Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Bhaisajyaguru Buddha 27 Oktober 2016 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Dokumentasi dari Upacara Dalam Rangka Hari Suci Bhaisajyaguru Buddha :

Dharmadesana Vajra Acarya selengkapnya:
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 27 Oktober 2016
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_27okt2016.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka memperingati Hari Suci Bhaisajyaguru Buddha, VVBS menyelenggarakan Upacara Api Homa Bhaisajyaguru Buddha pada tanggal 27 Oktober 2016 pukul 19.00 WIB. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, didampingi oleh V.A Lian Pu dan BHikkhu Lhama.

Penjelasan singkat mengenai Bhaisajyaguru Buddha yang terdapat di artikel Website VVBS :

Nama “Bhaisajyaguru-vaidurya-prabharajah”, adalah perkataan Bahasa Sansekerta. Nama Beliau lazim disingkat menjadi Hyang Tathagata Bhaisajya, atau Hyang Buddha Bhaisajya. Beliau mampu mengobati segala penyakit yang di derita orang kapan saja, sejak makhluk itu dilahirkan hingga saat kematiannya, sehingga Beliau dijuluki sebagai “Guru Spiritual yang Menguasai Ilmu Pengobatan. Hyang Buddha Bhaisajya mampu menjadikan terangnya kegelapan, sehingga Beliau juga dijuluki sebagai “Pribadi Maha Agung yang dari tubuhnya keluar Cahaya Terang Bagaikan Lapis Lazuli yang Terang Benderang”. Hyang Tathagata Bhaisajya adalah penghuni dan penguasa dunia sebelah timur, yang alamnya bertaburan lapis Lazuli yang murni, Beliau membimbing dua Bodhisattva, yaitu Bodhisattva Cahaya Terang Matahari yang bersifat universal, dan Bodhisattva Cahaya Terangnya Bulan yang bersifat universal, yang diperintahkan untuk mentransformasikan dan mengajar semua makhluk hidup penghuni Tanah suci atau surganya Hyang Buddha Bhaisajya, yang terletak di sebelah timur bumi kita ini, agar dapat mencapai kehidupan yang berbahagia, hingga mereka dapat mencapai Pencerahan Agung.

Menurut Sutra atau Kitab Suci Agama Buddha, yang bernama “Sutra Maha Sumpahnya Hyang Tathagata Bhaisajya untuk melakukan jasa-jasa kebaikan dan kebajikan yang asli atau murni”, tanah suci yang letaknya di sebelah timur dari bumi kita ini atau alam semesta kita, itu keadaannya sangat murni, tidak tercemari oleh kekotoran-kekotoran apa pun. Di tanah suci tersebut, tidak terdapat pencemaran yang berupa keinginan-keinginan rendah, dan para penghuninya tidak terkena bahaya jatuh di tiga jalan kejahatan. Diterangkan bahwa tanah di surga sebelah timur yang dikuasai ……… (Baca selengkapnya di sini)

Penjelasan singkat mengenai Bhaisajyaguru Buddha yang terdapat di tbsn indonesia :

【 Penjelasan Singkat Pratima Bhaisajyaguru Buddha 】Rupa Bhaisajyaguru-vaidurya-prabha-raja Buddha mirip dengan Amitabha Buddha, yaitu memiliki Dvatrimsallaksanani , tubuh berwarna biru, kedua tangan membentuk mudra dhyana, menopang patra, di dalam patra penuh dengan amrta penyembuh, duduk bersila penuh di atas padmasana.

【 Dharmadesana Dharmaraja Liansheng Sheng-yen Lu -- Asal Muasal Istimewa dan Kiat Sadhana Bhaisajyaguru-vaidurya-prabha-raja Buddha 】Bhaisajyaguru-vaidurya-prabha-raja Buddha merupakan Pimpinan Pengajar Dharma di Tanah Suci Timur Vaiduryaprabhalokha , Buddha ini merupakan Raja Penyembuh Nan Agung, mampu menyembuhkan aneka macam penyakit, Tanah Sucinya adalah Vaiduryaprabhaksetra, sangat indah dan agung. Beliau satu esensi beda nama dengan Aksobhya Buddha ( Sebelah Timur ) dari Panca-dhyani Buddha.

Keagungan dari Bhaisajyaguru-vaidurya-prabha-raja Buddha adalah 12 Ikrar Agungnya, diantaranya ada satu ikrar, yaitu bertekad menyembuhkan 84000 jenis sakit penyakit para insan, dengan 84000 jenis obat menyembuhkan 84000 jenis sakit penyakit, supaya semua insan yang sakit, dapat mengikis semua karma penyakitnya.

12 Ikrar Agung Bhaisajyaguru Buddha bermanifestasi menjadi 12 Devata Karman, disebut 12 Devasenapati Bhaisajyaguru Buddha , mengitari 12 arah Bhaisajyaguru Buddha ; Parsada Bodhisattva pendamping Bhaisajyaguru Tathagata adalah Suryaprabha Bodhisattva dan Candraprabha Bodhisattva, nama dua Bodhisattva ini juga harus disebut saat pengundangan. Dalam Tantrayana Bhaisajyaguru Buddha bisa disamakan dengan Aksobhya Tathagata .

Parsada dan Parivara dari Bhaisajyaguru Buddha adalah Suryaprabha Bodhisattva, Candraprabha Bodhisattva, Avalokitesvara Bodhisattva, Mahastamaprapta Bodhisattva, Manjusri Bodhisattva, Ratnacandanakusuma Bodhisattva, Aksayamati Bodhisattva , Bhaisajyaraja Bodhisattva , Bhaisajyasamudgata Bodhisattva dan Maitreya Bodhisattva , sungguh sangat agung.

Dengan menekuni Sadhana Yidam Bhaisajyaguru , seorang sadhaka tantra tidak hanya dapat menolong para insan, bahkan juga dapat terlahir di Negeri Buddha Yidam, mencapai Kebuddhaan dalam kehidupan saat ini juga…………….. baca selengkapnya di sini

Upacara berlangsung pada pukul 19.30 WIB, rombongan penjemputan Vajra Acarya telah mengiringi Vajra Acarya beserta rombongan menuju Bhaktisala. Upacara diawali dengan persembahan dupa diiringi lagu Pendupaan. Setelah itu dilanjutkan dengan mempersilahkan Vajra Acarya dan Bhikkhu Lhama duduk, membaca naskah doa, Vajra Acarya memberkati naskah doa dan formulir pendaftaran, menyanyikan lagu Luxiangzan dan Qingjingzan, mantra pembersihan hingga mantra Padmakumara.

Kemudian membentuk mudra Bhaisajyaguru Buddha, bervisualisasi Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara HUM atau BIE berwarna biru, memancarkan cahaya biru yang terang benderang. Bijaksara HUM atau BIE yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi sesosok Bhaisajyaguru Buddha yang rupa Nya mirip Amitabha Buddha, juga memiliki 32 wujud Buddha, namun tubuh-Nya berwarna biru, kedua tangan-Nya membentuk mudra samadhi, memegang patra yang sarat dengan amrta penyembuh, duduk di padmasana.Kemudian bervisualisasi dari bagian ulu hati memancarkan cahaya biru yang terang benderang mengabhiseka sadhaka melalui cakra puncak sadhaka. Dan tubuh sadhaka berubah menjadi transparan bagai lazuardi, melenyapkan segala karma buruk serta penyakit yang diderita sadhaka.Berulang-ulang bervisualisasi cahaya biru yang terpancar dari ulu hati Bhaisajyaguru Buddha menyatu dengan cahaya biru yang terpancar dari ulu hati sadhaka pula. Kedua cahaya menyatu di angkasa, seketika itu, sadhaka juga berubah menjadi Bhaisajyaguru Buddha, Bhaisajyaguru Buddha yang berada di angkasa sama persis dengan Bhaisajyaguru Buddha jelmaan sadhaka, keduanya menjadi Yidam yang tiada berbeda. Setelah itu melafalkan mantra Bhaisajyaguru Buddha 爹雅他。嗡。別卡子也。別卡子也。媽哈別卡子也。辣炸娑摩伽德黑。梭哈。(Die ya ta. Om. Bie ka zi ye. Bie ka zi ye. Ma ha. Bie ka zi ye. La za sa mo qie de hei. Suo ha).

Vajra Acarya melakukan persembahan homa, persembahan satu per satu dimasukkan ke dalam tungku, kemudian kayu homa, arak, susu semua dimasukkan ke dalam tungku, ada yang mempersembahkan perhiasan berwarna biru seperti batu Lazzuardi Birru yang sangat memukau untuk dipersembahkan kepada Bhaisajyaguru Buddha. Setelah dimasukkan semua, terakhir V.A Lian Yuan memperagakan mudra Tolak Bala, Pemberkahan dan Penyeberangan. Selesai puja api homa, dilanjutkan dengan memberkati altar Dirgahayu dan altar Ksitigarbha, kemudian melafalkan mantra 8 yidam, puja mantra Amitabha Buddha, penyaluran jasa, Mantra Sataksara, Namaskara dan Mantra Paripurna.

Selesai upacara, Vajra Acarya Lian Yuan menyampaikan ceramah dharma yang bisa teman – teman dengarkan di atas.

Selesai upacara, V.A Lian Yuan mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka Pemberkahan kepada umat.

Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya Adhisatana dari Mahaguru dan para Budha Bodhisattva. Terima kasih kepada temen – temen yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Semoga Mahaguru selalu sehat dan senantiasa memutar roda dharma.

Informasi terkait :
* Untuk download Mantra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

* Untuk download sutra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/sutra/

* Untuk download penyalinan sutra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Tata Ritual Sadhana Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/liturgi/

* Untuk download Mudra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

* Untuk download Screen Saver silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment