Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Vaisravana Jambalaraja 24 Juni 2018 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Vaisravana Jambalaraja :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Ini Pertama kalinya Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Vaisravana Jambalaraja atau yang dikenal dengan Cai Bao Tian Wang (財寶天王)

Sekilas mengenai Vaisravana Jambalaraja di TBSN : 【Mengenal Pratima Vaisravana Raja Jambhala】

Tubuh Vaisravana Raja Jambhala berwarna kuning keemasan, berkepala satu dan berlengan dua, kepala mengenakan mahkota permata, tangan kanan memegang ratnachatra ( payung pusaka ), tangan kiri memegang nakula ( tikus harta / cerpelai harta ), duduk dalam postur lalitasana di atas seekor singa putih, tubuh mengenakan untaian ratna mutu manikam, di atas pundak kanan adalah matahari dan di atas pundak kiri adalah bulan, Beliau adalah penguasa gudang harta di surga.

【 Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 】

Raja Jambhala adalah Vaisaravana Deva yang paling makmur di seantero Dharmadhatu. Nama lain dari Vaisravana adalah Raja Jambhala. Jambhala Kuning juga adalah Raja Jambhala.

Dalam sutra tertulis : Vaisravana Raja Jambhala merupakan salah satu dari Caturmaharajakayika, Ia adalah menteri luar dari Sakradevanam Indra, karena sanggup melindungi dunia, maka disebut sebagai Lokapala. Vaisravana berarti banyak mendengar. Raja Jambhala memimpin semua yaksha, merupakan Devata Pelindung arah Utara dari Jambudvipa, bersemayam di Istana Kristal di sebelah Utara dari Gunung Sumeru. Menurut sutra, ketika Shakyamuni Buddha berada di dunia, Sang Devaraja pernah berikrar di hadapan Sang Buddha, bertekad melindungi dan mendukung Buddhadharma, menganugerahkan kemakmuran dan sumber daya kepada para insan, supaya para insan mencapai keberhasilan dalam lokiyadharma ( Dharma duniawi ). Keharuman nama-Nya tersebar di empat penjuru, bersemayam di sebelah Utara Gunung Sumeru, menguasai para yaksha. Dalam Tantra Tibet dikatakan bahwa Raja Jambhala atau Namtose merupakan emanasi dari Ratnasambhava Buddha, yang merupakan Buddha sebelah Selatan di antara Pancadhyani Buddha. Raja Jambhala dikelilingi oleh Delapan Dewa Rezeki Berkuda yang masing-masing menguasai gudang surga di delapan penjuru, membantu Raja Jambhala………….. baca selengkapnya di sini

Tanggal 24 Juni 2018 jam 2 siang Upacara api homa dimulai, barisan muda mudi VVBS mengiringi rombongan Vajra Acarya tiba di Bhaktisala. Vajra Acarya mempersembahkan dupa yang diiringi lagu pendupaan. Dilanjutkan dengan mempersilahkan Vajra Acarya untuk menempati kursi dharma, Bhikkhu Lhama, ketua dan pengurus serta umat juga dipersilahkan duduk. Bhikkhu Lhama membacakan naskah doa, setelah itu Vajra Acarya memberkati naskah doa bersama dengan Formulir pemberkatan dan penyeberangan. Upacara berjalan sesuai dengan tata ritual dari mantra pembersihan hingga mantra Padmakumara.

Memasuki Visualisasi Vaisravana Jambalaraja. Visualisasinya sama seperti visualisasi Jambala Kuning, hanya beda di Mudra dan Wujudnya. Untuk Aksara, kemudian visualisasinya jempolnya bengkak, mengundang Panca BUddha untuk memberkati dan lain – lain itu sama semua dengan Visualisasi Jambala Kuning.

Kemudian melafalkan Mantra Vaisaravana Jambalaraja 嗡。呸。夏瓦。那耶。梭哈。Om. Pei. xia wa. na ye. suo ha.

Setelah itu puja api homa dimulai dengan diawali V.A Lian Yuan melakukan pemutaran Japamala, kemudian memberkati sarana puja dan kayu homa, dilanjutkan dengan melakukan simabandhana pada tungku homa, dan penyalaan api pada tungku homa.

Semua bahan persembahan satu persatu dimasukkan ke dalam tungku, begitu juga ratusan kayu homa yang telah diisi oleh umat dimasukkan ke dalam tungku setelah Vajra Acarya memberikan madu. Setelah semua persembahan dimasukkan, Vajra Acarya memperagakan mudra pemberkahan, tolak bala dan penyeberangan. Salah satu persembahan homa yiatu mahkota raja, alat dharma yang di pegang oleh Beliau.

Setelah selesai puja api homa, Vajra Acarya memberkati altar Dirgahayu dan altar Penyeberangan.

Setelah itu melafalkan mantra 8 yidam dan puja amitabha buddha, mantra peredam bencana, mantra Mahabala, mantra Mahadewi Yaochi Bermuka Hitam, dan mantra Marici. Dilanjutkan dengan penyaluran jasa, mantra Sataksara, Bernamaskara dan Mantra paripurna.

selesai upacara, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberkan abhiseka pemberkahan Vaisravana Jambalaraja.

Upacara Api Homa Pemberkahan serta Penyeberangan Vaisravana Jambalaraja telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya kegiatan ini. Terima kasih juga kepada para donatur sehingga kegiatan ini bisa berlangsung dengan sukses. Semoga anda semua selalu mendapat pemberkahan dari Mahaguru dan Vaisravana Jambalaraja serta para Buddha Bodhisattva lainnya.

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment