Percaya Bahwa Diri Sendiri Adalah Buddha, Benarkah Itu?

Majalah dharma talk edisi Januari 2011 telah terbit dalam versi electronic dan dapat di baca dan download selengkapnya di : http://www.shenlun.org/dharma-talk/2011/januari/
Berikut ini salah satu artikel yang berjudul Percaya Bahwa Diri Sendiri Adalah Buddha, Benarkah Itu? dari Majalah dharma talk edisi Januari 2011

Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle merayakan hari pencerahan Avalokitesvara Bodhisattva lebih awal dengan mengadakan Upacara Pertobatan Mahakaruna (Da Bei Bao Chan). Upacara dipimpin oleh V.A. Lian Yin, dihadiri oleh Mahaguru dan Guru Dhara yang welas asih serta V.A. Lianhua Dehui, V.A. Lian Ning, V.A. Lian Jie dan Dharmacarya Lianhua Chunlian, Dharmacarya, Lhama dari Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle, rekan-rekan se-Dharma dari Kanada seperti Calgary, Vancouver, dan sekitarnya turut hadir. Suasana sangat ramai.

Di depan Dharmasala utama dari Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle telah penuh oleh bahan-bahan persembahan seperti bunga-bunga segar, buah-buahan, kue tar dan beragam makanan ringan yang tampak sangat mewah.

Sebelum upacara dimulai, pertama-tama Acarya Lian Yin mempersembahkan khata kepada Mahaguru, kemudian perwakilan dari Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle mempersembahkan khata kepada Acarya Lian Yin selaku pemimpin upacara. Selanjutnya upacara pertobatan pun dimulai.

Tatacara pertobatan berjalan lancar, paritta yang terdengar khidmat dan terlatih yang dibawakan oleh para Lhama, memandu hadirin untuk fokus bernamaskara dan memohon pertobatan, dengan harapan semoga rintangan karma disingkirkan, berkah dan kebijaksanaan meningkat, serta mengubah kejahatan menjadi kemujuran.

Usai namaskara pertobatan, Acarya Lian Yin mengangkat kisah tentang seorang bhikku yang tidak mau bayar setelah makan tahu yang dijual pedagang tahu. Dari ceramah tersebut Beliau menjelaskan bahwa segala hal di dunia ini ada karmanya, bila kita berutang pada orang lain maka kita harus membayarnya. Orang lain berutang pada Anda, Anda pun berutang pada orang lain, saling berutang, saling membayar hutang, semuanya sedang membayar karma. Acarya Lian Yin memotivasi kita untuk banyak melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain, serta menghargai Dharma Tantra Zhenfozong yang diajarkan oleh Mahaguru dengan sebaikbaiknya. Kita harus menghormati Guru, menghargai Dharma, dan bersadhana dengan sungguh-sungguh, kelak kita pasti dapat mencapai keberhasilan dalam sadhana.

Selanjutnya Mahaguru menyampaikan sebuah ceramah yang menarik dengan menjawab sebuah artikel (Percaya Bahwa Diri Sendiri Adalah Buddha) yang ditulis oleh Hong Lianhua Wantong di dalam Majalah Randeng. Mahaguru mengatakan bahwa ‘percaya’ dan ‘menyaksikan’ bahwa diri sendiri adalah Buddha itu beda, sebab di dalam enam landasan indera dan enam macam perasaan para insan terdapat Buddhata dari ‘Tathata’, prinsipnya ibarat perbedaan antara logam mulia dan emas. Untuk “memahami pikiran” pertama-tama seseorang harus menghentikan kerisauan. Hanya di dalam samadhi, seseorang baru dapat menemukan Buddhata yang sejati. Bila seseorang percaya bahwa dirinya adalah Buddha namun keserakahan, kebencian, dan kebodohannya masih ada, ia masih saja seorang insan. Seseorang harus melalui proses bhavana (pelatihan diri) yang tekun, barulah kebiasaan buruknya dapat berangsur-angsur disingkirkan. Untuk berhasil, seseorang harus melewati suatu kurun waktu yang sangat panjang, ia harus menyaksikan Buddhatanya sendiri. Ia harus melatih diri hingga rintangan kerisauan dan seluruh rintangan pengetahuannya disingkirkan, kemudian membangkitkan maitri dan karuna (welas asih), lalu menghapus semua kemelekatan yang paling halus dalam dirinya, setelah itu ia baru dianggap telah mencapai kebuddhaan.

Selanjutnya Mahaguru memberikan abhiseka bersarana kepada siswa baru, memimpin peresmian pratima buddha, dan memberkati air Mahakaruna Dharani. Setelah itu, para Lhama dari Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle mendorong keluar kue tar yang cukup besar, mempersilahkan Mahaguru dan Guru Dhara bersamasama memotong kue tar, serta berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Mahaguru yang welas asih kemudian memberkati setiap siswa dengan penjamahan kepala, sebab besok empat lembaga utama di Vancouver menyelenggarakan upacara gabungan, mereka bergabung mengundang Mahaguru untuk hadir, Mahaguru berharap semua orang lekas pulang supaya besok dapat menghadiri upacara akbar tersebut.

Dalam majalah dharma talk ini berisi penjelasan mengenai:

  • * Di dunia ini, salah satu hal yang paling sulit adalah menyadarkan manusia. Setelah kematianku ingatlah selalu bahwa selama kamu menuruti hati nuranimu dan pikiran yang baik maka pelindung di langit akan menolongmu. Janganlah engkau hiraukan hal – hal yang sepele lainnya.
  • * Percaya bahwa diri sendiri adalah Buddha, benarkah itu? Baca kelengkapan artikel ini di DharmaTalk Januari 2011
  • * Kita melakukan sadhana dengan tujuan membuang karma buruk kita, semua kekuatiran, dan kesadaran yang telah bertumpuk semenjak masa lampau yang tak terhingga. Berbagai perbedaan akibat karma yang berbeda adalah akibat dari hukum karma, sebab akibat. Kita menuai buah dalam kehidupan ini untuk benih yang ditaburkan dalam kehidupan lampau. Begitu pula, kita menuai buah dalam kehidupan akan datang untuk benih yang kita taburkan dalam kehidupan ini.
  • * Pikiran “Berjodoh dengan semua insan”
  • * Buddhadharma dapat membuat anda memperoleh jiwa prajna yang abadi.
  • * Liang botol arak Yen Shang Lei Zang Si menebarkan rasa Dharma Amrta harum semerbak.
  • * Kalachakra memiliki 2 prinsip dasar, prinsip dasar pertama adalah “sunya”, “tiada kelahiran”; prinsip dasar kedua adalah “terang”, disebut “perpaduan terang dan sunya”, jika anda melatih diri berdasarkan kedua cara ini, kelak berhasil dalam Sadhana Adidharma Kalachakra.
  • * Kita harus sering melatih diri, sehingga dalam kondisi apapun, kita harus hadapi dengan tenang dan berpikiran jernih. Dengan demikian, banyak cahaya yang menyinari diri Anda, agar kesejahteraan dan kebijaksanaan bersamaan dengan latihan setiap kali sedikit demi sedikit akan bertambah, hingga mencapai kesempurnaan.
  • * VASAVATTIMARADHIRAJA
  • * Dalam DharmaTalk edisi Januari 2011 ini juga artikel mengenai tiga jenis persembahan dalam Tantrayana yakni “Puja luar”, “puja dalam”, dan “puja rahasia”. Bagi teman teman yang ingin membaca selengkapnya dapat membaca secara online di DharmaTalk edisi Januari 2011
  • * Edisi Januari 2011 ini juga membuat artikel mengenai tubuh kekal Vajra
  • * Sitatapatra Bhagavati: penjelasan asal muasal sitatapatra bhagavati. Semua permohonan baiknya pasti mudah terkabul. Bagi yang mendalami atau membaca mantra ini akan sering mendapat kasih dan perlindungan para Dewa serta mendapat karunia-Nya. Bila menuliskan lalu membaca mantra ini atau memujanya, pahalanya adalah sama juga bisa memohon terlahir di alam Sukhavati.

=====================================================================================================================

Bagi temen temen sedharma yang ingin mendapatkan hard copy majalah dharma talk dapat mengisi formulir berlangganan majalah dharma talk yang dapat di http://www.shenlun.org/dharma-talk

Bagi temen temen sedharma yang berminat menjadi donatur dharma talk , dapat  mengisi formulir donatur dharma talk yang dapat di peroleh di sini dan mengirimkan kembali ke redaksi Dharma Talk melalui email, post atau fax vihara.

Majalah Dharma talk juga menerima :

  • Pemasangan kolum sutra atau mantra -Untuk informasi lebih lanjut mengenai setting, ukuran, tipe kolom mantra dan sutra dapat menghubungi redaksi melalui email di dharma.talk@shenlun.org atau contactus@shenlun.org untuk keterangan lebih lanjut
  • Pemasangan iklan. Iklan yang terpasang di dalam Majalah Talk akan di baca dan di lihat hampir semua umat zhen fo zong dan orang yang berjodoh di seluruh Indonesia, karena majalah ini di bagi bagikan ke berbagai wilayah indonesia dan beberapa kota di negara Malaysia.

Selain dari beberapa cara yang telah di jelaskan di atas, Majalah dharma talk juga membuka cara lain bagi temen temen yang berminat untuk membantu upaya redaksi melakukan penyampaian dharma dengan:

  • Berpartisipasi dalam tim Dharma Talk
  • Mengirimkan cerita pengalaman kontak batin yang di alami
  • Mengirimkan cerita yang mengandung Dharma yang berkesan
  • Mengirimkan Foto/Gambar unik yang berhubungan dengan Budha Dharma

Redaksi Majalah Dharma Talk
Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya (聖輪雷藏寺)
Jalan sayangan Lrg. Rumah Kuning Lama No. 619 Palembang
Telp. (0711) 350 798 Fax. (0711) 320 124
Email: contactus@shenlun.org
Website: http://www.shenlun.org
Blog : http://blog.shenlun.org
Facebook: www.facebook.com/VVBS.Palembang
Youtube: http://www.youtube.com/j1ngen

Leave a comment

Your comment