Liputan dan Dokumentasi Upacara Api Homa Pemberkahan Bhaisajyaguru Buddha 12 September 2011 di VVBS Palembang

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Dokumentasi dari Upacara Api Homa Pemberkahan Bhaisajyaguru Buddha :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Memasuki pertengahan bulan 8 imlek, masyarakat Tiong Hoa pasti tidak akan melewatkan tanggal ini untuk sembayang bulan. Tradisi ini sudah lama dilakukan dan tidak akan terlewatkan oleh semua masyarakat Tionghoa. Tepat pada tanggal ini, bentuk bulan dalam keadaan penuh. Perayaan ini umumnya jatuh pada pertengahan musim panas, berdekatan dengan titik ekuinox utara yaitu titik di mana rentang waktu antara siang dan malam adalah sejajar. Ini adalah sekali dalam kurun waktu satu tahun bulan menampakkan diri sangat dekat dengan planet bumi, berdampingan dengan batas langit dan bersinar kemerahan yang mana melambangkan bersatunya pria (matahari) dan perempuan (bulan), seperti Yin dan Yang dalam tradisi Tiongkok. Perayaan ini intinya adalah puji syukur akan datangnya musim bertanam, awal dari kerja keras dan harapan berhasil dengan panen yang bagus. Pada malam ini bulan purnama akan sangat terang dan indah. Biasanya anggota keluarga berkumpul sambil menikmati kue bulan. Kue bulan tradisional berbentuk bulat, seperti bulatnya purnama yang melambangkan kebulatan dan keutuhan. Zaman sekarang banyak sekali variasi bentuk dan rasa dalam kemasan yang sangat indah.

Sekarang masyarakat Tionghoa merayakan festival ini dengan tari – tarian dan doa sambil menikmati keindahan sang bulan, tentunya sambil menyantap kue bulan. Meskipun ada banyak macam kue pada tradisi Tionghoa, kue bulan hanya dihidangkan pada perayaan kue bulan saja. Salah satu jenis kue bulan tradisional berisi pasta biji teratai. Dengan besar seukuran telapak tangan, kue bulan yang padat berisi biasa dipotong menjadi empat lalu dihidangkan. Ada yang berisi kuning telur asin ditengah, melambangkan bulan purnama.

Berbagai jenis cerita awal mula dari festival ini, ada dari versi Versi Raja Ho Le, Versi Perjuangan Prajurit Cina, Sebagai Lambang Kerja Keras, Versi Hou Yi & Chang-Er, dan lainnya. Menyambut festival kue bulan (Mid-Autumn Festival / Moon Cake festival /中秋節) yang jatuh pada hari Senin, 12 September 2011 (八月十五日 / bulan 8 tanggal 15 imlek) ini, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Upacara Api Homa Pemberkahan Bhaisajyaguru Buddha (南無藥師琉璃光如來息災祈福護摩火供大法會). Upacara ini dipimpin oleh V.A Lian Yuan dan di dampingi oleh para Bhikkhu Lhama dan Pandita Lokapalasraya.

Upacara Api Homa berjalan sesuai dengan tata ritual upacara Api homa, selesai upacara, V.A Lian Yuan menyampaikan ceramah yang intinya adalah sebagai berikut : V.A Lian Yuan menjelaskan mengapa saat sembayang bulan ini kita mengadakan Upacara Api Homa pemberkahan Bhaisajyaguru Buddha, karena salah satu pengawal dari Bhaisajyaguru Buddha adalah dewa bulan atau dikenal dengan Yue Guang Pu sa (月光菩薩 / Bodhisattva Candra). Kita melakukan sadhana Bhaisajyaguru Buddha ini memohon kepada Bhaisajyaguru Buddha agar dapat memberkati kita sehingga kita selalu sehat, terhindar dari penyakit karena Bhaisajyaguru Buddha adalah Buddha Obat / Medicine Buddha / 藥師佛.

Selesai upacara, V.A Lian Yuan beserta Bhikkhu Lhama dan para umat bersama – sama keluar dari Vihara menuju ke luar untuk sembayang bulan bersama – sama.

Upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya Adhisatana dari Mahaguru dan para Budha Bodhisattva. Terima kasih kepada temen – temen yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya Upacara ini. Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Semoga Mahaguru selalu sehat dan senantiasa memutar roda dharma.

Untuk download Mantra Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mantra/

Untuk download Tata Ritual Sadhana Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/tata-ritual/

Untuk download sutra Bhaisajyaguru Buddha dan bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/sutra/

Untuk download music mantra dan lagu Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Untuk download Screen Saver Bhaisajyaguru Buddha silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/lainnya/

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment