Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan dan Upacara Menyambut hari Trisuci Waisak 2558 BE Mei 2014 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan Menyambut hari Trisuci Waisak 2558 BE Mei 2014 :

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_4mei2014.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_13mei2014.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu :

  • * Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini
  • * Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodhgaya) pada usia 35 tahun
  • * Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”.

Pada tahun 2014,Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (VVBS) menyelenggarakan beberapa kegiatan dan Upacara untuk menyambut hari Trisuci Waisak 2558 BE. Antara lain Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sakyamuni Buddha, prosesi mandi Rupang, dan pemasangan pelita suci.

Prosesi Mandi RupangMinggu, 4 Mei 2014 pukul 2 siang, Diadakan prosesi Mandi Rupang. Upacara dipimpin oleh V.A Lian Pu. Ternyata umat yang hadir cukup banyak hampir memadati ruang bhaktisala, walaupun hari tersebut belum bertepatan dengan hari Trisuci Waisak. Sebelum melakukan prosesi mandi rupang terlebih dahulu melaksanakan puja bakti. Di dalam puja bakti tersebut, ada melafalkan sutra pahala mandi rupang (yu fo gong de jing), dan juga melantunkan pujian dalam prosesi mandi rupang.

Puja bakti selesai, Vajra Acarya Lian Pu menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengarkan di atas. Setelah itu, Prosesi Mandi Rupang dimulai, seluruh umat berbaris menjadi lima baris, kemudian diawali dengan Vajra Acarya, Ketua vihara dan pengurus untuk melakukan pertama kali proses mandi rupang, setelah itu disusul satu per satu umat hingga semua telah melakukannya.

Selasa 13 Mei 2014, VVBS menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sakyamuni Buddha serta pemasangan pelita suci. Sebelum upacara dimulai, temen – temen yang telah partisipasi pelita, semua telah disusun dan dinyalakan. Ada juga yang belum mendaftar sehingga sedang menulis nama, ada juga yang sedang menulis kayu homa dan formulir.

Pelita Suci

Upacara dimulai pukul 19.30 WIB, barisan penjemputan Vajra Acarya diiringi Mantra Mahaguru menjemput kedua Vajra Acarya. Sesampai di Bhaktisala, dengan iringan lagu Pendupaan Vajra Acarya mempersembahkan dupa. Setelah kedua Vajra Acarya duduk di Dharmasana, memasuki tata ritual upacara api homa.

Visualisasi Sakyamuni Buddha adalah : Bervisualisasi di atas samudera, langit cerah tanpa awan, Cakra Chandra muncul dari permukaan Samudera, ditengah Cakra Chandra terdapat bijaksara Bhah (Phu) berwarna putih, memancarkan Maha Cahaya Putih yang terang benderang. Bijaksara Bhah yangberada ditengah Cakra Chandra berputar searah jarum jam, berubah menjadi Sakyamuni Buddha dengan wujud yang Sempurna. Bervisualisasi Cakra Kening Sakyamuni Buddha memancarkan cahaya putih menyinari dahi kita. Cakra Tenggorokan Sakyamuni Buddha memancarkan seutas sinar merah menyinari tenggorokan kita, dan Cakra Hati Sakyamuni Buddha memancarkan sinar biru menyinari cakra hati kita, demikianlah Tri Cahaya melebur di dalam Lahir Batin kita. Mengundang Adinata Sakyamuni Buddha ‘Memasuki Diriku’. ZHA, HUM, BAN, HUO. Diri sendiri dan Adinata Sakyamuni Buddha menjadi satu yang tiada berbeda. (Pada saat ini, terlepas dari Visualisasi yang kita lakukan jelas atau tidak, yang terpenting adalah kita sudah berusaha bervisualisasi sejelas mungkin dan di dalam diri kita ada Motivasi “Saya adalah Sakyamuni Buddha”). Untuk mantra dari Sakyamuni Buddha 南摩。三滿多。母陀南。縛 (Namo San man duo Mu tuo nan pho). Download di sini.

Selesai upacara, V.A Lian Yuan dan Vajra Acarya Lian Pu memberkati pelita suci yang telah dinyalakan. Kemudian dilanjutkan Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa teman – teman dengarkan di atas.

Seluruh kegiatan waisak telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan waisak ini.

Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Sakyamuni Buddha beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

Untuk download Screen Saver Sakyamuni Buddha beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-sakyamuni-buddha/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
https://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
https://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment