Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Upacara Dalam Rangka Hari Suci Bhaisajyaguru Buddha 23-26 Oktober 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Dokumentasi dari Upacara Dalam Rangka Hari Suci Bhaisajyaguru Buddha :

Dharmadesana Vajra Acarya selengkapnya:
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 23 Oktober 2014
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_23oktober2014.mp3
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 24 Oktober 2014
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_24oktober2014.mp3
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu 24 Oktober 2014
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_24oktober2014.mp3
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu 26 Oktober 2014
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_26okt2014.mp3
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 26 Oktober 2014
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_26oktober2014.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka memperingati Hari Suci Bhaisajyaguru Buddha, VVBS menyelenggarakan rangkaian upacara yaitu Upacara Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha dan Upacara Api Homa Bhaisajyaguru Buddha.

Kamis dan Jumat (23 & 24 Oktober 2014) pukul 19.00 WIB, Upacara Pertobatan Bhaisajyaguru Buddha yang dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Pu, di dampingi Vajra Acarya Lian Yuan dan para Bhikkhu Lhama.

Penjelasan singkat mengenai Bhaisajyaguru Buddha :

Nama “Bhaisajyaguru-vaidurya-prabharajah”, adalah perkataan Bahasa Sansekerta. Nama Beliau lazim disingkat menjadi Hyang Tathagata Bhaisajya, atau Hyang Buddha Bhaisajya. Beliau mampu mengobati segala penyakit yang di derita orang kapan saja, sejak makhluk itu dilahirkan hingga saat kematiannya, sehingga Beliau dijuluki sebagai “Guru Spiritual yang Menguasai Ilmu Pengobatan. Hyang Buddha Bhaisajya mampu menjadikan terangnya kegelapan, sehingga Beliau juga dijuluki sebagai “Pribadi Maha Agung yang dari tubuhnya keluar Cahaya Terang Bagaikan Lapis Lazuli yang Terang Benderang”. Hyang Tathagata Bhaisajya adalah penghuni dan penguasa dunia sebelah timur, yang alamnya bertaburan lapis Lazuli yang murni, Beliau membimbing dua Bodhisattva, yaitu Bodhisattva Cahaya Terang Matahari yang bersifat universal, dan Bodhisattva Cahaya Terangnya Bulan yang bersifat universal, yang diperintahkan untuk mentransformasikan dan mengajar semua makhluk hidup penghuni Tanah suci atau surganya Hyang Buddha Bhaisajya, yang terletak di sebelah timur bumi kita ini, agar dapat mencapai kehidupan yang berbahagia, hingga mereka dapat mencapai Pencerahan Agung.

Menurut Sutra atau Kitab Suci Agama Buddha, yang bernama “Sutra Maha Sumpahnya Hyang Tathagata Bhaisajya untuk melakukan jasa-jasa kebaikan dan kebajikan yang asli atau murni”, tanah suci yang letaknya di sebelah timur dari bumi kita ini atau alam semesta kita, itu keadaannya sangat murni, tidak tercemari oleh kekotoran-kekotoran apa pun. Di tanah suci tersebut, tidak terdapat pencemaran yang berupa keinginan-keinginan rendah, dan para penghuninya tidak terkena bahaya jatuh di tiga jalan kejahatan. Diterangkan bahwa tanah di surga sebelah timur yang dikuasai ……… (Baca selengkapnya di sini)

Dalam kitab pertobatan Bhaisajyaguru Buddha terdapat 3 Bab (Bab atas, tengah, dan akhir / 上中下). Pada hari pertama (yaitu tanggal 23 Oktober 2014) dilaksanakan 1 Bab. Sedangkan tanggal 24 Oktober 2014 dilaksanakan 2 Bab yaitu bab tengah dan akhir. Selain itu juga, pada upacara ini terdapat Mandala Bhaisajyaguru Buddha dimana disana diletakkan persembahan 49 buah lilin dan 49 jenis obat (penjelasannya silahkan dengar dalam ceramah Vajra Acarya Lian Yuan).

Bhaisajyaguru Buddha biasa dikenal dengan Medicine Buddha / Buddha obat / 藥師佛, tentu umat Zhenfozong tidak akan melewatkannya untuk berpartisipasi dalam upacara ini, karena Bhaisajyaguru Buddha adalah Buddha Obat / Medicine Buddha. Kita bisa memohon kesehatan kepada Beliau.

Upacara pertobatan berjalan dengan sempurna sesuai dengan tata ritual pertobatan. Selesai Upacara, V.A Lian Pu menyampaikan ceramah Dharma, temen – temen bisa dengarkan di atas.

Minggu, 26 Oktober 2014, VVBS menyelenggarakan Upacara Api Homa Bhaisajyaguru Buddha, upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh V.A Lian Pu, dan para Bhikkhu Lhama.

Upacara berlangsung pada pukul 14.00 WIB, rombongan penjemputan Vajra Acarya telah mengiringi Vajra Acarya beserta rombongan menuju Bhaktisala. Upacara diawali dengan persembahan dupa diiringi lagu Pendupaan. Setelah itu dilanjutkan dengan mempersilahkan Vajra Acarya dan Bhikkhu Lhama duduk, membaca naskah doa, Vajra Acarya memberkati naskah doa dan formulir pendaftaran, menyanyikan lagu Luxiangzan dan Qingjingzan, mantra pembersihan hingga mantra Padmakumara.

Kemudian membentuk mudra Bhaisajyaguru Buddha, bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara HUM atau BIE berwarna biru, memancarkan cahaya biru yang terang benderang. Bijaksara HUM atau BIE yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi sesosok Bhaisajyaguru Buddha yang rupa Nya mirip Amitabha Buddha, juga memiliki 32 wujud Buddha, namun tubuh-Nya berwarna biru, kedua tangan-Nya membentuk mudra samadhi, memegang patra yang sarat dengan amrta penyembuh, duduk di padmasana.Kemudian bervisualisasi dari bagian ulu hati memancarkan cahaya biru yang terang benderang mengabhiseka sadhaka melalui cakra puncak sadhaka. Dan tubuh sadhaka berubah menjadi transparan bagai lazuardi, melenyapkan segala karma buruk serta penyakit yang diderita sadhaka.Berulang-ulang bervisualisasi cahaya biru yang terpancar dari ulu hati Bhaisajyaguru Buddha menyatu dengan cahaya biru yang terpancar dari ulu hati sadhaka pula. Kedua cahaya menyatu di angkasa, seketika itu, sadhaka juga berubah menjadi Bhaisajyaguru Buddha, Bhaisajyaguru Buddha yang berada di angkasa sama persis dengan Bhaisajyaguru Buddha jelmaan sadhaka, keduanya menjadi Yidam yang tiada berbeda. Setelah itu melafalkan mantra Bhaisajyaguru Buddha 爹雅他。嗡。別卡子也。別卡子也。媽哈別卡子也。辣炸娑摩伽德黑。梭哈。(Die ya ta. Om. Bie ka zi ye. Bie ka zi ye. Ma ha. Bie ka zi ye. La za sa mo qie de hei. Suo ha).

Vajra Acarya melakukan persembahan homa, dilanjutkan dengan memberkati altar Dirgahayu dan altar Ksitigarbha, kemudian melafalkan mantra 8 yidam, puja mantra Amitabha Buddha, penyaluran jasa, Mantra Sataksara, Namaskara dan Mantra Paripurna.

Selesai upacara, Vajra Acarya Lian Yuan menyampaikan ceramah dharma yang bisa teman – teman dengarkan di atas.

Selesai upacara, V.A Lian Yuan mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka bersarana kepada umat baru dan abhiseka Pemberkahan kepada umat.

Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya Adhisatana dari Mahaguru dan para Budha Bodhisattva. Terima kasih kepada temen – temen yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Semoga Mahaguru selalu sehat dan senantiasa memutar roda dharma.

Informasi terkait :
* Untuk download Mantra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

* Untuk download sutra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/sutra/

* Untuk download penyalinan sutra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Tata Ritual Sadhana Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/liturgi/

* Untuk download Mudra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/gallery/musik/

* Untuk download Screen Saver silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment