Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan Kaisar Liang 28 Juli – 3 Agustus 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Pertobatan Kaisar Liang 28 Juli – 3 Agustus 2014 :

Dharmadesana beliau selengkapnya:
* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 29 Juli 2014

* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 30 Juli 2014

* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 31 Juli 2014

* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 01 Agustus 2014

* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 02 Agustus 2014

* Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 03 Agustus 2014

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka Bulan Ulambana, Dari Tanggal 28 Juli 2014, – 3 Agustus 2014 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan upacara Pertobatan Kaisar Liang dan Ulkamukhayoga Ksitigarbha.

Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan, didampingi oleh Vajra Acarya Lian Pu, Dharmacarya Lian Xing dari Taiwan, dan Bhikkhu Lhama.

Upacara ini merupakan agenda tetap dalam kegiatan Dharma dari Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Selain Pertobatan Kaisar Liang, Pertobatan 3000 Buddha termasuk salah satu kegiatan Dharma dari Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya.

Upacara Pertobatan Kaisar Liang kali ini ada yang sedikit berbeda, dimana VVBS kedatangan tamu dari Jakarta yaitu ibu Winarni Harsono yang ikut partisipasi dalam Upacara ini. Dan juga tamu dari Taiwan, 3 orang tamu ini akan mengiringi setiap lantunan pujian kepada para Buddha selama upacara Pertobatan ini. Masing – masing dari ketiga orang ini memegang alat musik “Erhu”, Keyboard, dan suling bambu china. Setiap nama – nama para Buddha Bodhisattva yang dilantunkan, dengan iringan ketiga alat musik ini dipadu dengan Fa Qi, sungguh membuat hati menjadi lebih khusyuk dalam melakukan pertobatan. Sungguh luar biasa!

Pertobatan kali ini 10 BAb dibagi menjadi 6 hari, upacara ini sangatlah sakral, di setiap bab sutra pertobatan Kaisar Liang ini menceritakan beraneka ragam dharma, khususnya yaitu sebab dan akibat. Setiap memulai pertobatan (setiap bab) selalu melantunkan gatha persembahan, dan persembahannya beraneka ragam dimulai dari dupa, bunga, pelita, air, buah – buahan, batu permata, dsb.

Sebagai penutup dari Upacara Pertobatan Kaisar Liang, tgl 3 Agustus 2014 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengadakan upacara penyeberangan Ulkamukhayoga. Yidam dari upacara penyeberangan Ulkamukhayoga ini adalah Ksitigarbha Bodhisattva. Tujuan utama dari Penyeberangan Ulkamukhayoga, yaitu untuk menolong makhluk – makhluk yang terlahir di alam samsara (alam neraka dan alam preta/setan kelaparan). Inti dari ritual Penyeberangan Ulkamukhayoga adalah kita bervisualisasi menyatu dengan Ksitigarbha Bodhisattva dan kita belajar dari ikrar Ksitigarbha Bodhisattva yaitu menolong semua makhluk agar dapat terbebas dari penderitaan neraka baru menjadi Buddha.

Di dalam tantrayana zhenfo zong, upacara ulkamukhayoga ini sangatlah khusus, karena Mahaguru pernah mendapatkan bendera suci dari Ksitigarbha yaitu bendera 7 bintang. Apabila para arwah yang terkena pancaran cahaya dari Bendera 7 Bintang Ksitigarbha ini, maka para arwah tersebut dapat terlahir di tanah suci Buddha.

Dalam upacara pertobatan maupun upacara penyeberangan, banyak umat yang mendaftarkan nama – nama leluhur, arwah penagih hutang, arwah penjerat, arwah janin serta arwah penunggu rumah di formulir pendaftaran dan di ling pai (panel arwah). Serta memberikan persembahan 7 jenis kertas mulia yang diajarkan oleh Mahaguru, teratai maupun kertas sembayang lainnya.
Selain itu juga ada juga umat yang mempersembahkan kapal yang dihiasi dengan bijaksara dan mantra, yang berfungsi sebagai bahtera untuk membawa arwah – arwah yang didaftarkan maupun yang tidak terdaftar agar bisa terseberangkan ke tanah suci Buddha.

Untuk ceramah dharma saat upacara, silahkan dengarkan di atas

Upacara Pertobatan Raja Liang dan Ulkamukhayoga Ksitigarbha berjalan dengan sukses dan sempurna.

Seluruh kegiatan dan upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.

Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata ritual sadhana Ksitigarbha Bodhisattva silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-ksitigarbha-bodhisattva/

Untuk download Sutra Ksitigarbha bab awal sampai bab akhir beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/sutra/

Untuk download Penyalinan Sutra Ksitigarbha bab awal sampai bab akhir, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

Untuk download Mantra Ksitigarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-ksitigarbha/

Untuk download Mudra Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download Screen Saver Ksitigarbha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-ksitigarbha/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment