Mengundang Dharmapala dan Dakini

Majalah dharma talk edisi Februari 2011 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2011/februari/
Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Mengundang Dharmapala dan Dakini dari Majalah dharma talk edisi Februari 2011

Banyak siswa menulis surat bertanya kepada Mahaguru, ketika ada masalah yang mendesak bagaimana kita harus memohon bantuan? Mau mengundang kehadiran Buddha Bodhisattva serta Dharmapala di altar mandala, bagaimana kita tahu kehadiran Buddha Bodhisattva serta Dharmapala tersebut? Masalah ini sangatlah banyak menjadi pertanyaan para siswa. Apakah ada suatu cara yang khusus dalam mengundang kehadiran Dharmapala dan Dakini.

Sebagian besar ketika memohon kehadiran yaitu kita beranjali. Lalu memohon kehadiran Buddha Bodhisattva di altar mandala, tetapi perlu diperhatikan di setiap altar mandala pasti ada yidam utamanya. Maka itu kita cukup beranjali dengan tulus lalu membaca mantra pengundang dan dengan demikian akan memberikan suatu kontak yoga.

Cara yang khusus yaitu menyalakan dupa di pendupaan horizontal, dimana dupa dinyalakan dikedua sisinya. pada umumnya kita menyalakan dupa hanya satu sisi saja yaitu arah kiri ke arah kanan. Ketika kita dalam keadaan darurat maka kita boleh menyalakan dupa di ke dua sisinya. Dupa ini disebut dupa darurat, dengan demikian para Buddha Bodhisattva dan Dharmapala pasti hadir.

Selain itu ada cara lain dalam ajaran Tantrayana yaitu menggunakan mudra kait. Pada waktu membentuk mudra kait ini harus disertai visualisasi. caranya yaitu kita memvisualisasikan para Buddha-Bodhisattva. Serta Dharmapala menaiki awan atau teratai muncul di angkasa lalu kita membentuk mudra kait untuk mengait awan / teratai yang diduduki oleh Buddha Bodhisattva Dharmapala tadi dan kita visualisasikan hadir di altar mandala dan ini adalah salah satu keistimewaan dalam Tantrayana.

Di Tantra Tibet, di katakan bahwa dalam tubuh setiap orang pada bagian paha kanan bersemayam 300 Daka , pada paha kiri bersemayam 300 Dakini. untuk mengundang kehadiran, kita memukul bagian paha kita dan membaca mantra. memukul paha kanan baca mantra Zha (雜) lalu paha kiri baca mantra Hum (吘) lalu paha kanan lagi baca mantra pan (班) terakhir paha kiri baca mantra Huo (霍) lalu membentuk mudra kait, dengan begini para Dharmapala dan dakini akan hadir. ini adalah ajaran dari tantra tibet, jadi tidak perlu menyalahkan dupa dua arah. Ketika ada masalah darurat kita cukup beranjali dan melakukan seperti yang dijelaskan diatas. Para Dharmapala dan dakini pasti akan hadir.

Om Mani Padme Hum.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

  • * Kemurnian dan Ketenangan Sesungguhnya
  • * Dalam edisi Februari 2011 ini ada membahas mengenai Dekrit Raja Yama, Raja Yama berkata, “Saya berharap setelah selesai dari meditasi ini, anda akan menyebarluaskan dekrit ini dan memberi tahu setiap orang. Dekrit ini berisi resep untuk melindungi kesehatan dan menstabilkan kehidupan. Hal ini tercemin dari prinsip-prinsip untuk memperoleh pemberkatan dan meningkatkan kebajikan, serta menghindari kenikmatan jasmaniah dan bencana. Pada akhirnya, tidak saja seseorang dilarang melakukan penyelewengan, tetapi hubungan haram antara sepasang manusia juga tidak boleh diabaikan. Pasangan harus memperhatikan sila larangan, untuk menghormati langit, bumi dan manusia!”
  • * Alam yang hening : seorang gadis yang tersesat.
  • * Pikiran “berjodoh dengan semua insan” bagian ke-2
  • * Dalam majalah Februari 2011 ada artikel mengenai “Tathagata Usnisha Vijaya”; bila kita membaca Tathagata Usnisha Vijaya, pahala membaca dharani ini dapat menolong para makhluk di berbagai alam samsara. Supaya dapat memperoleh kelahiran kembali, membebaskan penderitaan insan yang seret rezeki, mereka yang terkontaminasi perbuatan jahat, mereka tidak mengenal kebajikan dan kejahatan.
  • * Mahaguru berkata, “Yang bisa ditolong ya bisa ditolong, yang tidak bisa tertolong ya tidak bisa, segalanya adalah jodoh dan karma.” Sajak: Yang menfi tnah biarkan saja ia menfi tnah. Yang menyalahkan biarkan saja ia menyalahkan. Benar dan salah tidak sampai di telinga. Dilempar ke luar gunung terang.
  • * Penjelasan Sutra Zhen Fo Jing bagian III
  • * Mengundang kehadiran Dharmapala dan Dakini
  • * Kita tidak boleh meremehkan Bhikku yang melanggar sila. Buddha pernah mengatakan : “Bila orang telah menerima sila Buddha, berarti telah memasuki kedudukan Para Buddha. Asalkan orang awam menerima sila Buddha, maka bagaikan telah mengenakan mutiara sila rembulan yang terang, simbol perhiasan yang paling berharga, bagaikan Triratna, harus dihormati.”
  • * Kepunahan Suku Sakya
  • * Dalam edisi Februari 2011, Majalah DharmaTalk memberi edisi spesial untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Majalah DharmaTalk memberikan “Artikel Pilihan Spesial”, dimana artikel edisi ini merupakan kumpulan dari edisi DharmaTalk dari yang pertama kali terbit hingga yang paling baru. Pilihan Spesial ini kami pilih berdasarkan tanggapan (respon) dan like dari teman – teman sedharma.


  • Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
    =====================================================================================================================

    Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

    Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

    Majalah Dharma talk juga menerima :

    • Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
    • Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

    Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

    • Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
    • Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
    • Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
    • Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

    Redaksi Majalah Dharma Talk
    Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
    Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
    Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
    Email: contactus@shenlun.org
    Website: http://www.shenlun.org
    Blog : http://blog.shenlun.org
    Facebook: www.facebook.com/VVBS.Palembang
    Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment