HOMA (Bagian I): Manfaat Ritual Puja Api Homa

Majalah dharma talk edisi Juni 2012 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2012/juni/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul HOMA (Bagian I): Manfaat Ritual Puja Api Homa dari Majalah dharma talk edisi Mei 2012

Hari ini saya akan membahas tentang ritual homa yang memegang peranan penting dalam Tantrayana.

Ada tiga keberhasilan dalam Tantrayana yaitu keberhasilan dalam menjapa mantra, keberhasilan dalam meditasi, keberhasilan melaksanakan puja api homa.

Dengan melaksanakan homa, kita dapat mengubah nasib. Bila homa dilakukan dalam skala besar, bahkan nasib sebuah bangsa pun bisa diubah. Jadi, homa bukanlah upacara persembahan yang biasa-biasa saja. Homa sangat mendalam sehingga orang yang tidak mengerti bisa memandang remeh manfaatnya.

Sering terdengar kisah-kisah tentang berubahnya nasib seseorang setelah mereka melaksanakan ritual puja api homa. Saya berikan contoh.

Sewaktu diberikan kepercayaan untuk membangun sebuah bendungan untuk mencegah banjir, biksu Konghai (biksu jepang yang tersohor, inkarnasi Maha Acarya Lian Sheng di abad 8 Masehi) segera melaksanakan puja api homa dan terus menjapa mantra selama berhari-hari. Sebagai hasilnya, ia dapat melaksanakan tugas sesuai jadwal waktu yaitu sebelum tibanya musim hujan. Karena puja api homa dapat mengubah nasib orang dan bahkan nasib bangsa, homa bukanlah sekedar upacara keagamaan biasa. Kita harus membedakannya dengan jenis-jenis persembahan lainnya.

Homa terbagi menjadi dua yaitu Homa Luar dan Homa Dalam. Disebut Homa Luar sewaktu kita menaruh makanan dan berbagai persembahan lainnya ke dalam tungku dan membakar bahan-bahan itu sebagai persembahan kepada para Buddha dan Bodhisattva.

Sewaktu kita menggunakan api untuk membakar semua kilesa dan karma buruk kita, itu disebut Homa Dalam. Homa Dalam adalah sebuah ilmu yang sangat mendalam karena bisa membawa kita pada tingkat Arahat dan Bodhisattva.

Pendek kata, Homa Luar adalah upacara persembahan api. Sedangkan Homa Dalam adalah proses penyucian untuk membuang karma buruk kita. Kebanyakan siswa Sakyamuni Buddha melatih diri dengan Samadhi Nyala Api yaitu menggunakan api kundalini untuk membakar semua kilesa dan karma buruk. Yoga ini disebut sebagai Homa Dalam di Tantrayana.

Dikisahkan bahwa banyak sadhaka suci di zaman Sakyamuni dulu adalah ahli dalam yoga api kundalini. Jadi, homa adalah sebuah ilmu yang penting yang tidak dapat diabaikan.

Secara umum, altar Tantra yang kita siapkan untuk ritual homa harus terlihat megah, meskipun puja api homa yang dilaksanakan oleh aliran Tantra Jepang sangat berbeda dengan puja api homa di aliran Tantra Tibet.

Tantra jepang menekankan keindahan altar, sedangkan Tantra Tibet menekankan makna internal dari ritual homa. Jadi, altar homa bisa sederhana dan bisa pula sekedar tembok batu bata.

Puja api homa dari aliran Satya Buddha menggunakan cara Jepang maupun cara Tibet. Dekorasi altar harus agung. Ritual harus dilakukan dengan keseriusan karena kemanjuran homa sangat cepat dan kuat.

Kita telah melihat banyak mukjizat setelah acara puja api homa. Adakalanya, yang terjadi sungguh tidak masuk diakal. Apa yang sepertinya mustahil ternyata terjadi. Saya selalu mengingatkan para siswa untuk melaksanakan puja api homa untuk menolak malapetaka.

Menurut pendapat saya, cara aliran Sutrayana dalam memberikan persembahan yaitu sekedar “Menaruh bahan-bahan di meja altar, bernamaskara kepada para makhluk suci, dan menyalakan dupa hio” terlalu sederhana untuk manjur.

Dalam Tantrayana, semua bahan persembahan itu harus disertai dengan ritual, penjapaan mantra, visualisasi, dan mudra. Jadi, pengundangan yang dilakukan akan lebih efektif. Semua makhluk suci akan hadir untuk memeriahkan acara. Akibatnya, ritual homa menjadi efektif dan kuat. Demikian untuk hari ini.

Om Ma Ni Padme Hum.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * HOMA (Bagian I): Manfaat Ritual Puja Api Homa – Dengan melaksanakan homa, kita dapat mengubah nasib. Bila homa dilakukan dalam skala besar, bahkan nasib sebuah bangsa pun bisa diubah. Jadi, homa bukanlah upacara persembahan yang biasa-biasa saja. Homa sangat mendalam sehingga orang yang tidak mengerti bisa memandang remeh manfaatnya.
    • * Rahula – Rahula terhadap setiap sadhaka yang mendukung ajaran dharma sangat membantu, dan sebaliknya terhadap yang merusak ajaran dharma dia bisa memusnahkannya, dan merupakan Dharmapala yang sangat berdharmabala.
    • * Pertemuan Pertama Antara Perintis Zhenfo Zong Dharmaraja Liansheng dan Gyalwa Karmapa ke-17.
    • * Sadhana Pemurnian Dari Sakyamuni Buddha – Banyak Biksu dan siswa Buddhisme yang tahu tentang berbagai metode untuk membuang karma buruk, tetapi mereka tidak tahu bahwa mantra dari Sakyamuni Buddha mempunyai rahasia kekuatan yang besar untuk memurnikan rintangan karma buruk yang paling berat sekalipun.
    • * Nidana dan Tingkat Pencapaian Avalokitesvara Bertangan Seribu – Mengapa Bodhisattva Avalokitesvara Sahasrabhujanetra adalah bhumi ke-11, karena Beliau punya 11 tingkat kepala, paling atas adalah Buddha, ada 11 tingkat, sama halnya dengan Sambodha telah mencapai kebuddhaan, telah mencapai Sambodha, Subudhi, bhumi ke-11 sama dengan Buddha, di dalam 10 Bhumi adalah Bodhisattva, Bhumi ke-11 adalah Buddha.
    • * Mengharapkan dan Memotivasi Murid Zhenfo Zong, Menaati 5 Sila dan Menjalankan 10 Kebajikan – tubuh manusia sulit didapatkan, hanya dengan menaati 5 Sila,baru dapat bereinkarnasi lagi menjadi manusia; selanjutnya kita harus menjalankan 10 kebajikan, baru dapat mencapai tubuh dewa selanjutnya, kita sendiri mengerti cara terbebaskan dari hidup dan mati, setelah kita terbebaskan dari hidup dan mati, 6 alam tumimbal lahir pun teratasi, tingkat pencapaian ini disebut tingkat pencapaian Arahat.
    • * Pertanyaan Ke-20: Bagaimana Baru Dianggap Bersih? – Saya berkata: “Seorang sadhaka yang mencapai pencerahan dan menyaksikan kebenaran, seharusnya paling mengerti apa itu bersih, karena orang yang mencapai pencerahan dan memahami hati, baru memahami tidak mendapatkan apa-apa dan bersih, tidak melekat pada apapun dan bersih, tidak apa-apa dan bersih. Keyakinan pada saat itu, barulah menetap dengan lega dan tenang.”
    • * Sadhana “Pohon Uang” Tantrayana Zhen Fo Zong – Sadhana ini bermanfaat untuk mengabulkan permohonan siswa Tantrayana Zhen Fo Zong akan kekayaan, kenaikan pangkat, kenaikan gaji, usia panjang, nama baik, kebijaksanaan yang lebih tinggi, kesuksesan dalam bisnis, kemajuan karir, perdagangan yang makmur, jaminan keuangan yang berkelanjutan, keberuntungan dalam loteri, upaya memperoleh benda-benda berharga, rumah yang nyaman, mobil mewah, dan sebagainya.
    • * Tatacara Menggambar Fu Harus Lengkap – Kita lebih dulu harus melakukan pembersihan, seperti saat kita bersadhana, kita baca Mantra Pembersihan, “Om Xiuli Xiuli, Mohe Xiuli, Xiuxiuli, Suoha. Om Xiuduoli Xiuduoli Xiumoli Xiumoli Suoha. Namo Sanmanduo Muduonan Om Dulu Dulu Diwei Suoha.”, kemudian Anda harus baca “Om Warilada. Hehehu”, menggambar Fu harus baca mantra, Fu dan mantra harus dipadukan bersama.
    • * Tekun dan Fokus Bersadhana Baru Dapat Berubah dari Miskin Menjadi Kaya – Saya beritahu Anda semua, bersadhana harus tekun, harus fokus, Anda baru bisa berubah dari miskin menjadi kaya.
    • * 蓮生活佛講心經 -“【無苦集滅道】--道(五)”

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment