Artikel Mantra Balas Budi Orang Tua

Majalah dharma talk edisi Desember 2014 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2014/desember/. Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Mantra Balas Budi Orang Tua dari Majalah dharma talk edisi Desember 2014

Mantra Balas Budi Orang Tua

Hari ini masih termasuk dalam bulan tujuh imlek, merupakan Bulan bakti, banyak menjapa Mantra Balas Budi Orang tua :“Namo. Mi-li-duo. Duo-po-yi. Suoha.” (Baca : Namo Mi-li-tuo. Tuo-pho-yi. Suoha)

Dalam buku Dharmaraja Liansheng ke 40 ada tertulis: Tahun itu mengemban petunjuk Tuan San-shan Jiu-hou, bahwa membalas budi orang tua dan menyeberangkan arwah merupakan sebuah cara yang baik untuk memberikan manfaat pada pelatihan diri sendiri, demikianlah:

“Almarhum orang tua dan orang tua selama tujuh kehidupan lampau akan terlahir di alam bahagia; Sedangkan orang tua di dunia terbebas dari sakit penyakit, anak dan orang tua memperoleh manfaat, yang masih hidup maupun yang meninggal dunia semua memperoleh uluran pertolongan, selamanya terhindar dari alam rendah dan senantiasa berbahagia.” Dengan menggunakan metode ini, almarhum dapat terhindar dari derita dan terlahir dialam bahagia, sedangkan pihak yang hidup akan memperoleh berkat dan usia panjang. Para insan dari berbagai alam dan berbagai cara kelahiran, para arwah dan preta yang didera delapan macam penderitaan, semuanya dapat dibimbing untuk bertobat dan dituntun keluar dari samudera samsara.

Membalas budi orang tua merupakan kewajiban setiap anak, sedangkan menyeberangkan arwah para bhuta dan preta merupakan dasar bagi realisasi Kebuddhaan, tidak peduli bagaimana besarnya pahala, ini semua merupakan pengembangan Maha-karuna, merupakan ikatan afinitas kebajikan yang sangat baik . . .

Dengan mendalam saya memahami bahwa Mantra Balas Budi orang tua: “Namo Mi-li-tuo Tuo-pho-yi Suoha.”

Bila selama bulan 7 imlek, setiap hari menjapakannya 49 kali, dapat membalas budi orang tua. Ini merupakan metode yang disesuaikan dengan kondisi insan, sebab Upacara Akbar Ulambana jika digelar oleh setiap keluarga, maka tidak akan ada yang sanggup mendanainya, sehingga Upacara Ulambana bisa dilaksanakan bersama sama dengan menghimpun kekuatan khalayak, dengan demikian bisa meminimalkan pengeluaran dan manfaatnya pun sama.

Namun bagi keluarga miskin yang tidak sanggup mengikuti Upacara Ulambana, saya menyemangati mereka untuk menjapa 49x Mantra Balas Budi Orang tua setiap hari selama bulan 7 imlek, ini juga mampu membalas budi orang tua dengan cara menuntun para almarhum terlahir di alam bahagia, ini merupakan “Semua Keluarga Melahirkan Buddha.” Kebajikan yang sangat agung.

Sumber: Buke ke-40 Dharmaraja Lian Sheng

Om ma ni pei me hum.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

    • * Mantra Balas Budi Orang Tua – “Namo. Mi-li-duo. Duo-po-yi. Suoha.” (Baca : NamoMi-li-tuo. Tuo-pho-yi. Suoha)
    • * Melangkahi Api – Makna dari guohuo adalah “Pembersihan”, yaitu melewati api membersihkan barang,termasuk manusia dan pratima.
    • * Menjelaskan Metode Pemurnian Melewati Api – Dharmaraja Lian-sheng menjelaskan perihal “kesambet” dan bagaimana melakukan metode pemurnian melewati api. (過火/Guo-huo).
    • * Setan Peti Mati – Saya pernah bertemu banyak orang, yang takut ‘setan peti mati’orang–orang ini lain dari yang lain, begitu bertemu, maka terjadilah sesuatu.
    • * Ketinggalan di Seberangkan – “Formulir tidak diisi dengan lengkap atau formulir tidak dibakar, para arwah tidak masuk ke dalam api dan dibersihkan, Trini Arya ketinggalan menyeberangkan arwah-arwah ini, sehingga, arwah-arwah ini mencariAnda.”
    • * Cara Mengatur Altar (1) – Pratima (patung) utama di altar haruslah Yidam kita. Ia duduk di tengah. Kerabat- kerabat nya ada di baris kedua. Semua Yidam mempunyai kerabat. Misalnya, Yidam Amitabha selalu didampingi oleh Avalokitesvara dan Mahasthama Bodhisattva.
    • *Cara MengaturAltar (2) – Memurnikannya dengan air suci, membuat perbatasan altar, men-dekorasi altar dengan benar, menaruh altar di tempat dimana prana berkumpul.
    • *Pengulasan Tata Ritual Tantra Lengkap dan Mendetail Bagian 9 – Berikutnya adalah penekunan Sadhana Catur-prayoga. Sadhana ini juga terdapat mantra, mudra dan visualisasi.
    • * 【釋經文】憍梵波提,賓頭盧頗羅墯 & 迦留陀夷、摩訶劫賓那

Terima Kasih atas dukungan dan doanya.
=======================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

      • * Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
      • * Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

      • * Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
      • * Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
      • * Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
      • * Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: http://www.facebook.com/ViharaVajraBhumiSriwijaya
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment