Dewa Pelindung Kota Dan Para Pendampingnya – 城隍爺, 文武判官, 七爺, 八爺

Download: Dewa Pelindung Kota Dan Para Pendampingnya(PDF)

cheng huang yewen wu pan guan
qi ye, ba ye

Dewa Pelindung Kota Dan Para Pendampingnya – 城隍爺, 文武判官, 七爺, 八爺

Cheng Huang sebetulnya berarti parit pelindung kota benteng (cheng-benteng, huang-parit). Cheng Huang adalah Dewa pelindung kota. Pemujaan terhadap Cheng Huang berasal dari pemujaan terhadap Shui Yong Shen (Dewa pengawas saluran air) yaitu salah satu dari Ba Zha Shen.

Seperti yang telah disinggung di atas, upacara sembahyang Ba Zha dimulai oleh kaisar Yao (2357-2258 SM) untuk menghormati Ba Zha Shen (delapan dewa pelindung tanaman pangan). Dewa pengawas saluran air diperluas meliputi saluran atau parit pelindung benteng yang disebut Cheng Huang.

Pada zaman San Guo (221-265 M) di negeri Wu, Cheng Huang mulai dipuja tersendiri, lepas dari Ba Zha Shen dan didirikan Cheng Huang Miao. Memasuki dinasti Tang (618-907M) di tiap ibukota, provinsi mulai banyak didirikan kuil pemujaan Cheng Huang. Sejak itu Cheng Huang secara resmi menjadi Dewa pelindung kota dengan panggilan yang umum Cheng Huang Lao Ye. Setelah Ming Tai Zu kaisar pertama dinasti Ming berkuasa, dia lalu mengangkat Cheng Huang di ibu kota negara (pada waktu itu di Nanjing) sebagai Tian Xia Dou Cheng Huang yang berarti dewa pelindung ibukota negara dengan gelar Ming Ling Wang. Lalu, semua Cheng Huang dari tiap ibukota provinsi diangkat sebagai Du Cheng Huang yang berarti Dewa pelindung ibukota dan diberi anugerah “Wang” yang setingkat dengan raja muda. Kemudian Cheng Huang dari tiap ibukota dianugerahi gelar “Wei Ling Gong” sedangkan yang ada pada kabupaten dianugerahi gelar “Ling Ying Hou” dan pada tingkat kawedanan diberi gelar “Xian You Bo”………Baca selengkapnya di sini <klik>

Leave a comment

Your comment