Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sangharama Dharmapala 20 Juli 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sangharama Dharmapala 20 Juli 2014 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:

Liputannya adalah sebagai berikut :

Minggu, 20 Juli 2014 jam 2 siang, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sangharama Dharmapala atau biasa disebut Guan Di (Guan Gong).

Hari ini sungguh luar biasa, ada 3 orang Vajra Acarya, dimana yang memimpin adalah Vajra Acarya Lian Jing dari Taiwan, di dampingi oleh Vajra Acarya Lian Yuan dan Vajra Acarya Lian Pu serta Bhikkhu Lhama. Pukul 2 siang, antusias dari umat yang hadir memenuhi ruang bhaktisala, upacara pun segera di mulai. Rombongan Muda-mudi mengiringi para Acarya untuk memasuki ruang bhaktisala, lalu V.A Lian Jin mempersembahkan dupa dan diiringi lagu pendupaan yang menjadi salah satu lagu pembuka. setelah itu semua Acarya dipersilahkan duduk di tempat yang telah disediakan, begitupula dengan para Bhikkhu Lhama.

Upacara dimulai berdasarkan tata ritual dari membaca mantra pembersihan dan dilanjutkan dengan mantra pengundang, setelah seluruh prosesi tata ritual dilakukan, selanjutnya membentuk mudra Sangharama Dharmapala, bervisualisasi “Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra candra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra candra ada aksara HUM berwarna biru yang memancarkan cahaya biru. Aksara HUM di tengah cakra candra berputar, berubah menjadi Sangharama, berwibawa, mengenakan baju jirah, menunggang kuda merah (atau berdiri tanpa berkuda), tangan memegang pedang Guan (pedang bulan naga hijau); atau duduk membaca Kitab Musim Semi dan Musim Gugur (tangan tidak memegang pedang Guan). Kening Sangharama memancarkan seberkas sinar putih, langsung menyinari kening kita; tenggorokan memancarkan seberkas sinar merah, langsung menyinari tenggorokan kita; cakra hati memancarkan seberkas sinar biru, langsung menyinari cakra hati kita. Ketiga sinar dari putih, merah, biru melebur di dalam jiwa dan raga kita.”

Setelah itu membaca mantra Sangharama Dharmapala :“嗡。迦藍。悉地。吽。(Om. qie lan. xi di. hum)”.

Mempersilahkan V.A Lian Jin memberkati sarana puja dan kayu homa, dan melakukan simabandhana pada tungku homa, kemudian satu persatu persembahan di masukkan ke dalam tungku di lanjutkan dengan memperagakan berbagai mudra.

Setelah itu memasuki samadhi dan membaca gatha usai samandhi :

忠義節操貫日月 威靈顯赫除障難 Zhōng yì jié cāo guàn rì yuè wēi líng xiǎn hè chú zhàng nán,
伽藍尊者護佛法 梵剎家門皆吉祥 Qié lán zūn zhě hù fó fǎ fàn chà ji āmén jiē jí xiáng

Dilanjutkan mantra 8 yidam dan penyaluran jasa, puja Amitabha, mantra sataksara, namaskara dan diakhiri dengan mantra paripurna.

Kemudian Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengar secara langsung di atas.

Selesai menyampaikan ceramah dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Sangharama Dharmapala

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Sangharama Dharmapala beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-sangharama-dharmapala//

Untuk download Artikel Sangharama Dharmapala, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/artikel-sangharama-dharmapala/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment