Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha Bodhisattva 5 September 2013 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha Bodhisattva 5 September 2013 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka hari suci Ksitigarbha Bodhisattva dan juga sebagai penutup bulan 7 imlek, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Ksitigarbha Bodhisattva. Upacara ini berlangsung pada hari kamis tanggal 5 September 2013 dan dipimpin oleh V.A Lian Yuan.

Dikarenakan upacara kali ini adalah upacara penyeberangan terakhir kali di bulan 7 imlek tahun 2013, maka semua umat berbondong – bondong untuk partisipasi formulir pemberkahan dan penyeberangan agar tidak ada yang tertinggal.

Upacara dimulai pada pukul 7.30 malam, lagu pendupaan mengiringi Vajra Acarya mempersembahkan dupa, kemudian bernamaskara. Setelah Vajra Acarya duduk, naskah doa (Shu wen)dibacakan oleh Bhikkhu Lhama. Selesai naskah doa dibacakan, Vajra Acarya memberkati naskah doa, nama – nama donatur upacara, formulir pemberkahan, formulir penyeberangan serta kertas mantra dan kertas sembayang.

Upacara dimulai dari mantra pembersihan hingga memohon adhistana dari Mahaguru dengan melafalkan mantra Mahaguru. Memasuki tahap inti upacara yaitu membentuk mudra Ksitigarbha dan bervisualisasi.

Visualisasi Ksitigarbha yaitu Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera dan di tengahnya terdapat bijaksara HA berwarna kuning, memancarkan cahaya putih yang terang benderang.Bijaksara HA yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi sesosok Ksitigarbha Bodhisattva yang mengenakan mahkota Panca Buddha, berpakaian Kasaya, berbadan putih, kedua tangan-Nya menopang mutiara (ranta-mani), duduk di padmasana.Kemudian bervisualisasi ratna-mani bercahaya, membusur mengabhiseka sadhaka dari ubun-ubun, sekujur tubuh sadhaka menjadi bersih dan suci.

Melafalkan mantra Ksitigarbha Bodhisattva :嗡。哈哈哈。微三摩耶。梭哈。Om.ha ha ha.wei san mo ye.suo ha.

Puja Api Homa dimulai, Vajra Acarya memberkati kayu homa, tungku homa dan persembahan homa, diiringi mantra 嗡。別 渣 哈 薩。om. bie ca ha sa. Dilanjutkan dengan memutar japamala untuk memberkati, dan melakukan simabandhana pada tungku homa untuk memberi batas pada api tersebut sehingga api tidak melewati batasan yang telah ditetapkan hanya sampai di situ dan agar mara tidak mengganggu. Satu persatu barang persembahan dimasukkan, setelah selesai memasukkan persembahan homa dan kayu homa, Vajra Acarya memperagakan Mudra Tolak bala, pemberkahan dan penyeberangan.

Kemudian sebelum kembali ke Dharmasana, Beliau memberkati altar Dirgahayu dan altar penyeberangan Upacara yang telah digelar untuk Upacara.

Upacara selesai, Vajra Acarya menyampaikan Dharmadesana yang bisa anda dengar di atas. Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana kepada berberapa umat dan memberikan abhiseka Tolak Bala dan pemberkahan kepada umat yang hadir

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata ritual sadhana Ksitigarbha Bodhisattva, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-ksitigarbha-bodhisattva/

Untuk download Mantra Ksitigarbha Bodhisattva beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-ksitigarbha/

Untuk download Sutra Ksitigarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/sutra/

Untuk download Dokumen Penyalinan Sutra Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download Mudra Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download Screen Saver Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-ksitigarbha/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment