Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Akasagarbha Bodhisattva 9 Maret 2016 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Akasagarbha Bodhisattva 9 Maret 2016 :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Menyambut Gerhana Matahari, VVBS Palembang menyelenggarakan Upacara Api Homa pemberkahan dan Penyeberangan Akasagarbha pada tanggal 9 Maret 2016. Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Pu dan di dampingi oleh Bhikkhu Lhama.

Sekilas Akasagarbha yang ada di TBSN Indonesia :

【 Pengenalan Singkat Pratima Akasagarbha Bodhisattva】

Akasagarbha Bodhisattva ( 虛空藏菩薩 – Xukongzang Pusa ) mengenakan Mahkota Pancadhyani, tangan kanan menekuk memegang khadga yang menyala-nyala, tangan kiri memegang Padma di sisi pinggang, di atas Padma terdapat ratna mutu manikam, Akasagarbha Bodhisattva bertubuh putih, duduk di atas padmasana berwarna biru.

【 Kutipan Dharmadesana Mahaguru Liansheng Sheng-yen Lu 】

Akasagarbha Bodhisattva ada pada Vajradhatu maupun Garbhadhatu Mandala, dalam Vajradhatu-mandala Beliau adalah Vajra-ratna Bodhisattva, merupakan salah satu dari 16 Arya Bhadrakalpika, berada di koridor Selatan.

Pada Garbhadhatu-mandala, merupakan Pimpinan Akasagarbha-sala.

Gelar Tantra dari Akasagarbha Bodhisattva adalah Ku-cang Jin-gang (庫藏金剛 – Vajra Penyimpanan ) , yang dimaksud dengan Akasagarbha adalah Prajna luas dan mendalam, seluas angkasa. Beliau bersemayam di akasaloka, tidak hanya memperoleh segala makna guhya, bahkan dengan Mahakarunacitta menuntun semua makhluk.

Akasagarbha Bodhisattva mempunyai Tanah Suci yang disebut Gandhalaya-loka, ada juga yang mengatakan bahwa Tanah Suci Akasagarbha Bodhisattva adalah bintang-bintang, Tanah Suci-Nya memenuhi angkasa, bagaikan bintang-bintang memenuhi angkasa. Oleh karena itu kemampuan dan kewibawaan Akasagarbha Bodhisattva sangat besar.

Akasagarbha Bodhisattva memiliki dua pintu guhya agung yaitu berkah dan Prajna. Keterangan mengenai Beliau tercantum di Akasagarbha Sutra, Mahasamnipata Sutra Akasagarbha Varga, Asta-maha-bodhisattva-mandala Sutra dan lain sebagainya.

Akasagarbha Bodhisattva merupakan salah satu dari Asta-maha-bodhisattva, saat kita melafalkan Sutra Raja Agung kita juga melafalkan Nama Agung Akasagarbha Bodhisattva.

Asta-maha Bodhisattva dalam Mahayana adalah : Avalokitesvara Bodhisattva, Manjusri Bodhisattva, Samantabhadra Bodhisattva, Ksitigarbharaja Bodhisattva, Maitreya Bodhisattva, Akasagarbha Bodhisattva, Vajrapani Bodhisattva dan Sarvanivaranaviskambhin Bodhisattva…….. baca selengkapnya artikel ini di sini

Pukul 05.00 WIB (pagi), satu per satu umat hadir. Walaupun upacara kali ini di adakan pagi hari, tidak menjadi penghalang bagi umat yang ingin berpartisipasi. Walaupun terlihat muka – muka yang masih ngantuk, tetapi tetap semangat untuk berpartisipasi. Barisan muda mudi menjemput rombongan Vajra Acarya diiringi mantra Mahaguru. Tiba di Bhaktisala, Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu pendupaan, dilanjutkan dengan namaskara.

Proses upacara sesuai dengan tata ritual upacara api homa yaitu dari mantra pembersihan hingga mantra Mahaguru untuk memohon adhisana silsilah dari Mahaguru. Memasuki tahap inti, untuk Visualisasi Akasagarbha , sebelum melakukan visualisai Akasagarbha ini, kita harus menyiapkan segelas air, maka terlihar di altar Mandala Akasagarbha terdapat banyak air mineral. Visualisasi Akasagarbha yaitu Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara kang berwarna biru muda. Bijaksara Kang yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Akasagarbha, Kemudian bervisualisasi kobaran nyala sinar putih dari ratnakhadga(pedang) Akasagarbha Bodhisattva melesat bagai kobaran api, melengkung memasuki air minum yang telah dipersemayamkan di altar. Kemudian visualisasikan ratna manikam di atas Padma(teratai) juga memancarkan sinar putih memasuki air minum tersebut. Sinar dari ratnakhadga merupakan Sinar Pedang Prajna, untuk menghancurkan rintangan karma kebodohan batin sejak masa lampau, menebas ikatan karma hitam. Sedangkan sinar ratna-manikam merupakan Sinar Buah Prajna, untuk menambah sinar Prajna sadhaka, bermakna ‘Kokoh Tak Terlupakan.’

Visualisasikan kedua sinar tersebut dengan sangat jelas, kemudian menjapa Mantra 108 kali. Usai menjapa mantra, ambillah air tersebut, kemudian visualisasikan wujud matahari dan rembulan dari gerhana matahari maupun rembulan memasuki air tersebut, ini bermakna di dalam air tersebut terdapat Cahaya Pedang Prajna, Cahaya Buah Prajna, Cahaya Matahari dan Cahaya Rembulan, kemudian minumlah air tersebut. Dilanjutkan dengan berdoa kepada Akasagarbha Bodhisattva supaya mangunggal dengan Anda. Mantra Akasagarbha : 南摩。阿迦捨揭婆耶。嗡。阿利。迦瑪利。慕利。梭哈。Na mo. Ā jiā shě jiē pó yé. Om. ā lì. jiā mǎ lì. mù lì. suō hā (Na mo. Ā khiā shiěk khiē bó yé. Om. ā lì. khiā mǎ lì. mù lì. suō hā)

Kemudian mantra Akasagarbha mengiringi V.A Lian Pu melakukan puja api homa. Satu per satu barang persembahan di masukkan ke dalam tungku dimana sebelumnya V.A Lian Pu memberkati terlebih dahulu. Selain barang persembahan, arak, susu dan kayu homa juga di masukkan ke dalam tungku. Setelah usai memasukkan barang persembahan, V.A Lian Pu memperagakan Mudra tolak bala, pemberkahan dan penyeberangan.

Kemudian dilanjutkan dengan meditasi. Selesai meditasi, dilanjutkan mantra 8 yidam dan puja Amitabha Buddha, penyaluran jasa, mantra Sataksara, namaskara dan terakhir mantra Paripurna.

Upacara api homa selesai, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana dan memberikan abhiseka pemberkahan Akasagarbha

Upacara telah berjalan dengan sukses dan sempurna, berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru, para Buddha Bodhisattva, Yidam, Dharmapala, serta makhluk suci lainnya.

Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, yidam, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :
* Untuk download Mantra Akasagarbha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/mantra/mantra-akasagarbha/

* Untuk download Mudra Akasagarbha beserta, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Informasi menarik lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment