Liputan Pertobatan 3000 Buddha 18 – 25 April 2010

Hello temen temen sedharma,

Amitofo _/\_

Berikut ini dokumentasi dan liputan Pertobatan 3000 Buddha 18 – 25 April 2010

Om Mani Padme Hum!

Tanggal 18 – 25 April Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Pertobatan 3000 Buddha dan Ulka Mukhayoga Ksitigarbha Bodhisattva di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Upacara ini berlangsung selama 8 hari, dipimpin oleh V.A Lian Yuan, didampingi oleh Para Bhikkhu Bhikkhuni Lhama yaitu Lian Yu fa shi (Taiwan), Lian Yi fa shi (Taiwan), Lian Pu fa shi (Palembang), Lian Xia fa shi (Jambi), Lian Tai fa shi (Lubuk Linggau), Lian Re fa shi (Jakarta), Lian Shou fa shi (Surabaya), Pandita Dharmaduta (jiang shi) Qing Sheng, dan para pandita lokapalasraya (Zhu Jiao) dari berbagai kota.

Upacara ini dihadiri oleh 350 orang lebih umat, antara lain umat dari Palembang, Prabumulih, Lubuk Linggau, Bengkulu, Jakarta, Malang, Cirebon, Pontianak, Singkawang, Pemangkat, dll.

Untuk pertama kalinya kota Palembang menyelenggarakan upacara pertobatan 3000 Buddha ini. Hal ini sungguh luar biasa. Pertobatan yang serupa paling sering diselenggarakan adalah pertobatan Kaisar Liang (Liang Huang Bao Chan). Beda pertobatan 3000 Buddha dan pertobatan Kaisar Liang adalah: Pada pertobatan 3000 Buddha sutra yang dibaca kurang lebih 3 sampai 4 lembar dan hanya terletak di awal pada Bab awal, bab pertengahan dan bab akhir saja. Sisanya adalah menyebut Nama Buddha. Disebut pertobatan 3000 Buddha karena jumlah nama Buddha yang disebut dalam kitab ini adalah sebanyak 3000 Buddha. Sedangkan pertobatan Kaisar Liang, sutra yang dibaca setiap bab itu lumayan banyak sedangkan menyebut nama Buddha itu tidak terlalu banyak.

Pada umumnya kita sering mendengar nama Buddha yaitu Amitabha Buddha, Sakyamuni Buddha, Bhaisajraguru Buddha, Vairocana Buddha, dll. Tapi dalam kitab ini banyak sekali nama – nama Buddha yang belum pernah kita dengar. Karena nama – nama Buddha yang disebutkan adalah pada Bab awal kita mengagungkan nama Buddha pada masa lampau seperti : Namo Cheng Jiu Fo, Namo Zui Shang Wei Fo, Namo Shi Zi Yin Fo, Namo Bao Zhong Fo, Namo Lian Hua Guang Fo, Namo Dian Deng Guang Fo, Namo Yin Shi Fo, Namo Shang Guang Fo, Namo Xiang Gan Fo, Namo Guang Ri Fo, Namo San Shi Hua Guang Fo, dll. Pada bab pertengahan kita mengagungkan nama Buddha pada masa sekarang seperti : Namo Shi Jia Mou Ni Fo, Namo Ji Na Han Mou Ni Fo, Namo Ming Yan Fo, Namo Jin Gang Fo, Namo Da ming Fo, Namo Zhen Xing Fo, Namo Shang An Fo, Namo Zhi Wang Fo, Namo Sheng Tian Fo, Namo Di Wang Fo, Namo Wei De fo, Namo Wei Yi Fo, dll. Dan pada bab akhir kita mengagungkan nama Buddha pada masa depan seperti : Namo Ri Guang Fo, Namo Long Wei Fo, Namo Zuo Ji Xiang Fo, Namo Shi Zi Hui Fo, Namo Fu De Guang Ming Fo, Namo Wu Shang Guang Fo, Namo Chu Xian Fo, Namo Da Jiang Fo, Namo Pu Bei Fo, Namo Jiang Xian Fo, dll. Banyak sekali nama – nama para Buddha yang tertera di kitab suci Pertobatan 3000 Buddha ini.

Kedua pertobatan ini sama saja, dilaksanakan agar umat manusia dapat menyadari akan karma buruk yang telah dilakukan dan berjanji untuk tidak melakukannya kembali. Sama dengan mengikis karma buruk.
Selama 7 hari Pertobatan dilaksanakan pada waktu malam hari. Setiap hari ruangan Bhaktisala itu penuh bahkan sampai keluar ruangan Bhaktisala umat yang hadir untuk mengikuti upacara pertobatan ini. hal ini sungguh sangat luar biasa.

Selama 7 hari setiap pagi, Acarya Lian Yuan mengadakan puja bakti homa yang diikuti oleh umat – umat dari luar kota. Setiap siang bersama dengan para bhikkhu bhikkhuni Lhama mengadakan persembahan siang (Wu Gong). Setiap sore bersama dengan para bhikkhu bhikkhuni Lhama mengadakan persembahan sore (Wan Ke) dan dilanjutkan dengan pembabaran dharma dan tanya jawab kepada acarya Lian Yuan seputar dharma Zhen Fo Zong.

Tanggal 25 April 2010 pukul 1 siang, upacara Penyeberangan Ulka Mukhayoga Ksitigarbha sebagai penutup dari upacara pertobatan 3000 Buddha ini. Malam hari pukul 7 malam, diadakan makan malam bersama (Gan En Yan) sebagai ucapan terima kasih dari Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya kepada seluruh umat, baik umat dari dalam kota maupun luar kota.

Tanggal 26 April 2010 sebagai ucapan terima kasih kepada seluruh umat dari Luar kota, Vihara mengadakan 1 hari city tour kota Palembang.

Berkat pancaran cahaya adhistana dari Maha Guru Lian Sheng, upacara pertobatan 3000 buddha dan ulka mukhayoga ksitigarbha selesai dengan sukses dan sempurna.

Terima kasih kepada seluruh umat yang hadir berpartisipasi dalam upacara ini, semoga Maha Guru selalu memberkati kita semua.

Om Mani Padme Hum!

Leave a comment

Your comment