Mengundang Dharmapala dan Dakini

Majalah dharma talk edisi Februari 2011 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : https://www.shenlun.org/dharma-talk/2011/februari/
Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Mengundang Dharmapala dan Dakini dari Majalah dharma talk edisi Februari 2011

Banyak siswa menulis surat bertanya kepada Mahaguru, ketika ada masalah yang mendesak bagaimana kita harus memohon bantuan? Mau mengundang kehadiran Buddha Bodhisattva serta Dharmapala di altar mandala, bagaimana kita tahu kehadiran Buddha Bodhisattva serta Dharmapala tersebut? Masalah ini sangatlah banyak menjadi pertanyaan para siswa. Apakah ada suatu cara yang khusus dalam mengundang kehadiran Dharmapala dan Dakini.

Sebagian besar ketika memohon kehadiran yaitu kita beranjali. Lalu memohon kehadiran Buddha Bodhisattva di altar mandala, tetapi perlu diperhatikan di setiap altar mandala pasti ada yidam utamanya. Maka itu kita cukup beranjali dengan tulus lalu membaca mantra pengundang dan dengan demikian akan memberikan suatu kontak yoga.

Cara yang khusus yaitu menyalakan dupa di pendupaan horizontal, dimana dupa dinyalakan dikedua sisinya. pada umumnya kita menyalakan dupa hanya satu sisi saja yaitu arah kiri ke arah kanan. Ketika kita dalam keadaan darurat maka kita boleh menyalakan dupa di ke dua sisinya. Dupa ini disebut dupa darurat, dengan demikian para Buddha Bodhisattva dan Dharmapala pasti hadir.

Selain itu ada cara lain dalam ajaran Tantrayana yaitu menggunakan mudra kait. Pada waktu membentuk mudra kait ini harus disertai visualisasi. caranya yaitu kita memvisualisasikan para Buddha-Bodhisattva. Serta Dharmapala menaiki awan atau teratai muncul di angkasa lalu kita membentuk mudra kait untuk mengait awan / teratai yang diduduki oleh Buddha Bodhisattva Dharmapala tadi dan kita visualisasikan hadir di altar mandala dan ini adalah salah satu keistimewaan dalam Tantrayana.

Di Tantra Tibet, di katakan bahwa dalam tubuh setiap orang pada bagian paha kanan bersemayam 300 Daka , pada paha kiri bersemayam 300 Dakini. untuk mengundang kehadiran, kita memukul bagian paha kita dan membaca mantra. memukul paha kanan baca mantra Zha (雜) lalu paha kiri baca mantra Hum (吘) lalu paha kanan lagi baca mantra pan (班) terakhir paha kiri baca mantra Huo (霍) lalu membentuk mudra kait, dengan begini para Dharmapala dan dakini akan hadir. ini adalah ajaran dari tantra tibet, jadi tidak perlu menyalahkan dupa dua arah. Ketika ada masalah darurat kita cukup beranjali dan melakukan seperti yang dijelaskan diatas. Para Dharmapala dan dakini pasti akan hadir.

Om Mani Padme Hum.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

Leave a comment

Your comment