Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 13 Februari 2013 di OCC Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Memperingati Tahun Baru Imlek 2564 sekaligus memohon pemberkahan serta kesejahteraan keluarga sepanjang tahun 2013 di awal tahun baru imlek, Rabu 13 Februari 2013 Vihara Vjra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Akbar Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning di Opi Convention Center (OCC). Upacara ini diselenggarakan pada pukul 19.00 WIB dan dipimpin oleh Vajra Acarya Lian Yuan.

Dari hari sebelumnya hingga 13 Februari 2013 pagi panitia telah mempersiapkan altar mandala, mandala Jambala Kuning, Tandu Maha Dewi Yao Chi, Tungku Api Homa, Persembahan homa, dan lain sebagainya. Pukul 17.00 WIB, satu persatu umat hadir memadati lapangan OCC. Walaupun kondisi cuaca pada saat itu terjadi hujan rintik, tetapi tidak menjadi penghalang bagi umat yang ingin partisipasi dalam Upacara ini. Jumlah umat yang hadir kira – kira sekitar 800 orang.

 Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 13 Februari 2013 di OCC Palembang

Dari Video dokumentasi, temen – temen bisa melihat kondisi tempat upacara, altar mandala, Mandala Jambala Kuning, persembahan homa. Yang menjadi pusat perhatian salah satunya adalah mandala Jambala Kuning. Mandala ini sungguh agung, Pratima Jambala Kuning dikelilingi Pratima Panca Buddha, setiap sisi berhiaskan beraneka jenis persembahan dan aksesoris yang berwarna emas (kuning). Selain itu, yang menjadi perhatian berikutnya adalah sebuah wadah yang berisikan beras kuning dimana Pratima Jambala berada di atas beras tersebut. Disana juga terdapat lipatan uang yang diletakkan oleh umat di sana.

Pukul 19.00 WIB upacara dimulai, diawali dengan menampilkan tarian tangan 1000. Setelah menampilkan tarian tangan 1000, para penari beserta muda mudi Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya memberikan hormat kepada altar Mandala kemudian dengan diiringi mantra Mahaguru berjalan menjemput Vajra Acarya. Yang menarik kali ini adalah, terlihat dewa rezeki (Cai Shen. Salah seorang muda mudi VVBS mengenakan pakaian Cai Shen) membawa payung vajra memayungi Vajra Acarya.

Memasuki ritual upacara, setelah bervisualisasi jambala kuning, Vajra Acarya memberkati sarana puja dan kayu homa serta memutar japamala memberkati. Kemudian mempersilahkan Vajra Acarya memberkati kertas sembayang, melakukan Sima Bhandana pada Tungku Homa dengan Tongkat Vajra, menyalakan api pada tungku homa, sarana puja dimasukkan, memperagakan mudra tolak bala, dan pemberkatan. Umat yang hadir melafalkan mantra Jambala kuning.

Satu per satu persembahan di masukkan ke dalam tungku. Semua umat yang hadir dengan khusyuk melafalkan mantra Jambala Kuning, ada juga terlihat yang sedang mengucapkan permohonan.

Selesai melakukan puja api homa, Vajra Acarya kembali menuju kursi Dharma yang terdapat di altar mandala. kemudian dilanjutkan dengan melafalkan sutra dagang. Selesai upacara dilanjutkan dengan Vajra Acarya dan para Bhikkhu Lhama, Pandita Lokapalasraya beserta pengurus dan umat VVBS bersama – sama bersujud dan memohon Buddha menetap. Lantunan lagu “Qing Fo Zhu Shi” mengiringi prosesi tersebut.

Upacara telah selesai, Vajra Acarya menyampaikan ceramah dharma. Sebelumnya Beliau menyampaikan, kali ini prosesi abhiseka pemberkahan agak sedikit bebeda. Biasanya setiap umat berbaris dan secara bergiliran untuk mendapatkan abhiseka. Sedangkan kali ini, semua orang tetap pada tempat duduknya dan Vajra Acarya dengan welas asih berjalan ke satu persatu lokasi untuk memberikan abhiseka pemberkahan dengan menggunakan beras yang telah diberkahi. Vajra Acarya mengatakan beras mewakilkan rezeki yang berlimpah atau pangan yang berlimpah, karena beras tersebut telah mendapatkan pemberkahan dari Jambala Kuning.

Selesai menyampaikan ceramah Dharma, Vajra Acarya melakukan abhiseka pemberkahan Jambala Kuning, terlihat para Bhikkhu Lhama yang lain dan Dewa Rezeki membagikan gantungan kitab suci yang telah mendapatkan pemberkahan dari Mahaguru.

Selesai pemberkahan, Barisan rombongan muda mudi VVBS yang membawa persembahan dan panji – panji kembali menghantar rombongan Vajra Acarya. Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman sedharma yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu mendapatkan pemberkahan dari Mahaguru, Jambala Kuning, para BUddha BOdhisattva dan makhluk suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Jambala kuning beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-jambala-kuning/

Untuk download Tata Ritual Jambala Kuning beserta bulatan penjapaannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/tata-ritual-sadhana-jambala-kuning/

Untuk download Mudra Jambala Kuning silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Untuk download Artikel Jambala Kuning, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/artikel-lain/jambala-kuning/

Untuk download Screen Saver Jambala Kuning, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-jambala-kuning/

Om Mani Padme Hum.



Baca juga:

  1. Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 3 Februari 2014 di VVBS Palembang
  2. Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 8 September 2013 di VVBS Palembang
  3. Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 28 Agustus 2014 di VVBS Palembang
  4. Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Merah di OPI Convention Center 29 Maret 2013
  5. Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Jambala Kuning 29 Januari 2012 di VVBS Palembang

Leave a comment

Your comment