Liputan dan Dokumentasi VVBS Partisipasi Kirab Sriwijaya 20 – 22 Desember 2014 di Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi VVBS Partisipasi Kirab Sriwijaya 20 – 22 Desember 2014 di Palembang :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka partisipasi kegiatan Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja yang diadakan pada tanggal 20 s/d 22 Desember 2014 Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya mengutus 4 orang muda – mudi untuk membawa pratima yaitu Yao Chi Jin Mu (Maha Dewi Yao Chi), Di Shi Tian Wang (Sakradevanam Indra), Macho (Dewi Matsu), dan Di Mu (Bodhisattva Di Mu).

Pada tanggal 19 Desember 2014, Sekitar pukul 08.00 WIB dilakukan perjalanan dari VVBS menuju Vihara Sinar Agung Tao. Ke-empat pratima tersebut dibawa (masing – masing muda – mudi memegang 1 pratima) dan diserahkan ke Vihara Sinar Agung Tao (tahun 2014 ini Vihara Sinar Agung Tao merupakan tuan Rumah Kirab tersebut). Sesampainya di Sinar Agung Tao, ke-empat pratima tersebut diserahkan kepada panitia dan diletakkan di tempat yang telah disediakan dengan diiringi oleh Zhong-gu. Setelah semua pratima yang berpartisipasi pada Kirab tersebut diletakkan di altar, tidak ada kegiatan lagi pada hari itu.

Hari Sabtu tanggal 20 Desember 2014,sekitar pukul 10.00 WIB seluruh rombongan kembali berkumpul di Vihara Sinar Agung Tao untuk melakukan ritual. Setelah ritual selesai, seluruh peserta membawa pratima masing-masing dengan menggunakan sebuah nampan yang diikat pita merah dan digantungkan di leher masing-masing peserta. Sekitar pukul 12.30 WIB, seluruh rombongan menuju ke Bukit Siguntang untuk partisipasi Ritual Puja Asap yang dilakukan oleh Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya. Ritual ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan dan didampingi oleh Vajra Acarya Lian Pu dan Bhikku Lhama Lian Xia. Pukul 14.00 WIB Puja Asap dimulai dengan suasana yang begitu kyusuk, Puja Asap berjalan dengan lancar dan di akhiri dengan Vajra Acarya Lian Yuan memberikan abhiseka Pemberkahan Avalokitesvara Bodhisattva. Setelah itu seluruh pratima kembali diserahkan kepada masing-masing perwakilan vihara/kelenteng untuk dibawa menuju ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya ( TPKS ) untuk melakukan sebuah ritual. Sekitar pukul 18.00 WIB seluruh kegiatan selesai dilaksanakan dan seluruh pratima pun kembali diserahkan ke Vihara Sinar Agung Tao agar dapat dipersiapkan untuk Kirab Darat besok.

Minggu, 21 Desember 2014 adalah tanggal dimana Kirab Darat dimulai, pagi-pagi sekali sekitar pukul 07.00 WIB seluruh peserta dari berbagai daerah mulai dari Lampung, Jakarta, Gorontalo sampai dari Bali dan berbagai kota lainnya semua berkumpul di Kantor Guberbur Sumatera Selatan. Semua hadir untuk turut meramaikan dan menyaksikan pembukaan Kirab Budaya Garuda Siroedjaja secara resmi dan langsung oleh Bapak Ir. H. Alex Noerdin (Gubernur Sumatera Selatan).

Pukul 10.00 WIB Kirab Darat dimulai, khusus di pagi ini VVBS menambahkan 1 buah tandu yang menyerupai Rumah Limas (Rumah Adat Sumatera Selatan) dan di dalam tandu tersebut ada Pratima Padmakumara. Tandu tersebut diangkat oleh Bapak Gubernur dan staff pemerintah serta ketua Kirab Sriwijaya.

