Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan dan Upacara Menyambut hari Trisuci Waisak 2559 BE Juni 2015 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan Menyambut hari Trisuci Waisak 2559 BE Juni 2014 :

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu 28 Mei 2015 selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_28mei2015.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 28 Mei 2015 selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_28mei2015.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Pu 31 Mei 2015 selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_pu_31mei2015.mp3

Dharmadesana Vajra Acarya Lian Yuan 31 Mei 2015 selengkapnya:
http://shenlun.org/share/mp3/lian_yuan_31mei2015.mp3

Liputannya adalah sebagai berikut :

Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu :

  • * Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini
  • * Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodhgaya) pada usia 35 tahun
  • * Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”.

Pada tahun 2015,Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (VVBS) menyelenggarakan beberapa kegiatan dan Upacara untuk menyambut hari Trisuci Waisak 2559 BE. Antara lain Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sakyamuni Buddha, prosesi mandi Rupang, dan pemasangan pelita suci.

Upacara Api HomaKamis, 28 Mei 2015 pukul 7 malam diadakan Upacara Api Homa Pemberkahan dan Penyeberangan Sakyamuni Buddha. Upacara dipimpin oleh V.A Lian Yuan. Walaupun hari tersebut belum bertepatan dengan hari Trisuci Waisak, tetapi jumlah umat yang hadir lebih dari biasanya. Upacara dimulai, Vajra Acarya mempersembahkan dupa diiringi lagu pendupaan. Kemudian memasuki tata ritual upacara api homa seperti biasanya.

Untuk Visualisasi Sakyamuni Buddha adalah : Bervisualisasi di atas samudera, langit cerah tanpa awan, Cakra Chandra muncul dari permukaan Samudera, ditengah Cakra Chandra terdapat bijaksara Bhah (Phu) berwarna putih, memancarkan Maha Cahaya Putih yang terang benderang. Bijaksara Bhah yangberada ditengah Cakra Chandra berputar searah jarum jam, berubah menjadi Sakyamuni Buddha dengan wujud yang Sempurna. Bervisualisasi Cakra Kening Sakyamuni Buddha memancarkan cahaya putih menyinari dahi kita. Cakra Tenggorokan Sakyamuni Buddha memancarkan seutas sinar merah menyinari tenggorokan kita, dan Cakra Hati Sakyamuni Buddha memancarkan sinar biru menyinari cakra hati kita, demikianlah Tri Cahaya melebur di dalam Lahir Batin kita. Mengundang Adinata Sakyamuni Buddha ‘Memasuki Diriku’. ZHA, HUM, BAN, HUO. Diri sendiri dan Adinata Sakyamuni Buddha menjadi satu yang tiada berbeda. (Pada saat ini, terlepas dari Visualisasi yang kita lakukan jelas atau tidak, yang terpenting adalah kita sudah berusaha bervisualisasi sejelas mungkin dan di dalam diri kita ada Motivasi “Saya adalah Sakyamuni Buddha”). Untuk mantra dari Sakyamuni Buddha 南摩。三滿多。母陀南。縛 (Namo San man duo Mu tuo nan pho). Download di sini.

Selesai puja api homa, Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma yang bisa teman – teman dengarkan di atas. Setelah berceramah Dharma, Vajra Acarya mewakili Mahaguru untuk memberikan abhiseka sarana kepada 2 orang umat, dan memberikan abhiseka pemberkahan Sakyamuni Buddha kepada umat yang hadir.

Minggu, 31 Mei 2015 jam 2 siang diselenggarakan prosesi mandi rupang. Sebelum upacara dimulai, telah disiapkan meja, kemudian baskom sebanyak 5 buah dimana masing – masing telah berisi air yang telah ditaburi beraneka ragam bunga segar, ditengahnya terdapat pratima Sakyamuni kecil. Disamping meja tersebut terdapat beraneka ragam sabun, minyak wangi dan sebagainya. Seperti biasa, setiap tahun apabila ada prosesi mandi rupang, selalu ada sabun, minyak wangi, dan sebagainya. Maksud mempersembahkan sabun adalah membersihkan semua karma buruk di tubuh kita.

Mandi RupangProsesi dimulai pukul 2, mendengar adanya mandi rupang, wah setiap tahun selalu ramai. Karena umat tidak mau ketinggalan moment yang hanya diadakan satu tahun satu kali ini, apabila terlewat sungguh disayangkan, harus menunggu tahun depan. Prosesi diawali dengan puja bakti terlebih dahulu, dimana yidamnya adalah Sakyamuni Buddha. Dipertengahan, setelah melafalkan Mantra Sakyamuni, dilanjutkan melafalkan Mantra Sakyamuni Buddha mengikis karma. Dialnjutkan dengan melafalkan sutra pahala mandi rupang (yu Fo gong de jing)

Setelah Puja bakti selesai, Vajra Acarya Lian Yuan dan Vajra Acarya Lia Pu menyampaikan ceramah Dharma yang bisa temen – temen dengarkan di atas. Setelah itu, Prosesi Mandi Rupang dimulai, seluruh umat berbaris menjadi lima baris, kemudian diawali dengan para Vajra Acarya, Bhikkhu Lhama, Ketua vihara dan Ketua Majelis untuk melakukan pertama kali proses mandi rupang, setelah itu disusul satu per satu umat hingga semua telah melakukannya. Setelah selesai semua, Vajra Acarya Lian Yuan memberikan abhiseka sarana kepada umat yang baru, dilanjutkan dengan Abhiseka pemberkahan Sakyamuni Buddha kepada semua umat yang hadir.

Pelita Suci

Selasa 2 Juni 2015, bertepatan dengan hari Trisuci Waisak 2559 BE, pukul 7.30 WIB malam, diadakan puja bakti biasa dengan Yidam Sakyamuni Buddha. Hari ini merupakan hari Waisak, dikarenakan kedua Vajra Acarya berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan di Candi Borobudur, maka puja bakti hari ini dipimpin oleh Bhikkhu Lhama Lian Xia. Selain puja bakti, hari ini seluruh umat yang telah berpartisipasi dalam pelita, nama – nama tersebut telah di tempel di lilin dan dihidupkan. Semoga dapat menerangkan jalan kehidupan anda semua. Terimakasih telah berpartisipasi. Puja Bakti dimulai, di pertengahan puja bakti, Bhikkhu Lhama memimpin seluruh umat yang hadir mengelilingi Vihara dan Pelita sambil melantunkan Nama Agung Sakyamuni Buddha. Selesai puja bakti, bersama – sama menyanyikan lagu “Malam Suci Waisak” dan lagu “Kelahiran Sang Buddha”.

Seluruh kegiatan waisak telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan waisak ini.

Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Mantra Sakyamuni Buddha beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

Untuk download Screen Saver Sakyamuni Buddha beserta bulatan penjapannya, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-sakyamuni-buddha/

Untuk download Mudra Sakyamuni Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment