Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Upacara Memperingati Hari Suci Amitabha Buddha 3&7 Januari 2018 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Upacara Memperingati Hari Suci Amitabha Buddha 3 & 7 Januari 2018 :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka hari suci Amitabha Buddha, VVBS menggelar 2 Upacara yaitu Upacara Api Homa Amitabha Buddha dan Upacara Pertobatan Amitabha (彌陀懺). Kedua upacara ini dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan dan di dampingi oleh V.A Lian Pu, V.A Lian Zui serta Bhikkhu Lhama.

Seputar Amitabha Buddha di TBSN : 【 Pengenalan Singkat Pratima Amitabha Buddha 】

Tubuh Amitabha Buddha ( Amituofo ) berwarna merah, mengenakan jubah kasaya, duduk bersila penuh di atas padmasana berkelopak seribu, kedua tangannya membentuk mudra dhyana menopang patra penuh dengan amrta, dengan pandangan penuh kewelasan Beliau memandang semua makhluk.

【 Kutipan Dharmadesana Mahaguru Liansheng Sheng-yen Lu 】Amitabha Buddha merupakan salah satu dari Tiga Yidam Dharmaraja Lian-sheng, Amitabha Buddha memiliki empat puluh delapan Maha-pranidhana . Amitabha Buddha telah menuntun para insan yang tak terhingga banyaknya, oleh karena itu dipuji dengan ungkapan : “Di setiap keluarga terdapat Amitabha Buddha.”

Dalam Tantrayana, Amitabha Buddha merupakan salah satu dari Panca-jnana Mahavairocana Tathagata, yaitu : Pratyaveksanajnanam.

Dalam Garbhadhatu Mandala, Amitabha Buddha bersemayam di sebelah Barat dalam Sala Tengah Padmasana Berkelopak Delapan. Dalam Vajradhatu Mandala berada di sebelah Barat Panca-moksa-cakra, merupakan upayajnana dari Tathagata.

Ada tiga nama Amitabha Buddha :
Buddhisme Sutrayana menyebutnya : Buddha Usia Tanpa Batas ( Amitayus Buddha ) dan Buddha Cahaya Tanpa Batas ( Amitabha Buddha ) Sedangkan dalam Tantrayana disebut : Amrtaraja Tathagata.
Selain itu, Amitabha Buddha memiliki 13 Nama Agung, antara lain :
Buddha Usia Tanpa Batas, Buddha Cahaya Tanpa Batas, Buddha Cahaya Tak Bertepi, Buddha Cahaya Tanpa Rintangan, Buddha Cahaya Tanpa Tandingan, Buddha Raja Nyala Cahaya, Buddha Cahaya Murni, Buddha Cahaya Sukacita, Buddha Cahaya Prajna, Buddha Cahaya Tiada Terputus, Buddha Cahaya Tak Terperikan, Buddha Cahaya Tak Terungkapkan, Buddha Cahaya Melampaui Surya dan Candra.

Amitabha Buddha memiliki Samyakdharmacakrakaya dan Sasanacakrakaya : Samyakdharmacakrakaya : Manjusri Bodhisattva; Sasanacakrakaya : Yamantaka Vajra…………… selengkapnya baca di TBSN

Sekilas mengenai Amitabha Buddha yang ada di artikel website VVBS : Nama “Buddha Amitabha” adalah perkataan dari Bahasa Sansekerta yang diucapkan sebagai “Hyang Buddha Amitayus” adalah “Cahaya yang Tidak Terbatas”. Sebagai penguasa tanah Suci yang terletak di sebelah Barat dari bumi kita atau dari alam semesta yang penghuninya dapat menghayati kehidupan yang berkebahagiaan taraf paling tinggi, Hyang Buddha Amitabha mengajar kepada makhluk-makhluk hidup, agar mereka dapat mentransformasikan, mengubah diri mereka (dari berkehidupan atau berwatak yang belum sempurna menjadi sempurna), sehingga mereka kelak dapat diterima di Tanah Suci Hyang Buddha Amitabha, sesuai dengan sumpah Maha suci dan sejati yang telah beliau ikrarkan. Hyang Buddha Amitabha ini dibantu atau mempunyai pendamping dua Bodhisattva yaitu, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta.

Menurut Sutra atau Kitab suci agama Buddha yang bernama “Sutra Tentang Kehidupan yang Tidak Dapat Diukur Waktunya”, sebelum beliau mencapai tingkat ke Buddhaan adalah seorang Raja. Setelah mendapat pelajaran dari Hyang Buddha yang memerintah dunia timur, beliau memutuskan di dalam pikiran beliau untuk menjalani Jalan kehidupan ke Buddhaan yang tak tersaingi atau tak terungguli oleh siapapun, dan lalu menjadi seorang Bhiksu, lama melakukan pembinaan diri, beliau telah mengucapkan ikrar sumpah Maha Suci-Nya yang terdiri dari 48 (empat puluh delapan) butir sumpah Maha Suci, isinya terutama mengenai sumpah untuk mendirikan Tanah Suci, atau Surga yang penghuninya dapat menghayati kehidupan berkebahagiaan tingkat paling tinggi, dengan hiasan-hiasan yang indah dan sangat menakjubkan. Makhluk-makhluk hidup yang mengucapkan atau memanggil nama beliau untuk memohon pertolongan akan beliau bawa mengarungi Samudera kehidupan hingga tiba di Tanah Suci yang beliau ciptakan itu………………. selengkapnya baca di website VVBS di sini

Rabu, 3 Januari 2018 jam 7 malam, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Amitabha Buddha. Upacara dimulai pukul 7.30 malam. Temen – temen yang masih belum mengenal apa itu api homa, bisa baca di “Tanya jawab dengan Vajra Acarya Lian Yuan seputar Ritual Api Homa”, silahkan klik di sini

Upacara berjalan dengan lancar, umat yang hadir juga cukup banyak karena tanggal 3 Januari 2018 ini bertepatan dengan hari suci Amitabha Buddha. Temen – temen yang partisipasi mendaftarkan leluhur mereka juga banyak, baik dari dalam kota maupun dari luar kota. Terima kasih atas partisipasinya. Selesai Upacara Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka pemberkahan Amitabha

Minggu, 7 Januari 2018 VVBS menyelenggarakan Upacara Pertobatan Amitabha (彌陀懺), upacara ini dimulai pukul 2 siang dan dipimpin oleh V.A Lian Yuan serta didampingi oleh V.A Lian Pu, V.A Lian Zui serta Bhikkhu Lhama Lian Xia.

Minggu, 7 Januari 2018 VVBS menyelenggarakan Upacara Pertobatan Amitabha (彌陀懺), upaMengapa kita perlu melaksanakan ritual pertobatan? baca di sini

Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Amitabha BUddha. Minggu ini sungguh beruntung mendapatkan 2 kali abhiseka pemberkahan Amitabha Buddha.

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Tata ritual sadhana Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-amitabha-buddha/

* Untuk download Mantra Amitabha Buddha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-amitabha/

* Untuk download Sutra Amitabha Buddha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-amitabha-buddha/

* Untuk download Penyalinan Sutra Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/penyalinan-sutra/

* Untuk download Mudra Amitabha Buddha beserta, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

* Untuk download Artikel Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/artikel-amitabha-buddha/

* Untuk download Screen Saver Amitabha Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-amitabha-buddha/

Informasi menarik lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment