Liputan Pameran Buku Karya Master Sheng – Yen Lu 7 – 9 Mei 2010

Hello temen temen sedharma,

Amitofo _/\_

Berikut ini dokumentasi dan liputan pameran buku karya Master Sheng-Yen Lu 7-9 Mei 2010 di Atrium Palembang Square.

Om Mani Padme Hum!

Tanggal 7 – 9 Mei 2010 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan pameran buku dan lukisan karya Maha Guru Lian Sheng di Palembang Square. Buku karya Maha Guru yang terbaru pada pameran buku ini berjudul “Menyingkap Tabir Misteri Alam”. Acara ini berlangsung selama 3 hari dan dihadiri oleh beberapa Vajra Acarya yaitu dari Palembang – Indonesia Acarya Lianyuan, dari Jakarta Acarya Lianfei, dari medan Acarya Lianzu, dari Taiwan Acarya Lianhua Huijun, yang paling istimewa adalah Ketua Sekretariat TBF dari Seattle yaitu Acarya Lianning juga secara khusus datang dari jauh untuk hadir dalam pameran tersebut.

Selama 3 hari pameran buku ini terdapat berbagai acara antara lain : talk show, berbagai perlombaan, konsultasi, dll. Adapun Perlombaan yang dilaksanakan antara lain : lomba merwarnai, menggambar, modern dance, mama mia fashion show, karaoke mandarin, dan yang paling special adalah lomba menceritakan kembali salah satu judul buku karya dari Maha Guru. Sebagian besar peserta yang mengikuti perlombaan tersebut berasal dari aliran lain juga. Semua acara ini diliput oleh berbagai stasiun tv (Pal TV dan Sriwijaya TV) dan media cetak (Sumatera Express, Sriwijaya Express, Radar, dan Berita Pagi).

Tanggal 7 Mei 2010 dari pukul 16.00 sore, Acara dimulai. Diawali dengan pembukaan dari MC yaitu Pandita Hendrik (Medan) dan tarian pita (Gymnastic Artistic Ritmik). Kemudian pembukaan pameran buku yang dilakukan secara simbolis yaitu Acarya Lianning dengan menganugerahi buku terbaru karya Maha Guru Lian Sheng berjudul “Menyingkap Tabir Misteri Alam” kepada Acarya Lianyuan sebagai tanda bahwa pameran dibuka dan buku karya Maha Guru Lian Sheng juga tersebar di kota Palembang. Sebagian besar pengunjung mall memenuhi atrium Palembang Square untuk melihat acara yang diselenggarakan.

Setelah pembukaan selesai, acara lomba modern dance dimulai. Peserta lomba yang mendaftar antara lain dari group Elite Dancer, x – generation Dancer, 3 D Dancer, Energetic Dancer, Four Days Dancer, dll. Seluruh peserta masing – masing mempertunjukkan kebolehan mereka di depan juri. Mereka menarikan tarian mereka dengan sangat energik sekali. Membuat seluruh pengunjung atrium mall menjadi terpaku dan kagum. Selama perlombaan berlangsung, MC memberikan berbagai kuis kepada pengunjung yang berada di atrium sebagai selingan. Hadiah kuis tersebut berupa buku karya Maha Guru Lian Sheng dan beberapa aksesoris sponsor dari light lotus gallery buddism Palembang. Pukul 21.00 wib Perlombaan modern dance selesai dan diakhiri dengan penampilan tarian pita (Gymnastic Artistic Ritmik) serta pengumuman para finalis yang masuk ke babak final.

Tanggal 8 Mei 2010 pukul 10.00 WIB Pameran buku telah dibuka. Peserta lomba karaoke mandarin dan cerita ulang buku karya Maha Guru Lian Sheng, sibuk mendaftar ulang ke bagian registrasi karena pada hari ini perlombaan karaoke mandarin dan cerita ulang diselenggarakan. Pukul 13.00 WIB perlombaan karaoke mandarin dimulai. Seluruh peserta lomba karaoke mandarin kategori anak – anak mempertunjukkan suara mereka yang sangat bagus sekali. Membuat seluruh penonton yang berada di sekitar atrium Palembang Square menjadi terpaku. Walaupun umur masih kecil (Ket : salah satu peserta ada yang masih umur 4 tahun. Red), tapi mereka menyanyikan lagu mandarin dengan sangat bagus sekali. Semua orang menjadi terkagum – kagum.

Setelah peserta anak – anak tampil, giliran para remaja yang menunjukkan suara mereka yang merdu kepada semua juri dan pengunjung. Pertunjukkan mereka tidak kalah bagus dengan anak – anak. Membuat para juri dan penonton menjadi kagum. Selesai perlombaan karaoke, dilanjutkan dengan talk show dengan thema bedah buku yang berjudul “Menyingkap Tabir Misteri Alam” dan nara sumber dari Acarya Lianzu. Dalam talk show ini, acarya Lianzu selain mengulas isi buku, beliau juga menceritakan pengalaman beliau sebelum dan sesudah menjadi seorang acarya. Para pengunjung mendengarkan talk show tersebut mengajukan beberapa pertanyaan kepada Acarya.

