Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha 31 Agustus 2016 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbh 31 Agustus 2016 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_31agustus2016.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Menutup bulan 7 imlek sekaligus memperingati Hari Suci Ksitigarbha Bodhisattva, Rabu 31 Agustus 2016 jam 7 malam, VVBS menyelenggarakan upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha Bodhisattva. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Pu dan di dampingi oleh Para Bhikkhu LHama

Sekilas mengenai Ksitigarbha Bodhisattva yang ada di TBSN : 【 Pengenalan Singkat Pratima Ksitigarbha Bodhisattva 】Ksitigarbharaja Bodhisattva ( Dizangwang Pusa ) mengenakan Mahkota Pancadhyani dan jubah kasaya, sekujur tubuh berwarna putih, kedua tangan menopang Mutiara Prabha, duduk di atas padmasana.

【 Dharmaraja Liansheng Membabarkan Asal Muasal dan Kiat Sadhana Ksitigarbha Bodhisattva 】Ksitigarbharaja Bodhisattva merupakan salah satu Yidam dari Dharmaraja Liansheng, nama mandarinnya adalah Dizangwang Pusa, gelar tantranya adalah “Karuna Pranidhana Vajra” disebut juga Vajra Memenuhi Harapan.

Ksitigarbha Bodhisattva merupakan salah satu dari Catur Mahabodhisattva, yaitu : Avalokitesvara, Manjusri dan Samantabhadra, Beliau semua sangat dijunjung tinggi oleh semua umat di dunia. Dikarenakan ikrar Nya sangat mendalam dan luas, maka Beliau disebut : Bodhisattva Ksitigarbha Dengan Ikrar Agung ( Mahapranidhana )

Dalam Ksitigarbha Dasacakra Sutra ada tertulis :
Ksitigarbha Bodhisattva mampu hadir dalam tubuh Buddha, Bodhisattva, Sravaka, Raja Brahma, Mahesvara, Yamaraja dan lain sebagainya, Beliau juga hadir di mana-mana menanggapi semua yang berdevosi kepada Nya. Dalam Garbhadhatu Mandala Beliau berada di Ksitigarbhasala, sedangkan dalam Vajradhatu Mandala, Beliau adalah Vajraketu Bodhisattva.

Wujud Ksitigarbha Bodhisattva sangat banyak, secara umum adalah kepala mengenakan Mahkota Pancadhyani, tangan menopang Mutiara Prabha, tubuh mengenakan kasaya, duduk diatas padmasana, juga banyak yang berupa tangan memegang kakhara.

Di pinggir jalanan di Jepang, ada rupang Ksitigarbha Bodhisattva yang berwujud bhiksu, berdiri, juga ada di hutan dan pedalaman, Bodhisattva ini sangat populer di Jepang. Nama-Nama Agung seperti : Ksitigarbha Bodhisattva ( Dizang Pusa ) , Dharanimdara Bodhisattva ( Chidi Pusa ) , Ruciraketu Bodhisattva ( Miao Chuang Pusa ), Anantacitta Bodhisattva ( Wubian Xin Pusa ) , semuanya adalah gelar-gelar dari Ksitigarbharaja Bodhisattva…………………baca selengkapnya di sini

Upacara dimulai pukul 19.30 malam. Barisan rombongan penjemputan Vajra Acarya telah berjalan diiringi Mantra Mahaguru untuk menjemput rombongan Acarya tersebut menuju Bhaktisala. Sesampai di ruang Bhaktisala, mempersilahkan Vajra Acarya Lian Pu untuk mempersembahkan dupa diiringi lagu pendupaan. Kemudian mempersilahkan Acarya pemimpin upacara dan para bhikkhu lhama serta umat untuk duduk.

Upacara diawali dengan Vajra Acarya melakukan Sima Bhandana, dilanjutkan membaca naskah doa, Vajra Acarya memberkati Naskah Doa & Formulir Pendaftaran, Menyanyikan Lagu – Lagu Pemujaan (Lu xiang zan & Qing jing zan), Mantra Pembersihan hingga Mantra Padmakumara untuk memohon adhistana Silsilah.

Setelah itu memasuki tahap inti yaitu membentuk mudra Ksitigarbha Bodhisattva dan bervisualisasi : Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera dan di tengahnya terdapat bijaksara HA berwarna kuning, memancarkan cahaya putih yang terang benderang. Bijaksara HA yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi sesosok Ksitigarbha Bodhisattva yang mengenakan mahkota Panca Buddha, berpakaian Kasaya, berbadan putih, kedua tangan-Nya menopang mutiara (ranta-mani), duduk di padmasana. Kemudian bervisualisasi ratna-mani bercahaya, membusur mengabhiseka sadhaka dari ubun-ubun, sekujur tubuh sadhaka menjadi bersih dan suci. Mantra Ksitigarbha : 嗡。哈哈哈。微三摩耶。梭哈。Om.ha ha ha. wei san mo ye. suo ha.

Kemudian Vajra Acarya memutar Japamala memberkati, memberkati sarana puja dan kayu homa, dan melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, tungku pun dinyalakan. Satu per satu persembahan diberkati oleh Vajra Acarya, kemudian di giring menuju tungku homa diiringi mantra Ksitigarbha. Selesai mempersembahkan, Vajra Acarya memperagakan mudra tolak bala,pemberkahan dan penyeberangan. Persembahan spesial kali ini adalah Mahkota Pancadhyani Ksitigarbha.

Selesai puja api homa, dilanjutkan dengan mantra 8 yidam, puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, Namaksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna. Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Ksitigarbha

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata Ritual Ksitigarbha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-ksitigarbha-bodhisattva/

Untuk download Sutra Ksitigarbha Meredam Bencana dan Memperpanjang Usia beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-meredam-bencana-dan-memperpanjang-usia/

Untuk download Sutra Ksitigarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
* Bab Awal : https://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-bab-awal/
* Bab Tengah : https://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-bab-tengah/
* Bab Akhir : https://www.shenlun.org/sutra/sutra-ksitigarbha-bab-akhir/

Untuk download Sutra Penerang Mata beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/sutra/sutra-penerang-mata/

Untuk download Mantra Ksitigarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/mantra/mantra-ksitigarbha/

Untuk download Mudra Ksitigarbha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk Multimedia Interaktif Info Ksitigarbha, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/gallery/multimedia/

Untuk download penyalinan sutra Ksitigarbha, Sutra Ksitigarbha Meredam Bencana dan Memperpanjang Usia, Sutra Penerang Mata, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Informasi menarik lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment