobatan, seperti Pertobatan Papadesani, Pertobatan Kaisar Liang, Pertobatan Maha Karunia Dharani, dan Pertobatan Sutra Teratai. Semua sadhana perobatan ini adalah metode sebab akibat.
    (Dharma Talk edisi Oktober 2008, hal 26)

  • *……. selengkapnyadi sini

Untuk Upacara Api Homa dengan Yidam Vajrasattva ini jarang diadakan. Untuk itu kali ini umat yang hadir juga lebih banyak dari yang biasanya. Seperti biasa sda yang menulis kayu homa, ada juga yang membeli persembahan. Terlihat di altar mandala homa, Pratima Vajrasattva dan juga ada yang mempersembahkan Vajra Gantha dan Vajra Dorje dari bahan kertas.

Upacara dimulai pukul 14.00 WIB, Vajra Acarya dengan diiringi barisan muda – mudi memasuki ruang Bhaktisala. Kemudian Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu “Pendupaan”. Setelah selesai, Vajra Acarya dipersilahkan duduk. Banyak umat yang berjodoh bisa hadir dan berpartisipasi dalam Upacara ini, baik hadir secara langsung maupun berpartisipasi melalui formulir atau kayu homa.

Upacara dimulai dari Mantra Pembersihan hingga Mantra Padmakumara, pada upacara api homa Vajrasattva kali ini, ada pembacaan Gatha dan mantra Pengembangan Bodhicitta, Gatha dan mantra Ksamayati sebelum melafalkan mantra Hati Mula Guru seperti tata ritual Vajrasattva puja. Memasuki tahap inti yaitu Kemudian bersama – sama membentuk mudra Vajrasttva, Bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara HUM berwarna putih, memancarkan cahaya putih yang terang benderang. Bijaksara HUM yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi sesosok Vajrasattva yang berbadan putih, mengenakan mahkota panca dhayana dan bersila di atas padmasana berkelopak delapan, tangan kanan memegang vajra di bagian ulu hati, dan tangan kiri memegang gantha di atas paha kiri. Di sekeliling ulu hati terdapat mantra sataksara mengelilingi, cakra mantra ini berputar dan memancarkan cahaya putih. Kemudian cahaya putih tadi melesat ke langit dan membusur memasuki cakra puncak sadhaka. Sekujur tubuh sadhaka bercahaya putih, segala karma buruk dan pikiran jahat berubah menjadi hawa hitam dan menguap melalui pori-pori sekujur badan, sehingga tubuh sadhaka menjadi bersih dan bening serta memperoleh maha sukha samadhi. Kemudian melafalkan Mantra Sataksara sebanyak 21 x. Mantra Sataksara ini juga mengiringi Vajra Acarya Lian Yuan untuk melakukan puja api homa.

Setelah melafalkan mantra, mempersilahkan Vajra Acarya memutar Japamala untuk memberkati, kemudian memberkati sarana puja dan kayu homa, dan melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan dimasukkan ke dalam tungku. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala pemberkahan dan penyeberangan. Shixiong shijie dengan khyusuknya berdoa. Vajra Acarya pernah mengatakan bahwa saat Vajra Acarya sedang melakukan puja api homa, hendaknya shixiong shijie dengan tulus melafalkan mantra, bervisualisasi dan berdoa kepada Yidam. Dalam Puja Api Homa kita bisa bervisualisasi ditengah tungku, api yang berpijar membakar diri sendiri, sehingga semua karma buruk terbakar menjadi hawa hitam, keluar melalui pori – pori, diri sendiri menjadi bersih. Karma buruk pun lenyap. Visualisasi Adinata masuk ke cakra hati sadhaka, Sadhaka dan Adinata menjadi satu dan masuk ke dalam tungku homa sehingga tubuh Sadhaka menjadi bersih. Sadhaka, yidam dan api menjadi satu kesatuan.

Setelah selesai puja api homa, sebelum kembali ke Dharmasana, Vajra Acarya memberkati altar Yan Sheng Wei dan altar Wang Shen Wei yang digelar untuk upacara ini.

Upacara dilanjutkan dengan melafalkan Gatha Usai Samadhi : 蓮生活佛教授大密法。金剛薩埵變化金剛心。二者融合真是大相應。罪障消除真正得清淨。(Buddha Hidup Lian Sheng mengajarkan Sadhana Maha Tantra. Vajrasattva berubah menjadi Vajracitta. Keduanya manunggal sungguh adalah Maha Yoga. Setelah karma buruk sirna maka kesucian sejati pun teraih).

dilanjutkan mantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan.

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata ritual sadhana Vajrasattva silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-vajrasattva/

Untuk download Mantra Sataksara beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-sataksara/

Untuk download Mantra Pendek Vajrasattva beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-pendek-vajrasattva/

Untuk download Mudra Vajrasattva, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment