Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan dan Upacara Menyambut hari Ulang Tahun Mahaguru ke – 70

Temen – temen, Amituofo
Berikut ini adalah Video Dokumentasi dari Liputan dan Dokumentasi Rangkaian Kegiatan dan Upacara Menyambut hari Ulang Tahun Mahaguru ke – 70 :

Liputannya adalah sebagai berikut :

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahaguru ke – 70, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan serangkaian kegiatan dan upacara antara lain kamis 20 Juni 2013 yaitu Upacara Api Homa Padmakumara Putih, Minggu 23 Juni 2013 pembagian hadiah untuk muda-mudi, anak-anak dan orang tua, persembahan drama dari muda mudi, kemudian Selasa 25 Juni 2013 Upacara Pertobatan Satya Buddha.

kamis, 20 Juni 2013 upacara api homa Padmakumara Putih diselenggarakan pukul 19.00 WIB. Sebelum acara dimulai tampak umat yang sedang sibuk menulis kayu homa dan ada juga yang sedang menulis formulir pendaftaran, ada juga yang sedang membeli barang untuk persembahan(供養).

Upacara dimulai pukul 19.30 WIB, diawali dengan menjemput rombongan Vajra Acarya, kali ini terlihat Bhikkhu Lhama Lian Pu dan Bhikkhu Lhama Lian Zui telah kembali dari proses pembelajaran di Taiwan Lei Zang Si. Sesampainya Vajra Acarya dan rombongan di ruang Bhaktisala, dilanjutkan dengan lagu pendupaan mengiringi Vajra Acarya mempersembahkan dupa serta lagu Lu Xiang Zan dan Qing Jing Zan.

mudra padmakumaraMemasuki tata ritual Upacara Api Homa. Dimulai dari Mantra pembersihan dilafalkan dilanjutkan dengan Mantra Pengundangan serta Mantra Padmakumara Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum, setelah itu acara inti Homa Padmakumara pun dimulai. Sebelumnya memasuki puja api homa, terlebih dahulu membentuk Mudra Padmakumara kemudian visualisasi padmakumara yaitu Di atas samudera, langit cerah tak berawan, cakra chandra terbit dari permukaan samudera, di tengah cakra chandra terdapat bijaksara HUM putih, memancarkan cahaya putih yang terang benderang. Bijaksara HUM yang berada di tengah cakra chandra berputar, berubah menjadi Mula Guru yang tampak anggun dan sambil tersenyum, duduk bersila di atas padmasana berwarna putih. Di bagian kening Mula Guru memancarkan seberkas cahaya putih menerangi kening sendiri. Di bagian tenggorokan Mula Guru memancarkan seberkas cahaya merah menerangi tenggorokan sendiri. Di bagian cakra hati Mula Guru memancarkan seberkas cahaya biru menerangi cakra hati sendiri. Demikian tri cahaya melebur ke dalam lahir batin diri sendiri. Setelah bervisualisasi, dilanjutkan dengan melafalkan Mantra Padmakumara yaitu 嗡。咕嚕。蓮生。悉地。吽。Om. gu lu lian sheng xi di. hum.

Vajra Acarya melakukan Simabandhana pada tungku homa masing-masing sebanyak 7 kali, sambil melafalkan Mantra Om Bie Zha Ha Sha. Kemudian bahan persembahan satu persatu dimasukan ke dalam tungku homa, para umat melafalkan Mantra Padmakumara Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum, setelah itu bermeditasi lalu melafalkan mantra 8 yidam dan dilanjutkan dengan penyaluran jasa (Hui Xiang) serta mantra sataksara dan diakhiri dengan Mantra Paripurna

Setelah selesai upacara, Vajra Acarya menyampaikan ceramah Dharma, teman – teman bisa mendengarnya di video dokumentasi di atas.

Minggu, 23 Juni 2013, untuk memperingati hari ulang tahun Mahaguru, muda- mudi telah mempersiapkan persembahan drama dan juga berbagai persembahan hadiah untuk anak – anak, muda mudi sendiri maupun orang tua. Persembahan drama ini diambil dari buku Mahaguru yang berjudul “Antara istri dan gundik”. Sekilas ceritanya mengenai seorang pria bernama Wang Deng datang berkonsultasi dengan Mahaguru tentang kejadian yang di alaminya. Wang Deng sendiri telah mempunyai istri dan anak, kemudia dia telah melakukan perselingkuhan dengan seorang wanita hingga mempunyai anak. Dikarenakan wanita tersebut bersikeras tidak mau meninggalkan wang deng akhirnya wanita tersebut dendam kemudian bunuh diri bersama anaknya. Setelah tragedi tersebut, wang deng selalu merasa diikuti oleh wanita dan anaknya tersebut, hingga akhirnya dia bertemu dengan Mahaguru dan memohon bantuan dari Mahaguru. persoalan ini selesai dan akhirnya Wang Deng dan keluarga bersarana kepada Mahaguru.

Setelah selesai menampilkan drama, dilanjutkan dengan memberikan hadiah kepada anak – anak, muda – mudi dan orang tua. Semua dengan senang menerimanya.

Pada hari H yaitu tanggal 25 Juni 2013 (bulan 5 tanggal 18 imlek), memperingati hari ulang tahun Mahaguru, Vihara Vajra Bhumi Sriwijaya menyelenggarakan Pertobatan Satya Buddha. Pada pukul 18:30 WIB umat pun satu persatu mulai berdatangan, ada yang membeli barang untuk persembahan (供養) untuk dipersembahkan kepada para Buddha dan Bodhisattva, ada juga yang membawa kue ulang tahun untuk dipersembahkan kepada Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva.

Tepat pukul 19.30 WIB malam bhaktisala dipadati oleh umat, lagu Lu Xiang Zan dan dilanjutkan dengan Qing-qing Zan pun menjadi lagu pembukaan, setelah itu mempersilahkan Vajra Acarya untuk duduk di kursi dharma, begitu pula dengan bhikkhu lama. Kemudian Mantra pembersihan dilafalkan dilanjutkan dengan Mantra Pengundangan, setelah itu acara inti pertobatan pun dimulai para umat tampak antusias dan khyusuk dalam mengikuti pertobatan kali ini karena dapat mengikis karma buruk yang telah di lakukan baik melalui pikiran, ucapan maupun perbuatan. Mahaguru pernah menjelaskan “Mengapa kita harus melaksanakan ritual pertobatan?”, baca di sini. Kemudian dilanjutkan dengan pelafalan Sutra Satya Buddha atau biasa disebut dengan Zhen Fo Jing (真佛經), setelah selesai melafalkan puja Amitabha Buddha, dilanjutkan dengan melafalkan Mantra Amitayus hingga Mantra paripurna.

Upacara Pertobatan Satya Buddha berjalan dengan sukses dan sempurna.

Seluruh kegiatan dan upacara telah selesai dengan sukses dan sempurna berkat pancaran cahaya adhistana dari Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva. Terima kasih kepada teman – teman yang telah berpartisipasi dan mendukung seluruh kegiatan ini.
Semoga anda semua selalu diberkati oleh Mahaguru dan para Buddha Bodhisattva, para Dharmapala serta Makhluk Suci lainnya.

Om Mani Padme Hum

Informasi terkait :

Untuk download Tata ritual sadhana Padmakumara, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/liturgi/sadhana-padmakumara/

Untuk download Sutra Satya Buddha beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/sutra/sutra-satya-buddha/

Untuk download Penyalinan Sutra Satya Buddha, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/salin-sutra/penyalinan-sutra-satya-buddha/

Untuk download Mantra Pendek Padmakumara beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-pendek-padmakumara/

Untuk download Mantra Padmakumara beserta bulatan penjapaan, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/mantra/mantra-padmakumara/

Untuk download Mudra Padmakumara, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/lainnya/download/mudra/

Untuk download Screen Saver Mahaguru, silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/multimedia/gratis-screen-saver-grand-master/

Untuk download music mantra dan lagu Buddhist silahkan ke sini :
http://www.shenlun.org/gallery/musik/

Informasi lainnya :
http://www.shenlun.org
http://blog.shenlun.org

Om Mani Padme Hum.

Leave a comment

Your comment