Pukul 18.00 WIB, talk show dan perlombaan karaoke mandarin selesai , diakhiri dengan pengumuman finalis yang masuk babak final.

Pukul 19.30 WIB perlombaan cerita ulang buku karya Maha Guru Lian Sheng dimulai. Ternyata peserta yang mendaftar untuk perlombaan ini bukan dari kalangan Buddhist saja, tetapi di kalangan umat muslim juga ikut mendaftar. Berarti buku karya Maha Guru Lian Sheng telah tersebar untuk kalangan umum, bukan hanya untuk kalangan khusus Zhen Fo Zong saja. Ini adalah sebuah dampak positif dari penyebaran dharma untuk umat manusia melalui buku – buku karya Maha Guru. Pukul 21.00 WIB Perlombaan cerita ulang selesai dan diakhiri dengan pengumuman finalis yang masuk ke babak final.

Tanggal 9 Mei 2010, pukul 10.00 WIB perlombaan menggambar dan mewarnai dimulai. Thema dari perlombaan ini adalah hari pendidikan nasional. Anak – anak yang mengikuti perlombaan ini semua mempunyai bakat yang sangat luar biasa, sehingga membuat juri sulit untuk memutuskan pemenang dari perlombaan ini. Waktu perlombaan adalah 2 jam, dan selesai pada saat waktu istirahat. Saat istirahat, peserta lomba fashion show semua mendaftarkan ulang untuk perlombaan mama mia fashion show yang akan dimulai setelah istirahat.

Pukul 13.00 WIB, perlombaan mama mia fashion show dimulai, diawali dengan parade kostum dari semua peserta lomba. Semua peserta fashion show adalah ibu dan anak karena perlombaan ini memang dikhususkan hanya untuk ibu dan anak dengan maksud melihat ikatan yang erat antara sang ibu dengan sang buah hati. Maka diberi judul mama mia fashion show. Thema yang diambil untuk fashion show adalah oriental, jadi semua peserta lomba ada yang memakai baju tradisional korea, memakai baju kerajaan dari china,dll. Penampilan dan kostum yang mereka kenakan sungguh bagus sekali. Benar – benar penampilan yang sangat luar biasa. Rata – rata kostum yang dikenakan, mereka desain sendiri dan menyewa orang untuk membuatnya. Sungguh penampilan yang sangat maksimal sekali.

Setelah perlombaan fashion show, dilanjutkan dengan talk show dengan thema “Feng Shui” dan nara sumber dari Acarya Lianfei. Dalam talk show, pengunjung yang hadir dan mendengarkan talk show mengajukan berberapa pertanyaan seputar feng shui tempat tinggal mereka. Karena antusias para pengunjung terhadap pengulasan feng shui, talk show yang seharusnya ditetapkan hanya 1 jam menjadi 1,5 jam.

Setelah talk show selesai, Panitia Lotus Light Charity Society dalam kesempatan ini juga ingin mengungkapkan rasa keperdulian terhadap sesama yaitu dengan memberikan sumbangan berupa sembako kepada 2 buah panti asuhan. Penyerahan secara simbolis ini dilakukan oleh Acarya Lian Yuan Acarya Lian Zu dan Acarya Lian Fei. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan dari muda mudi vihara Vajra Bhumi Sriwijaya dengan menarikan tarian tradisional Palembang yaitu Gending Sriwijaya.

Acara dilanjutkan dengan final modern dance dimulai. Semua peserta lomba menampilkan kembali tarian mereka yang kemarin dan ditambah dengan gerakan mempromosikan buku karya Maha Guru Lian Sheng. Dalam waktu 1 x 24 jam, mereka langsung menemukan ide untuk mempromosikan buku karya Master Sheng – Yen Lu dalam berbagai gerakan.

Setelah lomba Modern Dance selesai, giliran penampilan dari anak – anak dan remaja yang menunjukkan suara mereka yang indah ke semua pengunjung di atrium Palembang Square dalam final lomba karaoke mandarin. Final Lomba Modern Dance dan Karaoke Mandarin berhasil menarik pengunjung yang berada di Palembang Square untuk menonton. Selesai final lomba modern dance dan karaoke mandarin, terakhir adalah final lomba cerita ulang buku karya Maha Guru Lian Sheng.

Semua perlombaan selesai, dan diakhiri dengan pembagian hadiah kepada seluruh pemenang lomba. Secara resmi pameran buku karya Maha Guru Lian Sheng di Palembang telah selesai ditandai dengan seluruh panitia penyelenggara bersama seluruh Acarya menampilkan gerak dan lagu berjudul “Red – red Sun”. Semua acara selama 3 hari berjalan dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Maha Guru. Terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam pameran buku ini. Semoga Maha Guru memberkati kita semua.

Om Mani Padme Hum!

Leave a comment

Your comment