Seluruh peserta kirab melakukan perjalanan dari kantor Gubernur menuju ke Lapangan Hatta yang menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam lamanya. Sesampainya di Lapangan Hatta seluruh tandu kembali dibawa ke Vihara Sinar Agung Tao.

Sekitar pukul 13.00 WIB ratusan orang kembali berkumpul di Vihara Sinar Agung Tao. 4 tandu dari VVBS beserta kurang lebih 31 tandu lainnya yang berasal dari berbagai kelenteng / vihara baik dari dalam maupun dari luar kota yang akan diangkat dan dibawa mengikuti rute yang telah disiapkan oleh panitia. Kurang lebih 3 jam lamanya penjalanan mengangkat tandu – tandu tersebut sampai di daerah Dempo dan seluruh peserta pun kembali beristirahat.

Masih dihari yang sama sekitar pukul 18.00 WIB Kirab Darat kembali dilanjutkan dengan rute dari Dempo menuju kembali ke Vihara Sinar Agung Tao. Merupakan suatu hal yang tak pernah diduga sebelumnya sekitar pukul 20.00 WIB, dimana seluruh peserta yang mengangkat tandu sudah mendekati lokasi Vihara Sinar Agung Tao dan beberapa tandu sudah ada yang sampai di sana, cuaca tiba-tiba berubah, hujan turun sangat lebat membasahi. Namun hal itu tidak mematahkan semangat peserta untuk membawa tandu hingga sampai ke Vihara Sinar Agung Tao. Sekitar pukul 21.00 WIB malam setibanya seluruh tandu di Vihara Sinar Agung Tao, seluruh pratima dibawa ke Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya untuk upacara keesokan harinya.

Senin 22 Desember 2014, diadakan Upacara Api Homa Sakradewanam Indra di Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya yang dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan dan didampingi Vajra Acarya Lian Pu dan Bhikku Lhama Lian Xia. Sekitar pukul 09.00 WIB Upacara tersebut dimulai. Setelah Upacara Api Homa selesai, Vajra Acarya Lian Yuan memberikan abhiseka pemberkahan Sarkadevanam Indra. Seluruh pratima kembali diserahkan untuk dibawa menuuju kapal tongkang. Disaat inilah Kirab Laut dilaksanakan. Setelah 2 jam lamanya sampailah di Pulau Kemaro, di Pulau Kemaro seluruh Pratima disambut dengan meriah menggunakan alat musik mulai dari Simbas, Tambur, Kentangan (Tan Zi) dan lonceng. Setelah dari Pulau Kemaro seluruh Pratima beserta rombongan menuju rumah panggung. Di Rumah Panggung seluruh rombongan disambung meriah. Di Rumah Panggung dilaksanakan sebuah Upacara Ritual untuk penyebrangan para leluhur.

Dan Kirab Air diakhiri dengan dilaksanakannya acara peringatan Hari Ibu karena Kirab Air dilakukan bertepatan dengan Hari Ibu.

Seluruh Rangkaian kegiatan dalam rangka Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya berpartisipasi acara Kirab Sriwijaya telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Yao chi jin mu – Ma shang you qian silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-yao-chi-jin-mu-ma-shang-you-qian/

* Untuk download Mantra Maha Dewi Yao Chi beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-yao-chi/

* Untuk download Mantra Dewi Matsu beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-dewi-matsu/

* Untuk download Mantra Sakradevanam Indra beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-sakradevanam-indra/

* Untuk download Mantra Bodhisattva Di Mu beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-bodhisattva-di-mu/

* Untuk download Sutra Maha Dewi Yao Chi beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-maha-dewi-yao-chi/

* Untuk download Penyalinan Sutra Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Mudra Maha Dewi Yao Chi, Bodhisattva Di Mu, Sakradevanam Indra, dan Dewi Matsu silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download Artikel Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/yao-chi-jin-mu/

* Untuk download Screen Saver Maha Dewi Yao Chi, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-golden-mother/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment